Mudah! Begini Cara Menanam dan Merawat Bunga Sepatu

Bunga Sepatu / Kembang Sepatu
Sumber :
  • pixabay

VIVA Hunian –  Bunga sepatu adalah salah satu tanaman hias yang banyak digemari pecinta tanaman. Bunga dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis ini memiliki 5 buah kelopak yang saling berhubungan membentuk mahkota bunga yang besar. Bagian tengahnya terdapat tangkai putik berbentuk silinder yang menjulur keluar dari mahkotanya. Bunga Sepatu ini juga disebut dengan Kembang Sepatu.

10 Tanaman yang Bisa Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Bagi kamu pecinta tanaman hias dan ingin menanam bunga sepatu ini, kamu harus tahu bagaimana cara menanam dan merawat bunga sepatu dengan baik. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara menanam bunga sepatu

Sosok Mang Uprit, Pria yang Marah Edelweiss Rawa di Ranca Upas Hancur Digilas Trail

Bunga Sepatu / Kembang Sepatu

Photo :
  • pixabay

Cara menanam bunga sepatu terbilang cukup mudah. Simak Langkah-langkahnya berikut ini:

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Lepas Ekspor Tanaman Hias
  • Tentukan cuaca penanaman

Bunga sepatu merupakan bunga semak yang dapat hidup hingga lebih dari 40 tahun. Tanaman ini memang termasuk tanaman yang kuat, namun perlu diketahui bahwa tanaman ini tidak tahan daerah bersuhu terlalu dingin. Bunga sepatu hanya bisa tumbuh pada daerah bersuhu 15 – 32°C. Jadi sebaiknya, jangan pernah memulai penanaman saat musim dingin.

  • Siapkan media tanam

Kamu bisa menyiapkan media tanam berupa wadah pot yang berisi campuran tanah dan pupuk rendah fosfor dan tinggi kalium. Bunga sepatu pada dasarnya menyukai tanah yang asam. Jadi, jika pH tanah terlalu basah, tambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.

  • Penanaman benih bunga sepatu

Cara menanam benih bunga sepatu ini cukup mudah. Langkah pertama beri lubang pada media tanam sedalam 1 – 2 cm. Lalu masukkan benih bunga sepatu secara perlahan ke dalam lubang lalu tutupi kembali dengan tanah tipis-tipis.

Cara merawat bunga sepatu

Bunga Sepatu / Kembang Sepatu

Photo :
  • pixabay

Setelah penanaman, kamu juga perlu melakukan perawatan terutama di awal-awal masa pertumbuhannya. Perawatan bunga sepatu tidak sulit, kurang lebih sama dengan perawatan tanaman bunga lainnya.

  • Penyiraman dan pemupukan

Pastikan bahwa tanaman bunga sepatu tetap dalam keadaan lembab. Siramlah secara rutin tanpa membuatnya basah kuyup. Tanah yang kering saat matahari bersinar begitu terik dapat membuat tanaman kembang sepatu yang kamu tanam mati perlahan-lahan sebelum menginjak usia dewasa. Untuk nutrisi pupuk, bisa diberikan pupuk kompos atau NPK secara berkala.

  • Pengendalian hama dan gulma

Hama adalah musuh dari setiap tanaman. Jika kamu mendapati daun bunga sepatu kamu busuk dan berbintik-bintik, maka segera ambil tindakan menyemprot tanaman dengan insektisida. Kemudian, jika terdapat banyak rumput liar di sekitar tanaman bunga sepatu, maka segera cabuti rumput liar tersebut. Atau tambahkan lapisan mulsa pada permukaan tanaman kembang sepatu untuk menghambat tumbuhnya rumput liar. Selain itu, mulsa juga dapat menjaga kelembaban tanah tanaman.

  • Pemangkasan

Pemangkasan ini dilakukan untuk menjaga agar tanaman tetap terlihat rapi dan tidak semrawut. Selain itu, pemangkasan pada ranting atau dahan juga dapat memacu munculnya bunga lebih banyak lagi. Jika kamu mendapati ada bagian tanaman yang rusak atau mati, segeralah pangkas atau potong bagian tersebut, dengan begitu, tunas baru akan terpancing untuk bermunculan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya