Mau Sewa Apartemen? Lakukan 5 Langkah Ini

Ilustrasi apartemen.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Lifestyle – Beberapa waktu belakangan ini tren tinggal di apartemen begitu hype terutama di kalangan milenial. Dengan alasan keamanan, kenyamanan, privasi hingga lokasi strategis membuat mereka memilih untuk tinggal di apartemen.

Keuntungan Miliki Properti, Proses KPR dari Bank Terbesar di Indonesia Lebih Mudah

Bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam menentukan apartemen mana yang akan mereka sewa tentu tidak kesulitan mencari apartemen yang tepat untuk mereka. Namun tidak bagi mereka yang baru saja memutuskan untuk menyewa apartemen. Scroll untuk simak selengkapnya.

Lantas apa yang perlu diperhatikan ketika menyewa apartemen? Berikut ini rangkumannya mengutip laman Apartment list. 

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

1. Tentukan anggaran

Ilustrasi asuransi/keuangan.

Photo :
  • Pixabay/Stevepb
Ringankan APBN, Indonesia Re Godok Skema Pembiayaan Rekonstruksi Akibat Bencana

Adalah umum bagi penyewa pertama kali untuk melebih-lebihkan berapa banyak yang dapat mereka habiskan untuk sewa dan kebutuhan lainnya. Luangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang harus Anda sertakan dalam daftar periksa penganggaran apartemen pertama Anda.

2. Beri waktu untuk mencari

Penyewa baru mungkin bertanya pada diri sendiri tentang proses pindah ke apartemen, seperti, “Berapa lama untuk menemukan apartemen?” Mungkin butuh beberapa bulan untuk menemukan yang pas, jadi mulailah pencarian Anda lebih awal. Jika tidak ada waktu luang, Anda dapat menggunakan tip berguna ini untuk penyewa pertama kali tentang cara menemukan apartemen dengan cepat.

Jika Anda berencana pindah ke kota baru dan tidak punya waktu untuk berburu apartemen secara langsung, jangan khawatir! Saat ini, menyewa apartemen dengan pemandangan yang tak terlihat sepenuhnya dimungkinkan berkat tur virtual dan video. 

Juga, menemukan apartemen dengan hewan peliharaan dapat membuat segalanya menjadi sedikit lebih menantang. Pelajari seluk beluk menemukan apartemen ramah hewan peliharaan di panduan sewa apartemen kami.

3. Ajukan pertanyaan selama tur

Sebelum menandatangani perjanjian sewa untuk apartemen Anda, ajukan pertanyaan sebanyak mungkin. Mulailah dengan daftar pertanyaan sewa apartemen untuk ditanyakan saat menyewa apartemen. Jangan lupa untuk memikirkan tingkat kebisingan saat Anda melakukan tur dan tanyakan tentang kondisi lingkungan daerah tersebut. Bersikaplah spesifik mengenai kekhawatiran Anda, dan jika ada yang perlu diperbaiki, tanyakan sebelum menandatangani kontrak. 

Mulai dari berapa biaya sewa? (jangan ragu untuk bertanya tentang uang jaminan, biaya aplikasi, dan kewajiban keuangan lainnya). Apakah saya bertanggung jawab untuk menutupi utilitas? Kemudian bagaimana  sistem parkir serta fasilitas apa yang bisa diakses. 

Berbicara mengenai hal pertanyaan sewa belum lama ini Inner City Management (ICM), perusahaan manajemen properti terbesar dan terkemuka di Indonesia, menyelenggarakan Komunitas Tenant Gathering All Sites 2022 di kawasan Podomoro Golf View, Depok, Jawa Barat pada Sabtu 12 November 2022.

General Manager Customer Care and Community Care ICM Rusli Usman menjelaskan dengan berbagai macam aktivitas yang dikemas secara seru dan menyenangkan, ICM bermaksud untuk mendengarkan aspirasi para penghuni guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Adapun para penghuni dapat mengikuti aktivitas fun walk & bazar, menyaksikan band performance, serta cardio dance group contest, yel-yel group contest, dan foto group contest dengan banyak doorprize.

“Komunitas Tenant Gathering ini merupakan tahun keempat yang digelar setelah dua tahun penantian karena situasi pandemi Covid-19. Kegiatan komunitas seperti ini menjadi ajang silaturahmi yang mempererat hubungan baik antara pengelola dan penghuni. Kami ingin memastikan para penghuni mendapatkan rasa aman, nyaman dan betah tinggal di apartemen yang dikelola ICM,” jelas Rusli dalam keterangannya. 

Hingga saat ini pengembang telah mengelola sekitar 40 site apartemen yang terdiri dari 120.000 unit di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Dengan wilayah kelolaan ICM yang cukup luas tersebut kerja sama dan informasi dari para penghuni sangat dibutuhkan demi peningkatan pelayanan.

Ilustrasi asuransi.

Photo :

Asuransi penyewa melindungi penyewa yang tinggal di apartemen, kondominium, atau rumah dan biasanya mencakup kerusakan properti pribadi yang tidak terduga dari keadaan darurat dan kecelakaan khusus yang telah disetujui sebelumnya, termasuk: Api, Angin dan hujan es, kerusakan akibat asap, petir, vandalisme, pencurian, benda jatuh, kerusakan air, ledakan, dll.

5. Teliti perjanjian sewa 

Saat pindah ke apartemen baru Anda, hanya sedikit penyewa yang ingin menggali jauh ke dalam perjanjian sewa mereka. Tapi, perjanjian sewa sangat penting dan dapat membuat atau menghancurkan pengalaman Anda. Carilah aspek-aspek penting dari perjanjian sewa Anda sebagai penyewa apartemen pertama kali, termasuk lama sewa dan sewa bulanan, rincian uang jaminan hingga biaya utilitas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya