Tips Memilih Cat Dinding Rumah

Ilustrasi warna pastel pada dekorasi rumah.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Rumah bukan hanya menjadi tempat berteduh bagi pemiliknya. Rumah kini juga menjadi bagian dari gaya hidup. Tak heran, setiap pemilik rumah pasti memiliki cara tersendiri, bagaimana membuat tempat tinggalnya terkesan nyaman dan bisa mewakili gaya hidupnya.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Bukan hanya dekorasinya saja, pemilik rumah bahkan seringkali menunjukkan bagaimana gaya hidupnya dari warna cat dinding rumah. Namun, meski mewakili lifestyle seseorang, melakukan pengecatan pada dinding tetap harus pas dengan luas ruangan, juga menyesuaikan dengan dekorasinya.

Seperti dilansir dari BT.com, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memilih warna cat yang tepat untuk dinding Anda.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

1. Cobalah dulu di kertas

Jangan mengandalkan warna pada kartu atau warna yang dapat Anda coba di komputer toko cat tersebut, karena akan ada perbedaan tone pada warna cat. Cobalah sedikit cat yang ada di dalam kaleng pada selembar kertas, hal tersebut lebih efisien untuk dilakukan.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

2. Lakukan secara berulang

Cara yang tepat untuk mendapatkan warna sesuai dengan yang Anda inginkan adalah melakukan pengecatan secara berulang. Biarkan hingga mengering lapisan cat pertama, lalu lakukan kembali hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

3. Gunakan cahaya untuk memperjelas warna cat

Dalam memilih warna putih, pastikan cat tersebut benar-benar berwarna putih. Bukan berwarna krem. Dengan cara melihat di bawah cahaya secara langsung, Anda bisa perhatikan apakah berwarna putih atau krem.

4. Pikirkan di mana warna tersebut akan digunakan

Memposisikan penggunaan warna pada dinding hunian akan membantu pada akhir dari warna cat tersebut. Untuk bangunan dengan posisi membelakangi matahari lebih baik menggunakan warna-warna yang cerah. Sedangkan untuk bangunan yang menghadap arah matahari gunakan warna-warna netral, karena akan memberikan kesan terang pada ruangan.

5. Cocokkan dengan furnitur Anda

Cocokkan dengan furnitur yang terdapat di rumah Anda. Jika ragu dengan warna cat, Anda dapat menggunakan triplek untuk mencocokkan warna cat dengan furnitur Anda. Jika warna tidak sesuai, Anda dapat mengecat ulang triplek tersebut.

Setelah menemukan warna yang sesuai, Anda dapat melakukan pengecatan pada dinding. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya