Tips Mendekorasi Ruangan Tamu seperti Profesional

Ilustrasi ruang tamu
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA.co.id – Membuat rumah menjadi tampak cantik tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak sekali faktor-faktor yang harus diperhatikan seperti faktor kenyamanan, dan menghindari kesalahan dalam penataan ruangan yang akan membuat ruangan terlihat tidak menarik.

Jangan Sama! Cara Pilih Aroma Reed Diffuser Buat Kamar Tidur dan Ruang Tamu

Anda perlu merencanakan dan mengatur strategi dengan baik sebelum memulai mendekor ruang pada rumah Anda. Sebagai alternatif Anda dapat berkonsultasi kepada desainer interior mengenai tata letak dekorasi Anda, namun apabila Anda memiliki bujet terbatas jangan takut Anda tetap dapat mendekorasi ruangan Anda seperti profesional.

Seperti yang dilansir dari Oprah pada Selasa 3 Oktober 2017, berikut adalah tips mendekorasi ruangan seperti profesional.

5 Tips Menyulap Ruang Tamu Menjadi Lebih Nyaman

1. Tetapkan titik fokus

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan titik fokus yang ingin Anda pilih dalam ruangan. Titik fokus pada ruangan dapat sebagai titik pemandangan indah, yang dapat Anda lihat dari ruangan tersebut. Namun bila hal tersebut tidak ada, Anda dapat menggunakan lukisan atau ornamen-ornamen bergaya unik yang dapat menjadi titik fokus ruangan Anda.

5 Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami, Sangat Mudah

2. Tetapkan peletakan furnitur

Baiknya memperhatikan peletakan furnitur Anda dengan baik, agar tidak menghalangi lajur jalan Anda. Hindari penempatan kursi yang membelakangi pintu karena akan membuat sulit ketika memasuki ruangan, dan membuat ruangan tampak sempit. Biarkan jendela dan pintu mendapatkan ruangnya masing-masing agar peredaran udara dapat bergerak dengan mudah tanpa adanya gangguan.

3. Pikirkan kenyamanan

Jika Anda gemar menghabiskan waktu untuk menonton televisi dan DVD, yang harus dilakukan adalah mengatur tata letak antara televisi dan sofa dengan baik. Jangan sampai tv dan sofa memiliki arah berlawanan atau jarak terlalu jauh. Karena ketika menonton Anda tidak menginginkan leher, dan mata Anda sakit karena pengaturan sofa dan tv tidak sesuai, bukan.

4. Pilih kaki sofa berukuran kecil

Jika Anda ingin menggunakan karpet sebagai salah satu opsi sebagai tempat berkumpul, yang harus Anda perhatikan adalah jarak antar tinggi kaki sofa dengan karpet. Jangan menggunakan sofa dengan kaki yang tinggi karena ketika Anda berkumpul dan duduk-duduk pada karpet tersebut, pemandangan bagian bawah sofa Anda akan terlihat. Dan mengganggu kenyamanan orang-orang yang duduk pada karpet tersebut.

5. Atur jarak dengan tepat

Mengatur jarak antar satu furnitur dengan furnitur yang lain juga membutuhkan perhatian yang tinggi, karena mencakup kenyamanan Anda ketika berada di dalam ruangan tersebut. Berikut adalah jarak peletakan antar furnitur, yang dapat menjadi referensi:

- 18 sentimeter (cm) jarak antara meja kopi dan sofa
- 24 cm lebar minimum ruang bergerak antar furnitur
- 36 cm jarak minimum antar furnitur dalam ruangan, dengan furnitur dengan ruang yang berbeda (jika Anda tidak menggunakan sekat pembatas ruangan).
- 12-18 cm jarak antara dinding dengan karpet
- 2 cm jarak antara furnitur dengan dinding
- 42-120 cm jarak antar bangku sehingga proses percakapan dapat berjalan dengan baik
- 20-84 cm jarak antara sofa dan televisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya