Tips Memilih Cat Eksterior Agar Tak Mudah Mengelupas

Ilustrasi mengecat dinding
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Warna pada dinding dapat menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah ruangan. Bukan hanya area interior, tetapi juga eksterior.  

Batu Sebagai Penghias Taman, Ini Tipsnya

Namun, sayangnya terkadang pemilihan warna yang tidak tepat pada dinding dapat membuat rumah Anda kurang cahaya. Dilansir dari Nine, Sabtu 30 Desember 2017, ahli warna Dulux, Andrea Lucena-Orr mengatakan, ada beberapa kesalahan ketika seseorang memilih skema warna eksterior rumah mereka.

Yang pertama adalah tidak memilih warna cat dinding sesuai dengan warna aslinya. Menurut Andrea, ketika memilih warna eksterior sebaiknya jangan dilakukan di bawah pencahayaan buatan atau di dalam ruangan, karena dapat memengaruhi warna sebenarnya. 

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

"Sebaiknya, Anda memilih warna eksterior di luar ruangan, agar dapat melihat warna yang akurat," ucapnya.

Selain itu, kebanyakan orang melihat warna hanya dari sample warna yang tercetak. Padahal, beberapa warna memiliki tone berbeda ketika sudah dicetak pada sebuah kertas. Sebaiknya Anda langsung melihat warna cat yang ada di dalam kaleng tersebut.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Untuk eksterior, beberapa rumah mengabungkan warna bebatuan alam dengan warna dinding. Menurut Andrea, perlu di ingat bahwa warna batu alam tidak dapat diubah. Karenanya, pilihlah warna dinding yang menyesuaikan dengan warna batu alam.

Andrea juga mengatakan salah satu cara agar mengindari terjadinya cat dinding mengelupas adalah dengan cara membersihkan dinding tersebut terlebih dahulu sebelum memulai proses pengecatan. Pastikan tak ada jamur yang menempel atau butiran-butiran pasir yang menempel. Sehingga, cat dinding dapat bertahan lebih lama.

Rumah dengan pagar TV bekas

Unik, Pagar Rumah Ini Dibuat dari Kumpulan TV Bekas

Meski unik, tapi mengundang pro dan kontra.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2018