Spirit of Emak-emak Kisah Wanita Super Demi Ekonomi Keluarga

Peluncuran Buku Spirit of Emak-emak Bluebird
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Tidak hanya berperan mengurus keluarga saja, kini wanita juga diketahui memiliki peran untuk berkontribusi dalam kesejahteraan perekonomian keluarga.

Semangat Kartini, Kesetaraan dan Pemberdayaan Perempuan Terus Didorong

Melihat peran wanita yang begitu besar, PT Blue Bird Tbk membuat program Kartini Blue Bird (KBB) yang pada awalnya digagas oleh Noni Purnomo sebagai upaya untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan Indonesia, khususnya ibu-ibu rumah tangga dan para istri dari pengemudi Blue Bird.

Melalui program KBB, Blue Bird memberikan kesempatan kepada para kaum perempuan untuk memperoleh pelatihan dalam berbagai bidang keahlian, seperti tata-boga, jahit-menjahit, serta diberikan pendidikan dan pelatihan untuk memasarkan barang dan mengembangkan bisnis.

Karsa, Kriya, dan Karya, 3 Unsur Penting dalam Peningkatan Kompetensi Perempuan Indonesia

Sebagai bagian dari bentuk komitmen perusahaan dalam memberdayakan perempuan sebagai sosok yang mampu memberikan kontribusi pada kesejahteraan keluarga serta kegiatan perekonomian secara umum, salah satu perusahaan taksi terbesar di Indonesia ini meluncurkan buku berjudul Kartini Blue Bird : The Spirit of Emak-Emak. Pada Jumat Malam 11 Mei 2018 di Jakarta.

Peluncuran Buku Spirit of Emak-emak Bluebird

Berdayakan Kelompok Perempuan, Klaster Usaha Binaan BRI ini Sulap Batok Kelapa Jadi Kerajinan Tangan

Ditulis oleh Maria Hartiningsih, buku Kartini Blue Bird : The Spirit of Emak-Emak menceritakan tentang upaya, kerja keras dan perjuangan luar biasa yang dilakukan oleh kaum perempuam,  terutama para istri pengemudi taksi, untuk meraih kesempatan, mendapatkan skill dan keahlian, hingga pada akhirnya dapat membantu perekonomian dan kesejahteraan keluarganya.

Buku The Spirit of Emak-Emak menggambarkan bagaimana para istri pengemudi Blue Bird meyakinkan para suami agar dapat mengikuti pelatihan, perjuangan mereka memahami teknik menjahit, keberhasilan membuat baju, membuat kue beraroma lezat, hingga keberhasilan melakukan usaha kecil-kecilan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Sehingga hal ini menumbuhkan dan menjadikan individu dan pribadi-pribadi yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan mampu memberikan kontribusi pada kesejahteraan keluarganya.

Koordinator Blue Bird Peduli, Noni Purnomo menyebut, peluncuran buku ini merupakan upaya dan langkah pihaknya untuk menunjukkan bahwa dengan pendidikan, keahlian dan keterampilan yang dimiliki, setiap perempuan Indonesia mampu memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas kehidupan keluarganya serta kegiatan perekonomian pada umumnya.

Di sisi lain, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise mengatakan, dengan adanya buku ini bisa memberikan inspirasi atau dorongan kepada wanita untuk menggunakan aset potensi mereka salah satunya dengan beriwirausaha. Sehingga mereka bisa mendukung pemasukan perekonomian keluarga.

"Ke depannya diharapkan The Spirit of Emak-Emak ini akan menambah semangat ibu-ibu juga untuk bisa menunjukkan kiprah mereka dalam bidang ekonomi sehingga sangat membantu pertumbuhan ekonomi negara kita," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya