7 Manfaat Tak Biasa Air Soda, No 6 Enggak Nyangka

Ilustrasi air soda.
Sumber :
  • Pixabay/Leo Hau

VIVA – Ada beberapa bahan tak biasa yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan di rumah. Salah satunya adalah air soda.

dr. Zaidul Akbar: Begini Efek Buruk Minum Segelas Air Soda

Tak hanya untuk membersihkan peralatan atau barang-barang rumah tangga, tetapi air soda juga punya manfaat menakjubkan lainnya. Harga soda pun terbilang murah, sehingga Anda dapat menggunakannya  dengan mudah.

Seperti dilansir dari Expert Home Tips, berikut ini tujuh manfaat menakjubkan soda.

Tak Bisa Pakai Lipstik Karena Gunakan Masker, Kata Siapa?

1. Menghilangkan Noda Teh di Cangkir

Teh yang disediakan pada cangkir atau mug putih biasanya meninggalkan noda kecokelatan. Untuk membersihkannya, tuang air soda ke dalam cangkir atau mug dan diamkan selama 30 menit. Setelahnya, bilas hingga bersih.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

2. Mengembangkan Kue

Terkadang ketika memasak pancake atau kue, adonan sering tidak mengembang. Karena itu, untuk membuatnya mengembang dengan sempurna, Anda bisa mengganti susu dengan air soda. Karbonasi dalam air soda dapat menyempurnakan adonan.   

3. Membersihkan Kaca Jendela

Jendela sering kali menjadi sarang bagi debu dan noda-noda lainnya yang sulit dihilangkan hanya menggunakan air dan spons. Namun dengan bantuan air soda bisa membuat noda tersebut hilang. Caranya, basahi noda dengan air soda dan diamkan sejenak, lalu bersihkan menggunakan spons hingga seluruh noda terangkat.

Jendela

4. Membuat Tanaman Lebih Subur

Air soda mengandung natrium klorida, kalium sulfat dan disodium fosfat yang lebih baik dari air biasa untuk menutrisi tanaman. Karena itu, jika ada sisa air soda, jangan dibuang tapi siram ke tanaman Anda.

5. Membersihkan Perhiasan

Air soda mampu mengangkat kotoran atau noda terkecil yang menempel pada perhiasan Anda hingga membuatnya kembali berkilau. Caranya, rendam perhiasan tersebut dalam air soda yang telah diberikan beberapa tetes sabun cair, lalu gosok perlahan dengan sikat gigi lalu bersihkan dengan air.

Perhiasan permata

6. Melembutkan Rambut

Jika Anda sering mewarnai rambut atau memiliki rambut kering dan rapuh karena sering terkena paparan sinar matahari maupun berenang, air soda bisa menjadi solusinya. Tingkat pH yang rendah dalam air soda mampu mengurangi kusut serta membuat rambut berkilau dan lembut.

7. Membuat Furnitur Kembali Berkilau

Cukup tuangkan air soda ke dalam botol penyemprot, dan gunakan untuk membersihkan furnitur dengan bantuan kain lembut. Air soda mampu mengangkat debu, menghilangkan coretan dan mengembalikan kemilau furnitur. Selamat mencoba! (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya