Kunci Mencapai Kebahagiaan Hidup

Hidup bahagia.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), indeks kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 68,28 pada tahun 2014 menjadi 70,69 pada tahun 2017. Indeks kebahagiaan Indonesia ini disusun oleh tiga dimensi, yaitu kepuasan hidup, perasaan dan makna hidup.

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Terungkap Alasannya

Dan berdasar data tersebut, keharmonisan keluarga memiliki nilai dan pengaruh paling tinggi dalam kebahagiaan seseorang.

"Kepuasan hidup ini melibatkan keluarga, namun orang kadang lupa kalau kebahagiaan dengan keluarga ikut mempengaruhi," kata psikolog dan penulis buku Intan Erlita dalam media briefing Sundate oleh Sun Life Financial di Wyl's Kitchen, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Agustus 2018.

Heboh Prilly Latuconsina Sebut Uang Bisa Buat Bahagia hingga Tentukan Posisi

Peran keluarga penting untuk mencapai kebahagiaan seseorang karena mood atau suasana hati di pagi hari yang akan terbawa hingga sore biasanya juga dipengaruhi dari interaksi sejak pagi hari di rumah.

"Sehat secara fisik, tapi psikis tidak bisa dibohongi. Kita bisa pura-pura happy tapi yang tahu dalam hati kita sendiri. Kalau ada masalah dalam keluarga, mood pagi hari mempengaruhi mood seterusnya," ujarnya.

Bahagiamu akan Lengkap, Jika Menemukan Pasangan yang Tepat

Ada dua kunci untuk mencapai kepuasan hidup yang ada kaitannya dengan kebahagiaan dalam keluarga, yaitu quality time atau kebersamaan dengan keluarga dan komunikasi.

Ilustrasi pasangan melihat gawai.

Untuk mengetahui apakah diri sendiri sudah bahagia atau belum, Intan menyarankan untuk mulai memberikan beberapa pertanyaan pada diri sendiri. Ajukan pertanyaan seperti apakah setiap hal yang terjadi bisa dinikmati, atau apakah sudah bahagia dengan pekerjaan saat ini, hingga apakah bisa bersyukur atas keberadaan keluarga dan orang terdekat yang memberi dukungan sampai ke titik sekarang.

Periksa kembali apakah komunikasi dalam keluarga berjalan baik, dengan orangtua, anak atau pasangan.

"Komunikasi adalah bagaimana interaksi dengan orang, melihat gesture-nya. Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah quality time, ngobrol, lihat ekspresi orangtua. Sudah berapa lama enggak buat happy orangtua, seberapa lama enggak interaksi dengan anak," tutur Intan.

Ada banyak faktor yang menentukan kepuasan hidup seseorang selain peran keluarga  seperti orangtua, pernikahan, yakni faktor kesehatan, status pekerjaan, penghasilan, usia, pendidikan, agama serta hubungan sosial.

Menyadari pentingnya keharmonisan keluarga dalam membantu meningkatkan kebahagiaan seseorang, PT Sun Life Financial Indonesia menggelar kegiatan Sundate yang diselenggarakan bagi para nasabah sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas mereka. Sundate merupakan aktivitas yang diharapkan bisa menjadi sarana untuk menjalin keakraban antara anggota keluarga.

Selain itu, menjadi ajakan untuk membangun hubungan yang berkualitas bersama keluarga melalui aktivitas bersama. Setelah digelar di Jakarta, aktivitas ini akan digelar dengan berbagai aktivitas menarik di empat kota besar, seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan Medan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya