Saat Para Konten Kreator Bersatu Demi Ukir Senyum Baru

Sumbangan SnackVideo
Sumber :
  • Ist

VIVA – SnackVideo selaku aplikasi sosial media berbasis video pendek bekerjasama dengan Smile Train salah satu organisasi nirlaba terbesar di dunia, yang memberikan operasi perbaikan celah bibir serta celah langit-langit. Program #SenyummuSedekahmu telah dilaksanakan pada 12 April hingga 14 Mei 2021 dan mengumpulkan donasi senilai Rp1,5 Miliar.

Mau Jadi Konten Kreator? Intip Kisah Inspiratif Fajar Ibrahim

“Merupakan kebanggaan bagi kami telah dapat bekerjasama dengan Smile Train Indonesia untuk menjalankan misi yang mulia ini, apalagi setelah melihat antusiasme yang begitu besar dari pengguna aplikasi kami. Kami berharap donasi ini menjadi langkah awal bagi kontribusi positif yang bisa kami berikan bagi masyarakat. Snack Video juga menantikan kerjasama lebih jauh dengan Smile Train Indonesia di masa depan, agar saudara-saudara kita yang mengalami bibir sumbing dan celah langit-langit dapat terbantu dan menghadirkan senyuman-senyuman baru,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy for Southeast Asia and South Asia, Snack Video, saat virtual press conference, Selasa, 25 Mei 2021.

Program ini mengajak para pengguna SnackVideo untuk membagikan video original mereka yang disertai tagar #SenyummuSedekahmu. Hanya dengan mengunggah video beserta tagar tersebut para pengguna telah berdonasi sebesar Seribu rupiah per video yang diunggah.

Kisah Inspiratif, Jatuh Bangun Kesuksesan Konten Kreator Mompreneur Sherly Ocktavia

Melalui kerjasama bersama Smile Train, hasil donasi yang terkumpul dapat membantu 300 anak-anak penderita bibir sumbing dan celah langit-langit dari seluruh Indonesia, termasuk di area Bogor untuk mendapatkan operasi gratis.

“Kami sangat berbahagia menyongsong terciptanya ratusan senyum baru anak-anak Indonesia, yang tercipta berkat bantuan sedekah video senyuman. Sekitar 300 orang pasien bibir sumbing di seluruh Indonesia, termasuk di area Bogor Jawa Barat, akan terbantu untuk mendapatkan operasi dari hasil kampanye ini. Kami percaya bahwa kampanye ini telah membawa dampak positif tidak hanya mereka yang akan menerima operasi gratis, tetapi juga melalui terbangunnya kesadaran masyarakat akan masih banyaknya pasien bibir sumbing di Indonesia yang masih kesulitan untuk mendapatkan akses bantuan kesehatan,” kata Deasy Larasati, Country Manager Smile Train Indonesia.

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Smile Train Indonesia merasa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum terpapar akses informasi dan layanan kesehatan untuk dapat menerima tindakan medis, sebelum dampak kesehatan lebih lanjut terjadi pada penderita bibir sumbing. Smile Train Indonesia secara konsisten melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar keluarga pasien mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, serta bantuan operasi gratis menjangkau lebih banyak pasien.

Setiap hari, sebanyak 540 bayi di dunia terlahir dengan kondisi sumbing bibir dan langit-langit, yakni kondisi dimana terdapat celah di antara rongga mulut dan rongga hidung akibat ketidaksempurnaan proses penyatuan bibir dan langit pada masa perkembangan janin.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kecenderungan genetik, faktor lingkungan, atau asupan nutrisi selama masa kandungan.

“Anak-anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan/atau celah langit-langit berpotensi mengalami berbagai komplikasi kesehatan seperti kesulitan makan, bernapas, mendengar, berbicara, dan beresiko tinggi untuk mengalami malnutrisi. Terlebih, jika kondisi ini tidak ditangani segera, ada kemungkinan bahwa mereka dapat hidup dalam isolasi dan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi akibat stigma yang muncul dari masyarakat," Dr. Yantoko, SpBP, RE, Dokter Ahli Bedah Plastik Mitra Smile Train Indonesia

Sejak 2002, Smile Train Indonesia telah beroperasi dan membantu lebih dari 90 ribu anak di berbagai daerah di Indonesia untuk mendapatkan perawatan celah komprehensif yang aman, berkualitas, dan konsisten, mulai dari operasi hingga perawatan pasca operasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Smile Train Indonesia telah bekerja sama dengan ratusan Rumah Sakit, tenaga medis profesional di berbagai daerah, serta berbagai organisasi dan institusi, termasuk Snack Video, untuk dapat lebih jauh menjangkau pasien dari seluruh Indonesia yang belum mendapatkan akses operasi dan perawatan gratis bibir sumbing.

#SenyummuSedekahmu mendapatkan respon positif dari para pengguna. Terdapat lebih dari 500 ribu kreator SnackVideo yang ikut bergabung, dengan total hingga 104,6 juta pengguna yang membagikan video dalam program ini. Selain itu lebih dari 4 juta pengguna telah mengakses kampanye ini sehingga menghasilkan total donasi yang sangat besar.

Ke depannya SnackVideo akan terus bekerjasama dengan berbagai organisasi masyarakat untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya