Contoh Surat Kuasa, Jenis, Unsur, dan Cara Membuatnya

Ilustrasi Menulis Surat, Surat Kuasa
Sumber :
  • Pixabay/ Free-Photos

VIVA – Apakah Anda tidak mengetahui contoh surat kuasa? Yuk simak ulasan berikut!

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Terkadang kita tidak memiliki waktu untuk mengurus hal-hal penting secara langsung. Seperti mengurus hal-hal yang berkaitan dengan birokrasi dan memang memerlukan waktu yang cukup lama. 

Karena tidak memiliki waktu tersebut, Anda sering kali meminta bantuan orang lain untuk mengurus hal-hal tersebut dan membuat surat kuasa. Surat kuasa memiliki fungsi sebagai bukti penerimaan suatu kewajiban atau hal lain dari suatu pihak.

Penembakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur: Bodyguard Luka Parah, Pelaku Kabur

Sebelum membuat surat kuasa, Anda harus mengetahui hal-hal penting dan contoh surat kuasa yang baik dan benar. Surat kuasa biasanya dibuat untuk pengambilan gaji, paspor, ijazah, atau dokumen-dokumen penting yang lainnya.

Lalu, bagaimana contoh surat kuasa yang baik dan benar?

Megawati Hangestri Resmi Perkuat Jakarta BIN di Proliga 2024

Definisi dan Fungsi Surat Kuasa

Surat kuasa merupakan sebuah surat yang berisi pemberian kewenangan atau kuasa kepada seseorang yang dipercayai untuk bisa mewakili orang yang memberikan kuasa. Orang yang diberikan kuasa tersebut nantinya akan berperan atas nama pemberi kuasa.

Hal ini sering terjadi karena beberapa sebab, misalnya pihak yang menyerahkan kuasa tidak bisa mengurusnya secara langsung.

Fungsi dari surat kuasa sendiri yaitu menjadi bukti tertulis bahwa penerima kuasa memiliki kewajiban atas hak yang tertuang dalam surat kuasa.

Pion-poin Penting dalam Menulis Surat Kuasa

  1. Kop surat

Dalam membuat surat kuasa, harus terdapat kop surat atau kepala surat. Kop surat ini berisikan identitas dari sebuah surat. Kop juga menjadi salah satu bukti bahwa surat tersebut adalah surat resmi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kop surat, berikut.

Judul surat, maksudnya adalah untuk memberikan maksud dari surat yang dibuat, misalnya “surat kuasa”.

Nomor surat, perlu diingat, apabila surat kuasa berasal dari instansi resmi atau lembaga tertentu Anda harus mencantumkan nomor surat. Karena surat kuasa memang surat resmi. Namun, apabila surat kuasa dikeluarkan oleh perorangan atau bukan instansi resmi, maka Anda tidak perlu mencantumkan nomor surat pada surat kuasa.

Nama organisasi perlu dituliskan apabila surat kuasa ditulis atas nama sebuah instansi atau Lembaga tertentu. Tapi, apabila ditulis oleh perorangan, maka nama organisasi tidak perlu dicantumkan.

  1. Bagian isi

Bagian isi merupakan bagian yang paling penting dalam surat kuasa, baik perorangan maupun atas nama instansi resmi atau sebuah lembaga. Isi surat kuasa berisi identitas pemberi kuasa, penerima kuasa, pernyataan kuasa, dan juga konsekuensi dari penggunaan surat kuasa.

- Identitas pemberi kuasa berisi biodata yang lengkap, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, alamat, dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Data pemberi kuasa harus lengkap agar tidak membuat bingung.

- Identitas penerima kuasa berisi biodata yang lengkap, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, alamat, dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sama halnya dengan pemberi kuasa harus, data yang dicantumkan harus lengkap sesuai dengan Kartu Identitas Penduduk (KTP) penerima kuasa.

- Pernyataan penyerahan kuasa, misalnya pemberi kuasa adalah pihak pertama dan penerima kuasa adalah pihak kedua, pernyataan tersebut misalnya pihak pertama akan memberikan kuasa kepada pihak kedua untuk pengambilan BPKB kendaraan bermotor. Anda bisa menuliskan seperti itu pada bagian penyataan kuasa.

- Penyataan konsekuensi, biasanya berisi harapan dari pihak pertama agar dapat menggunakan surat kuasa sebagaimana mestinya. Hal ini cukup penting agar penerima kuasa tidak berlaku sesuai keinginannya sendiri melainkan sesuai dengan kesepakatan yang telah diatur.

  1. Bagian penutup

Sama seperti surat resmi yang lainnya, surat kuasa juga harus dilengkapi dengan penutup. Terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis bagian penutup surat kuasa.

- Pernyataan penutup terkait dengan tujuan pembuatan surat kuasa.

- Tanda tangan kedua belah pihak yang dilengkapi dengan materai.

Unsur-Unsur Penting yang Perlu Dipahami

Dalam membuat surat kuasa tidak boleh asal-asalan. Sebelum itu, Anda harus memerhatikan beberapa unsur yang penting dalam membuat surat kuasa.

  1. Memilih orang yang terpercaya

Dalam mengurus sebuah dokumen yang sangat penting, Anda tentu harus memilih orang yang benar-benar kenal untuk diberi kuasa mengurusnya, misalnya, keluarga, saudara, atau teman dekat. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Membawa dokumen lain

Apabila Anda sebagai pihak yang diberikan kuasa, sebaiknya Anda membawa dokumen lain yang cukup penting untuk mengurus beberapa permasalahan. Dokumen lain tersebut seperti surat keterangan dari ketua RT atau RW setempat dan kartu identitas yang sesuai dengan surat kuasa. Tidak lupa, bubuhkan materai agar surat tersebut sah di mata hukum.

Jenis-Jenis Surat Kuasa

Terdapat enam jenis surat kuasa yang sering digunakan, perbedaan ini terletak pada pemberi dan fungsi surat kuasa tersebut. Berikut penjelasannya.

  1. Surat kuasa pribadi

Surat kuasa pribadi merupakan surat kuasa yang dibuat oleh seseorang untuk memberikan kuasa atau wewenang pribadi kepada orang lain. Nantinya, orang yang diberikan kuasa akan bertindak atas nama pemberi kuasa.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, surat kuasa pribadi tidak memerlukan kop surat dan nomor surat.

  1. Surat kuasa resmi atau kedinasan

Berbeda dengan surat kuasa pribadi, surat kuasa ini dibuat dan ditujukan oleh sebuah instansi atau lembaga resmi. Surat kuasa ini biasanya dibuat oleh seorang pimpinan atau pejabat yang memberikan kuasanya kepada bawahannya atau orang yang dipercaya untuk melakukan suatu hal. Orang tersebut nantinya akan bertindak atas nama perusahaan sesuai dengan isi surat kuasa.

  1. Surat kuasa khusus

Surat kuasa khusus merupakan surat kuasa yang dibuat oleh pihak tertentu yang berkaitan dengan urusan pengadilan. Umumnya surat kuasa ini dibuat oleh seseorang atau perusahaan kepada pengacara untuk menyelesaikan masalah yang ada di pengadilan. Dalam surat kuasa ini Anda harus menuliskan secara detail mengenai wewenang pengacara sebagai penerima kuasa untuk bertindak seusia dengan proses pengadilan yang sedang berlangsung.

  1. Surat kuasa perantara

Surat kuasa perantara merupakan sebuah surat yang mewakili agen pendagang, broker, atau makelar. Surat kuasa ini berisi tentang pemberian perintah kepada pihak kedua dan pihak kedua berperan sebagai agen untuk melaksanakan perbuatan di bawah hukum dengan pihak ketiga.

  1. Surat kuasa insidentil

Surat kuasa ini merupakan dokumen pemberian kuasa kepada seseorang yang masih memiliki hubungan darah dengan pemberi kuasa. Surat ini didasari untuk memberikan kesempatan berbicara di pengadilan setelah mendapat izin dari hakim ketua.

Selain itu, penerima kuasa tidak diperbolehkan berprofesi sebagai seorang pengacara dan dilarang untuk diberikan uang oleh pemberi kuasa. Dan pemberi kuasa juga tidak boleh memberikan kuasa insidentil dalam jangka waktu setahun ke belakang.

  1. Surat kuasa istimewa

Surat kuasa istimewa merupakan sebuah surat yang harus dikeluarkan ketika pemberi kuasa tidak bisa mengurus hal penting ini. Contoh dari surat kuasa ini adalah mediasi atau sumpah tertentu.

Contoh Surat Kuasa

CONTOH SURAT KUASA PRIBADI 1

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Alghi Satria

NIK                  : 123457685948499

Pekerjaan        : PNS

Alamat             : Jl. Kemang No. 123, Jakarta Selatan

memberikan kuasa penuh kepada:

Nama               : Soraya Rahma

NIK                  : 123457685948499

Pekerjaan        : Wiraswasta

Alamat             : Jl. Sudirman No. 234, Jakarta Pusat

untuk mengambil BPKB Motor dengan rincian sebagai berikut:

Jenis Kendaraan          : Honda CBR 250R

Nomor Kendaraan       : B 1234 ABC

Warna Kendaraan       : Hitam

No. Mesin                    : 89677635436

No. Rangka                 : 89655636553

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sadar tanpa paksaan dari pihak manapun agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 20 Juni 2021

Pemberi Kuasa,                                                                Penerima Kuasa,

Materai 10.000

Alghi Satria                                                                        Soraya Rahma

CONTOH SURAT KUASA PRIBADI 2

SURAT KUASA PERPANJANGAN STNK

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                              : Alghi Satria 

Tempat/tanggal lahir       : Jakarta, 10 Oktober 1992

Kewarganegaraan          : Indonesia

Pekerjaan                       : PNS

Alamat                            : Jl. Bogor No. 234, Jakarta Barat

KTP No.                          : 3293949853932928

(selanjutnya disebut "Pemberi Kuasa").

Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama                              : Soraya Rahma

Tempat/tanggal lahir       : Jakarta, 25 Januari 1995

Kewarganegaraan          : Indonesia

Pekerjaan                       : Wiraswasta

Alamat                            : Jl. Poncol No. 234, Jakarta Barat

KTP No.                         : 123457685948499

(selanjutnya disebut "Penerima Kuasa").

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa mengajukan permohonan dan mengurus perpanjangan STNK sampai selesai pada instansi yang berwenang, dengan spesifikasi sebagai berikut :

- Merk/Type                                 : Honda

- Tahun Pembuatan/ Perakitan   : 2019

- Isi Silinder/HP                           : 150 CC

- Nomor Rangka/NIK                  : 32405020293

- Nomor Mesin                            : 30493049220

- Nomor BPKB                            : 3293984829

- Warna TNKB                             : 9384802920

Dengan maksud dan tujuan serta memakai syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang dianggap baik oleh Penerima Kuasa. Demikian surat kuasa ini dibuat dengan harapan dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Jakarta, 18 Juni 2021

Pemberi Kuasa,                                                                                     Penerima Kuasa,

[ materai 10.000 ]

Alghi Satria                                                                                            Soraya Rahma

CONTOH SURAT KUASA RESMI 1

PT. Maju Jaya, Tbk
Jl. Jend. Sudirman Jakarta Selatan 17530
Telp. (021) 83873822 Fax. 021 83774783
Website: www.majujaya.co.id Email: info@majujaya.co.id

SURAT KUASA
Nomor: 20/KSA/XII/20

Pada hari ini, Kamis, 24 Juni 2021, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : Rizky Ananda Utama

Jabatan       : Direktur Utama PT. Maju Jaya, Tbk

Alamat         : Perum. Grand Cempaka Regency Jakarta

No. KTP       : xxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP : 082-727-188-928

Bermaksud untuk memberikan kuasa kepada:

Nama            : Bintang Putri

Jabatan         : Sekretaris Direktur PT. Maju Jaya, Tbk

Alamat           : Perum. Graha Indah Jakarta

No. KTP/SIM : xxxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP   : 083-728-182-082

KHUSUS

Bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa / bertindak untuk dan atas PT. Maju Jaya, Tbk untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

Melakukan Penandatanganan kontrak–kontrak atau perjanjian–perjanjian antara perusahaan dengan pihak ketiga, yaitu PT. Jaya Sentosa Abadi.

Kontrak–kontrak atau perjanjian–perjanjian sebagaimana tersebut di dalam point 1 adalah yang berkaitan dengan jual beli barang dan atau jasa untuk keperluan PT. Maju Jaya, Tbk.

Melakukan perbuatan lain yang berkaitan dengan kontrak–kontrak atau perjanjian–perjanjian sepanjang menguntungkan bagi perusahaan dan tidak merugikan bagi perusahaan.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Penerima kuasa,                                                                 Pemberi kuasa,

Rizky Ananda Utama                                                        Bintang Putri

CONTOH SURAT KUASA RESMI 2

Yayasan Pundi Amal Sejahtera
Jl. Raya Pancoran No. 123 Jakarta
Telp. (0274) 827273, Fax. (0274) 82882

SURAT KUASA
No: 12/KAU-04/06/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, selanjutnya disebut sebagai pihak pertama:

Nama          : Rizky Ananda Utama

Jabatan       : Direktur Utama

Alamat         : Perum. Grand Cempaka Regency Jakarta

No. KTP       : xxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP : 082-727-188-928

Dengan ini memberikan kuasa kepada pihak kedua:

Nama             : Bintang Putri

Jabatan          : Sekretaris Direktur 

Alamat           : Perum. Graha Indah Jakarta

No. KTP/SIM : xxxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP   : 083-728-182-082

Mewakili dalam pengambilan dana bantuan korban bencana dari Dinas Sosial Kota Jakarta pada hari Jumat 04 Juni 2021. Penanggung jawab penggunaan dan pengelolaan dana adalah tetap pada pihak pertama.

Demikianlah surat kuasa ini dibuat dengan sesungguhnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 03 Juni 2021

Pihak Pertama                                                       Pihak Kedua                                                           

[sertakan dengan stempel Yayasan]   

Rizky Ananda Utama                                             Bintang Putri

CONTOH SURAT KUASA KHUSUS 1

SURAT KUASA KHUSUS PENJUALAN TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini sebagai pemberi kuasa:

Nama                           : Alghi Satria

Pekerjaan                     : PNS

No. KTP                       : 12828377437282

Alamat                         : Jl. Bekasi, Jakarta Timur

Dengan ini menerangkan bahwa karena kesibukan yang tidak dapat dihindari, maka dengan ini memberi kuasa penuh kepada penerima kuasa:

Nama                           : Soraya Rahma

Pekerjaan                     : Wiraswasta

No. KTP                        : 292983882992882

Alamat                         : Jl. Bogor, Jakarta Timur

-KHUSUS-

Mewakili dan bertindak untuk dan atas nama Pihak Pertama untuk menjual sebidang tanah dengan luas 2050 m2, yang terletak di Jl. Raya Pocol nomor 15 Kota Jakarta Timur, sesuai dengan sertifikat terlampir dengan syarat-syarat yang ditetapkan sendiri oleh penerima kuasa.

Menerima segala dokumen berharga seperti, kwitansi untuk pembayaran untuk jual beli tanah tersebut dan bukti atas kepemilikan atas nama Alghi Satria

Membela kepentingan pemberi kuasa

Segala hal yang ditimbulkan dari perlimpahan kuasa ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya. Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 12 Juni 2021

Alghi Satria

CONTOH SURAT KUASA KHUSUS 2

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : Rizky Ananda Utama

Jabatan       : Direktur Utama PT. Maju Jaya, Tbk

Alamat         : Perum. Grand Cempaka Regency Jakarta

No. KTP       : xxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP : 082-727-188-928

Memberikan kuasa penuh kepada:

Nama             : Bintang Putri

Jabatan         : Sekretaris Direktur PT. Maju Jaya, Tbk

Alamat           : Perum. Graha Indah Jakarta

No. KTP/SIM : xxxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP   : 083-728-182-082

—– KHUSUS —–

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mengambil Sertifikat Rumah dengan alamat Grand Mutiara Indah Blok B1 Jakarta Timur dengan luas bangunan 60 m2 (enam puluh meter persegi) dan luas tanah 100 m2 (seratus meter persegi) yang telah lunas pembayarannya.

Untuk keperluan tersebut yang diberi kuasa berhak menghadap kepada pejabat/ instansi yang berwenang dan notaris atau PPAT menanda tangani Akta Jual Beli dan atau memberikan dan menerima surat – surat lainnya yang berkenaan dengan tanah tersebut serta menerima uang pembayarannya dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk terlaksananya maksud tersebut diatas.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar – benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 23 Juni 2021,

Yang Memberi Kuasa,                                                       Yang Diberi Kuasa

Rizky Ananda Utama                                                         Bintang Putri

CONTOH SURAT KUASA PERANTARA 1

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini sebagai pihak 1:

Nama                            : Alghi Satria

Tempal/Tanggal lahir     : Jakarta, 05 Maret 1999

NPM                              : 2839482929

Alamat                           : Jl. Pemuda No. 123 Jakarta Selatan

Memberikan kuasa kepada pihak 2:

Nama                             : Soraya Rahma

Tempat/Tanggal lahir      : Jakarta, 20 Mei 1998

NIM                                 : 2939838928

Alamat                             : Jl. Riau No. 29 Jakarta Barat

Dengan ini pihak 1 memberikan wewenang kepada pihak 2 untuk mewakili pihak 1 dalam:

Pengumpulan jurnal skripsi atas nama pihak 1.

Pengambilan transkip nilai atas nama pihak 1.

Pengambilan ijazah atas nama pihak 1.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada interpretasi dari pihak manapun dengan harapan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 29 Juni 2021

Pemberi Kuasa                                                                        Penerima Kuasa

Alghi Satria                                                                              Soraya Rahma

CONTOH SURAT KUASA PERANTARA 2

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rizky Ananda Utama

Pekerjaan: PNS

Alamat : Perum. Grand Cempaka Regency Jakarta

No. KTP : xxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP : 082-727-188-928

Memberikan kuasa penuh kepada:

Nama : Bintang Putri

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat : Perum. Graha Indah Jakarta

No. KTP/SIM : xxxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP : 083-728-182-082

Diberikan kuasa penuh atas sebidang tanah dan rumah yang terletak di Grand Cempaka Putih Blok C1 Jakarta Barat yang luasnya 210 m2 dengan nomor SHM 428829291 atas nama Bapak Rizky Ananda Utama. Tidak seorangpun yang berhak untuk memasarkan maupun menjual selain Ibu Bintang Putri. Dan bila tanah tersebut terjual maka Bapak Rizky Ananda Utama akan mendapatkan komisi sebesar 2,5% dari hasil penjualan tanah tersebut.

Surat kuasa ini berlaku satu tahun dari penandatangan surat kuasa ini.

Demikian surat kuasa ini dibuat sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun serta dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Dan apabila pemberi kuasa melanggar kesepakatan maka siap untuk diberi sanksi sesuai hukum yang berlaku.

Jakarta, 25 Juni 2021

Pemberi Kuasa                                                                            Penerima Kuasa

Rizky Ananda Utama            Saksi-Saksi Ahli Waris                   Bintang Putri

                                        1. Azmi 2. Annisa 3. Tifany

CONTOH SURAT KUASA INSIDENTIL 1

SURAT PERMOHONAN IZIN INSIDENTIL

Nomor : IX/2021/009

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :

Nama                         : Alghi Satria

Kewarganegaraan   : Indonesia

Tempat Tinggal        : Jl. Bogor No. 234, Jakarta Barat

Pekerjaan                : PNS

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

1)Michael Manurung, SH. LL.M., 2) Ahmad Rizky, S.H.; Semuanya berkewarganegaraan Indonesia; Pekerjaan Advokat pada Kantor Advokat Law Firm Indonesia Beralamat Kantor di Jl; Kemang No. 234 Jakarta Selanjutnya disebut Penerima Kuasa;

KHUSUS

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri sebagai Penggugat melawan Novian Bayu sebagai Tergugat dan Larasati Indah sebagai Tergugat II Intervensi (bila telah ada), dalam Perkara pencucian uang, dengan objek sengketa: uang perusahaan;

Dalam hal ini Penerima Kuasa dikuasakan oleh Pemberi Kuasa untuk menerima, mengajukan, menghadiri persidangan di Pengadilan Negara Jakarta, dan menandatangani surat-surat permohonan, gugatan, replik, kesimpulan, mengajukan dan menolak bukti-bukti surat, saksi-saksi, maupun ahli, meminta atau memberikan segala keterangan yang diperlukan, meminta putusan dan/atau putusan sela, penetapan-penetapan, mengajukan permohonan pelaksanaan putusan, termasuk menyatakan banding, membuat, menandatangani dan mengajukan memori/kontra memori banding, menyatakan kasasi, membuat, menandatangani dan mengajukan memori kasasi/kontra memori kasasi;

Kuasa ini diberikan dengan hak subtitusi (baik sebagian atau seluruhnya).

                                                                                                Jakarta, 28 Juni 2021

Penerima Kuasa                                          Pemberi Kuasa

                                     [Materai 10.000]

………………..                                              ……………….

CONTOH SURAT KUASA INSIDENTIL 2

                                                                                                                                  Jakarta, (25/06/2021)

                                                                                                             Kepada:

Perihal:  Permohonan Izin Beracara                                                                                  Yth. Ketua PTUN Jakarta

                                                                                                   di

                                                                                                                                           Jl. Raya Pancoran Jakarta

Dengan  hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

N a m a                              :  Alghi Satria

Kewarganegaraan             :  Indonesia

Alamat                               :  Jl. Bogor No. 234, Jakarta Barat

Pekerjaan                          :  PNS

Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk dapat menjadi kuasa untuk beracara di Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar mewakili suami Alghi Satria melawan Larasati Indah pada tingkat Pertama, Banding dan Kasasi;

Sebagai bahan pertimbangan  Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar, bersama ini saya lampirkan  :

Surat Keterangan dari Lurah/Desa Makmur, Kecamatan Pancoran, Kabupaten/Kota Jakarta;

Surat Kuasa Khusus ;

Foto copy KTP Pemberi Kuasa;

Foto copy KTP Penerima Kuasa;

Foto copy Kartu Keluarga (KK) ;

Foto copy Surat Nikah ;

Demikian permohonan ini dibuat, atas terkabulnya permohonan saya, diucapkan banyak terima kasih.

Pemohon,

Alghi Satria

CONTOH SURAT KUASA ISTIMEWA 1

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                              : Alghi Satria 

Tempat/tanggal lahir       : Jakarta, 10 Oktober 1992

Kewarganegaraan          : Indonesia

Pekerjaan                       : PNS

Alamat                            : Jl. Bogor No. 234, Jakarta Barat

KTP No.                          : 3293949853932928

selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa;

Dengan inI memberi kuasa kepada:

-----------------------------------MICHAEL MANURUNG SH. LL.M.----------------------------

Para Advokat/Pengacara dan Penasehat Hukum pada Alghi Satria, yang beralamat di Jl. Bogor No. 234, Jakarta Barat untuk bertindak atas nama Pemberi Kuasa, selanjutnya disebut sebagai PENERIMA KUASA

------------------------------------------ISTIMEWA-----------------------------------------

Bahwa dengan dasarnya Surat Kuasa ini, Penerima Kuasa secara bersama-sama atau sendiri-sendiri berhak bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa tersebut diatas, dalam hal ini disebut sebagai Pemohon dalam perkara Cerai Talak No. 0517/Pdt.G/2018/PA.Tte. melawan istri (Pemberi Kuasa) atas nama Soraya Indah selanjutnya disebut sebagai Termohon.

Bahwa, oleh karena Pemohon untuk sementara sedang berada di luar daerah yakni di Bali sehingga tidak sempat menghadiri sidang Ikrar Talak pada hari Jumat tanggal 24 Juni 2021 di Pengadilan Agama Jakarta, maka untuk itu Pemberi Kuasa (Pemohon) memberi kuasa kepada MICHAEL MANURUNG SH. LL.M.  untuk mewakili Alghi Satria (Pemberi Kuasa/Pemohon) untuk mengucapkan Ikrar Talak terhadap (Termohon) di depan Majelis Hakim Persidangan Pengadilan Agama Jakarta pada hari tersebut.

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dan ditanda tangani oleh Pemberi Kuasa dan Para Penerima Kuasa untuk dipergunakan sebagaimana mestinya di Jakarta, hari Kamis tanggal 23 Juni 2021 .

Penerima Kuasa                                                          Pemberi Kuasa

Michael Manurung SH. LL.M.                                     Alghi Satria

CONTOH SURAT KUASA ISTIMEWA 2

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             : Rizky Ananda Utama

Pekerjaan      : PNS

Alamat           : Perum. Grand Cempaka Regency Jakarta

No. KTP         : xxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP    : 082-727-188-928

Memberikan kuasa penuh kepada:

Selanjutnya disebut PEMBERI KUASA.

Dalam hal ini menunjuk tempat kediaman ( domisili ) hukum kami ditempat kuasanya sebagaimana akan disebut dibawah ini, dengan ini memberikan kuasa kepada:

MICHAEL, S.H. AHMAD AGUS, S.H. adalah Advokat yang berkantor di, MICHAEL SH & REKAN, beralamat di Komplek Jatiwaringin Indah Blok D1 untuk bertindak baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri yang selanjutnya disebut Penerima Kuasa / PENGGUGAT.

-ISTIMEWA-

Mewakili Pemberi Kuasa sebagai Penggugat melakukan upaya perdamaian dan mediasi di persidangan Pengadilan Agama Jakarta dalam perkara cerai gugat melawan:

Nama               : Bintang Putri

Pekerjaan        : Wiraswasta

Alamat             : Perum. Graha Indah Jakarta

No. KTP/SIM   : xxxxxxxxxxxxx

No. Telp/HP     : 083-728-182-082

Selanjutnya disebut Sebagai TERGUGAT.

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dan ditanda tangani oleh Pemberi Kuasa dan Para Penerima Kuasa untuk dipergunakan sebagaimana mestinya di Jakarta, hari Kamis tanggal 23 Juni 2021 .

Penerima Kuasa                                                          Pemberi Kuasa

......................                                                               .........................

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya