Tren Tiktok Campur Sampo dan Kopi Buat Keramas Viral, Ini Manfaatnya

Bubuk kopi
Sumber :

VIVA – Tren TikTok campur sampo dan kopi buat keramas sedang viral. Tren ini berawal dari konten salah satu akun yang menyebutkan bahwa dirinya rutin menerapkan haircare berupa campuran kopi dan sampo. 

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Bukan bubuk kopi murni, melainkan kopi instan yang banyak ditemui di pasaran. Kombinasi ini diklaim dapat memberikan beberapa manfaat untuk berbagai permasalahan rambut

Benarkah Campuran Bubuk Kopi dengan Sampo Bisa Mengatasi Permasalahan Rambut? Ini penjelasan lengkapnya.
Kopi memiliki daftar panjang manfaat yang diakui bagi tubuh, seperti kemampuan untuk membuat rambut lebih sehat. Sementara beberapa orang tidak memiliki masalah menuangkan minuman dingin ke rambut mereka (dan mendapatkan hasil yang sangat baik.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Dilansir dari healthline.com, berikut adalah kemungkinan manfaat menggunakan kopi pada rambut , potensi efek samping, dan cara mengaplikasikannya.

Menurut beberapa penelitian yang, kopi lebih khusus lagi kafein dalam kopi, dapat memperbaiki penampilan dan tekstur rambut dalam beberapa cara.

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Manfaat Kopi yang Dicampurkan Dengan Sampo Untuk Keramas
1. Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok terjadi seiring bertambahnya usia dan mempengaruhi pria maupun wanita. Menerapkan kopi secara lokal ke rambut dan kulit kepala dapat mencegah kerontokan rambut dan mendorong regenerasi.

Dalam kasus kebotakan pola pria, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Wanita dengan terlalu banyak DHT juga bisa kehilangan rambut.

Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap, akhirnya menyebabkan kebotakan. Namun menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Sebuah studi laboratorium pada tahun 2007 menemukan bahwa kafein membantu mencegah efek DHT pada folikel rambut pria. Ini merangsang pemanjangan batang rambut dan membuat akar lebih panjang dan lebih lebar. Ini juga memperpanjang durasi fase pertumbuhan, yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Studi ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa kafein juga memiliki efek pertumbuhan pada folikel rambut wanita.

Karena kafein adalah stimulan, kafein juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di folikel rambut. Ini juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat, menjadi lebih kuat, dan membuat rambut terlihat lebih penuh dan lebih tebal.

2. Membuat Rambut Lebih Lembut dan Berkilau

Jika rambut kamu terlihat kusam, rapuh dan kering, menambahkan pelembab dapat merevitalisasinya. Anehnya, membilas rambut dengan kopi juga dapat memperbaiki rambut kusam karena mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan yang mendorong pertumbuhan kembali rambut.

Batang rambut kamu akan menjadi lebih halus. Ini dapat mengurangi keriting dan membuat rambut lebih lembut dan lebih mudah untuk diurai.

Karena kafein memiliki efek diuretik pada tubuh, kamu mungkin berpikir bahwa mengoleskannya ke rambut akan memiliki efek mengeringkan.

Namun, kafein tidak menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, ini dapat membantu kunci kamu untuk mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami. Peningkatan sirkulasi darah membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

3. Secara Alami Menghilangkan Uban

Jika kamu ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut kamu secara alami, bilasan kopi juga berguna untuk mewarnai rambut beruban.

Kopi berwarna gelap, sehingga bertindak sebagai noda pada rambut. Ini merupakan cara cepat untuk menyembunyikan helai abu-abu jika kamu memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya