Haram! Ini 9 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat Terbang

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pesawat terbang dilarang melintas di area tertentu karena berbagai alasan dan keselamatan dari pesawat itu sendiri. Pesawat adalah salah satu moda transportasi massal yang kerap dipakai untuk bepergian lintas pulau atau lintas negara. Berbagai keuntungan akan diperoleh ketika bepergian ke sebuah tempat dengan memakai pesawat, salah satunya adalah memangkas waktu. Selain itu, pesawat juga menjadi salah satu moda transportasi tersibuk yang ada di dunia. Walaupun mempunyai harga yang cukup tinggi, setiap penerbangan pesawat telah mempunyai rute tersendiri.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Walaupun demikian, rupanya pesawat tetap tidak bisa sembarang terbang melintasi di sebuah daerah atau tempat tertentu yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa di dunia yang tidak diperbolehkan pesawat melintas karena beberapa sebab atau biasa dinamakan sebagai no-fly zone atau zona larangan terbang. Nah, VIVA sudah merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tempat yang melarang pesawat terbang melintas di atasnya.

Lantas, Di Mana Saja Pesawat Terbang Tidak Boleh Melintas?

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

1. Ka’bah, Arab Saudi

Kabah ditutup dan disterilkan.

Photo :
  • Haramain
Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Ka’bah adalah tempat pertama dari berbagai tempat yang menjadi area larangan pesawat terbang. Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan bahwa tidak boleh ada pesawat terbang yang melintasi Mekkah. Banyak teori yang mengatakan terkait dengan dilarangnya mengudara di atas Ka’bah ini. Salah satunya adalah posisi Ka’bah tepat berada di tengah kutub utara dan kutub selatan sehingga membuatnya dinamakan sebagai ‘Zero Magnetism Area’ dan menjadi pusat dari planet Bumi. Tapi, regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat adalah semata-mata untuk kenyamanan para jemaah supaya tidak terganggu dengan suara bising yang dikeluarkan oleh mesin pesawat.

2. Taj Mahal, India

Wisata Taj Mahal di India. Image via: Business Destinations

Photo :
  • U-Report

Tempat berikutnya yang juga melarang pesawat untuk mengudara di atasnya adalah Taj Mahal yang berada di India. Pemerintah setempat ingin melindungi situs bersejarah ini dengan diberlakukannya aturan pesawat terbang tidak boleh berada di atas Taj Mahal.

Selain untuk melindungi bangunan Taj Mahal dari kecelakaan pesawat, aturan tersebut juga diberlakukan supaya pengunjung tetap aman dan nyaman. Pemerintah India menetapkan bahwa zona larangan terbang ini dalam radius 1,5 kilometer dari situs bersejarah tersebut.

3. Tibet

VIVA Militer: Gunung Kailash, Daerah Otonomi Tibet, China

Photo :
  • The Daily Reformer

Tidak ada nama Tibet dalam peta jalur penerbangan di dunia. Wilayah ini berada di perbatasan antara Asia Selatan dan Asia Timur. Negeri beratap langit ini berada di bagian selatan China dan berbatasan langsung dengan India, Nepal, Burma, dan juga Bhutan.

Salah satu alasan mengapa pesawat dilarang melintas di wilayah ini karena Tibet dikenal sebagai dataran tertinggi di Bumi. Di wilayah ini ada kompleks pegunungan Himalaya. Sehingga untuk menjaga keamanan, pesawat dilarang melintas di area ini.

4. Buckingham Palace, Inggris

Buckingham Palace

Photo :
  • Royal.co.uk

Buckingham Palace adalah sebuah tempat terpenting yang berada di Inggris Raya. Hal ini karena Buckingham Palace merupakan tempat tinggal dari keluarga Kerajaan Inggris. Selain itu, pusat administrasi kerajaan tersebut juga berada di area ini.

Pesawat dilarang untuk melintas di area ini karena alasan keamanan seluruh keluarga kerajaan. Selain Buckingham Palace, kediaman keluarga kerajaan yaitu Kastil Windsor juga dilarang untuk dilintasi oleh pesawat.

5. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu di Peru.

Photo :
  • U-Report

Machu Picchu adalah salah satu keajaiban dunia modern yang berada di Peru. Machu Picchu adalah peninggalan Suku Inca yang berada di pegunungan Andes dan tidak boleh ada pesawat yang mengudara di atasnya. Pasalnya, tempat ini adalah satu situs bersejarah dunia. Pemerintah setempat telah melarang pesawat melintas sejak tahun 2006.

6. Markas NASA Merrit Island, AS

Image via: NASA Space Flight

Photo :
  • U-Report

Pesawat juga dilarang untuk mengudara di wilayah ini sejauh 5000 kaki di atasnya. Merrit Island adalah sebuah markas Kennedy Space Center milik NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat. Dengan adanya larangan ini, maka bila ada peluncuran roket tidak akan membahayakan penerbangan sipil.

7. Disney World Florida dan Disneylad California, AS

Walt Disney World

Photo :
  • Courtesy Walt Disney

Pesawat juga tidak boleh mengudara dalam radius 3.000 kaki atas area Disney World Florida dan Disneylad California, Amerika Serikat. Peraturan ini dibuat sesudah adanya peristiwa penyerangan yang terjadi pada 11 September 2002 di Amerika Serikat. Alasannya karena kedua tempat ini menampung banyak pengunjung setiap harinya. Sehingga harus dipastikan kemanan dan kenyamanannya.

8. Kota Tua Pest dan Buda Hills Budapest, Hungaria

Pemandangan di Budapest

Photo :
  • Pixabay

Budapest, Ibu Kota Hungaria juga mempunyai aturan melarang pesawat terbang. Pesawat tidak diperbolehkan untuk terbang melintasi kota tua Pest dan Buda Hills. Karena di area tersebut ada Kantor Parlemen Hungaria, Kastil Buda, dan juga Gereja St. Stephen Basilica.

9. Rumah Lionel Messi

Rumah Lionel Messi

Photo :
  • barcelonacheckin.com

Sebuah aturan diterapkan terminal baru Bandara Internasional El Prat de Llobregat, Barcelona, Spanyol yaitu larangan pesawat terbang untuk melintas di atas rumah bintang sepak bola ini. Rumsh bintang Argentina dan PSG ini terletak di Kota Gava, Castelldefes dan hanya berjarak 10 km dari bandara El Prat, tepatnya berada di sisi barat bandara.

Area rumah Messi baru bisa dilewati oleh pesawat yang mengudara dari kota-kota Spanyol Selatan, Portugal, dan Maroko, pada saat akan take-off atau mendarat. Oleh sebab itu, pihak bandara membuat aturan zona larangan terbang tersebut. Selain itu, rumah messi juga menjadi salah satu Kawasan termahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya