6 Trik Cara Menghemat Gas Melon 3 Kg yang Jarang Diketahui

tabung gas elpiji 3 kg atau tabung melon/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Sebagian masyarakat lebih memilih menggunakan gas melon berisi 3 kg karena lebih praktis. Namun pernahkah kamu alami saat sedang asyik memasak gas habis tiba-tiba? Di Ibukota gas adalah satu-satunya sumber api yang digunakan untuk memasak. Namun dibeberapa daerah alternatif lain selain gas bisa menggunakan kayu bakar untuk memasak. Di saat gas melon langka, kamu perlu menghemat agar pemakaian tidak boros. Berikut terdapat 6 trik untuk menghemat pemakaian gas. 

Subsidi Gas Melon Bakal Ditekan, Dirjen Migas Masifkan Pembangunan Jargas

Tips Menghemat Pemakaian Gas Melon

tabung gas elpiji 3 kg atau tabung melon/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
2 Pabrik Pengoplosan Gas Melon ke 12 Kg Digerebek, Ada di Depok dan Tangerang

1. Bersihkan kompor gas secara berkala

Saluran gas yang kotor mengakibatkan api yang dihasilkan tidak berwarna biru. Jika api tidak berwarna biru, artinya panas yang dihasilkan tidak maksimal dan menghabiskan gas lebih banyak. Untuk menghemat gas elpiji 3kg, disarankan untuk membersihkan kompor maksimal empat bulan sekali. 

Usai Reses, Komisi VI Akan Panggil Menteri BUMN terkait Kelangkaan Gas Melon

2. Gunakan selang gas yang baik

Gas bersifat menekan ke segala arah, itu sebabnya dibutuhkan selang yang berkualitas baik. Gunakan selang dengan tekanan gas mencapai 500 psi. Jika selang kompor gas tidak memiliki kemampuan menahan tekanan sebesar 500 psi, maka selang akan cepat kendor. Akibatnya, gas dapat keluar melalui sela-sela selang dan gas jadi cepat habis.

3. Lepas regulator

Setelah selesai memasak, lebih baik jika regulator yang terpasang pada tabung gas untuk dicopot. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir gas rembes melalui kepala regulator. Hal ini memang lebih ribet sedikit bila ingin memasak harus memasang regulator kembali. Namun untuk keselamatan dan penghematan keuangan tidak ada salahnya untuk dicoba.

Atau, kamu bisa mencopot regulator dari tabung gas.saat hendak bepergian dalam waktu lama. Hal ini dilakukan agar memastikan tidak ada gas yang keluar sia-sia. Selain itu, gunakanlah regulator SNI untuk mencegah kebocoran gas.

4. Jangan sering mematikan dan menyalakan kompor gas

Cara yang satu ini paling praktis dan tidak ribet. Saat kompor sudah menyala diusahakan untuk dipakai secara terus-terusan. Sekali klik untuk memasak berbagai menu makanan. 

5. Saat merebus, panci dalam keadaan tertutup.

Saat merebus, pastikan panci dalam keadaan tertutup. Dengan menutup panci saat memasak, masakannya pun akan lebih cepat matang karena uap panasnya tidak keluar(diungkep). Dengan cepat matangnya masakan otomatis durasi memasaknya lebih cepat dan dapat menghemat pemakaian gas.

6. Gunakan perangkat masak stainless

Penghantar panas terbaik adalah stainless steel. Dengan menggunakan perangkat masak berbahan stainless steel makanan akan lebih cepat matang.

Itulah 6 tips untuk menghemas gas melon jika terjadi kelangkaan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya