Jokowi: Indonesia Berpeluang Besar Tumbuhkan Ilmu Pengetahuan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Malam ini, Jumat, 19 November 2021, Presiden Joko Widodo, membuka perhelatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021. Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa kebudayaan berasal dari nenek moyang.

Jokowi Bilang Begini soal Rencana Prabowo Tambah Kementerian

"Kebudayaan kita tumbuh dari latar belakang kehidupan nenek moyang kita, kebudayaan kita merupakan cara hidup yang tumbuh dalam peradaban kita, kebudayaan kita dikembangkan dari interaksi nenek moyang kita antar sesamanya dan interaksi nenek moyang kita dengan alam kita," kata Jokowi, dalam pembukaan PKN 2021, Jumat, 19 November 2021.

Selain melestarikan dan belajar dari kebudayaan nenek moyang, presiden juga meminta meminta masyarakat untuk terus memahami alam Indonesia yang sangat kaya dan sekaligus kompleks ini.

Soroti Tutupnya Pabrik Sepatu Bata, Jokowi Tegaskan Ini

"Keberagaman alam hayati kita adalah yang terkaya di dunia, keberagaman hayati darat kita adalah yang kedua terkaya di dunia setelah Brazil," kata Presiden.

Jokowi juga menjelaskan, berangkat dari kekayaan kebudayaan dan kekayaan hayati kita, Indonesia memiliki peluang besar untuk menumbuhkan ilmu pengetahuan yang berbasis dari peradaban Indonesia.

Respons Jokowi Disebut Dorong Prabowo Supaya Bertemu Megawati

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021.

Photo :
  • Instagram @pekankebudayaannasional

"Oleh karena itu pelestarian menjadi kunci yang harus kita lakukan selain pengembangan dan pemanfaatan untuk kemajuan Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, kuratorial dari PKN 2021 ini dikerjakan secara gotong royong oleh tiga kurator yang masing-masing sudah lama berkecimpung di dalam isu sandang, pangan, papan yakni Samuel Wattimena, Helianti Hilman, dan Yori Antar.

Siaran perdana PKN 2021 dapat disaksikan di indonesiana.tv dan konten lengkapnya bisa dilihat kapan saja di pkn.id. Terdapat 17 kompetisi budaya, 23 lokakarya, 11 sesi simposium, 60 pergelaran, pameran dan tidak kurang dari 20 sesi konferensi.

Selain itu, terdapat lebih dari 70 pemerintah daerah yang berpartisipasi aktif menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Daerah yang merupakan rangkaian kegiatan pendahuluan menuju PKN 2021. Tidak kurang dari 3.000 pelaku budaya ambil bagian secara aktif di dalam rangkaian kegiatan pendahuluan maupun pada puncak PKN pada 19-26 November 2021.

Beberapa musisi papan atas seperti Slank, Andien, Dere, Diskoria, Shine of Black, Godbless, Viky Sianipar, dan Voice of Baceprot terlibat di dalam kegiatan ini. Para sutradara seperti Hanung Bramantyo, Riri Riza dan beberapa nama lain pun tidak ketinggalan.

PKN 2021 hadir untuk mengawali perubahan gaya hidup: putar haluan dari segala cara hidup lama yang tidak berkelanjutan, temukan arus kebudayaan dari bawah yang akan melontarkan kita ke masa depan, maju ke cara hidup baru yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya