Jangan Tunda untuk Donor Darah

Ilustrasi donor darah.
Ilustrasi donor darah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Donor darah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk tubuh, donor darah juga dapat membantu orang yang sedang membutuhkan darah.

Kebutuhan darah di Indonesia masih belum terpenuhi oleh jumlah kantong darah yang didapatkan. Kurangnya ketersediaan atau stok darah disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Darah merupakan komponen terpenting di dalam tubuh manusia. Satu orang mendonorkan darahnya dapat menyelamatkan tiga nyawa sekaligus.

Tidak hanya bagi penerima darah, kamu sebagai pendonor juga mendapatkan manfaat yang dapat dirasakan, yaitu badan yang terasa lebih segar, dan dapat secara rutin memeriksa kesehatan, khususnya untuk empat jenis penyakit seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Effendi berharap perusahaan dan lembaga atau instansi lainnya melakukan donor darah secara rutin setiap dua bulan sekali. Dengan demikian, kebutuhan stok darah di PMI DKI Jakarta 1.000 – 1.200 kantong per hari dapat terpenuhi.

“Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta selama masa pandemi COVID-19 mengalami krisis stok darah. Sementara kebutuhan permintaan darah dari rumah sakit terus ada. Karena memang pasien dengan penyakit seperti thalassemia, kanker, hemofilia secara rutin membutuhkan transfusi darah," tuturnya, Jumat, 3 Desember 2021.

Ilustrasi donor darah.

Ilustrasi donor darah.

Photo :
  • Dok. Istimewa