Contoh Teks Eksposisi Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Contoh teks eksposisi
Sumber :
  • vstory

VIVA – Contoh teks eksposisi biasanya banyak dicari untuk menyampaikan pendapat atau gagasan secara rinci. Teks eksposisi sendiri berupa paragraf atau keterangan yang menyajikan secara akurat, singkat dan padat dari sejumlah informasi dan pengetahuan. Pembaca tidak akan dipengaruhi dalam teks eksposisi karena memang bukan itu tujuan utamanya.

Lawan Hoax, Milenial di Kupang Dilatih Dasar Jurnalistik dan Karya Ilmiah

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang beragam dan memiliki fungsi untuk menyampaikan gagasan-gagasan berupa pemikiran topik. Pembaca dapat dengan memahami dengan mudah isi dari gagasan atau fakta dalam  teks eksposisi ini. 

Begini Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Ciri-ciri Teks Eksposisi 

  • Akurat, singkat, dan padat 
  • Menjelaskan sesuatu 
  • Bergaya penulisan yang bersifat informatif 
  • Fakta sebagai alat distribusi 
  • Fakta sebagai alat konkritasi 
  • Menjawab pertanyaan dari unsur apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.
Simak! Pengertian, Macam dan 7 Contoh Paragraf Deskripsi

Struktur Teks Eksposisi

Berikut ini struktur yang terdapat dalam teks eksposisi yang harus kamu ketahui sebelum membuatnya.

1. Judul 

Judul pada teks eksposisi harus menggambarkan seluruh isi dan ditulis menggunakan kata yang singkat, menarik dan sarat akan makna. 

2. Tesis atau Pernyataan Umum

Tesis berfungsi dalam teks eksposisi untuk mengenalkan topik dan menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Jadi, posisi pembaca bisa sependapat atau berlawanan dengan penulis saat pendapat dikemukakan. 

3. Argumentasi 

Jumlah argumen bisa menjadi panjang atau pendek tergantung dengan pernyataan umum yang sudah dikenalkan sebelumnya. Argumen juga bisa kembali disebutkan dalam paragraf.

4. Penegasan Ulang 

Pendapat bisa kembali diulang di bagian akhir teks eksposisi berdasarkan dengan argumen yang disajikan sebelumnya. Namun dengan catatan bahwa pengulangan ini sifatnya pilihan, tidak semua teks eksposisi memilikinya.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini 5 contoh teks eksposisi yang telah Viva rangkumkan dari berbagai sumber yang dapat kamu pelajari dan pahami.  

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan 

Simulasi PTMT pada salah satu sekolah di Kabupaten Bekasi.

Photo :
  • vstory

Judul:

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:

Lingkungan sekolah yang bersih menjadi suatu faktor yang penting dalam menciptakan kenyamanan. Tentunya setiap sekolah akan selalu mengajarkan murid-muridnya untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih. Bahkan seringkali kebersihan sekolah dilombakan agar minat terhadap kepedulian lingkungan sekolah meningkat. Ada beberapa cara untuk menjaga lingkungan sekolah tetap bersih diantaranya seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Argumentasi:

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh murid untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah dengan pembagian piket kelas. Kegiatan piket tersebut seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Pembagian tugas piket diberikan secara rata dan adil pada setiap petugas di setiap hari sekolah. Atau juga kerja bakti di sekolah setiap hari Jumat. Kegiatan ini bermanfaat bagi lingkungan dan juga hubungan antara murid dan guru yang akan semakin akrab. 

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan sekolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha warga sekolah agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan dan sekaligus meningkatkan kerjasama dan solidaritas.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

iLUSTRASI mengejar pendidikan.

Photo :
  • vstory

Judul:

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis:

Sistem pendidikan di Indonesia memang kerap mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan  tersebut  tentunya terkait kurikulum yang digunakan dalam dunia   pendidikan Indonesia. Misalnya kurikulum 2006 yang diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan   bahwa,   kurikulum   2013   diprioritaskan   pada   sekolah-sekolah   yang   memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach.

Kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara pembelajaran dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku pengelola alam   sekitar.   Khususnya   mengacu   pada   pembelajaran   yang   dimulai   dengan   mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa

Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif.   Dalam   kurikulum   2013  setiap   peserta   didik   dibentuk   agar   memiliki   pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013   ini   bertujuan   untuk   membentuk   karakter   generasi   berkualitas,   cinta   tanah   air   dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.

Penegasan Ulang:

Karena perubahan kurikulum 2013 ini dianggap sangat mendadak  dan dipaksakan maka banyak juga masyarakat yang menolaknya. Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Meskipun, mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang karena mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, namun secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.

Di atas segalanya, harus kita akui bahwa dalam setiap perubahan tentunya memiliki sisi positif dan negatif, serta tidak semua orang suka akan perubahan. Kita berharap dengan perubahan berlakunya kurikulum 2013 ini akan dihasilkan generasi Indonesia menjadi lebih maju, kreatif, inovatif, produktif,dan berkualitas.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Gatal

Photo :
  • vstory

Judul:

Manfaat Lidah Buaya

Tesis:

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya memiliki ciri-ciri seperti daunnya berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Argumentasi:

Walaupun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman serbaguna ini. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tersebut.

  1. Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.
  2. Lidah buaya juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.
  3. Meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah buaya merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
  4. Lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, antioksidan yang kuat, menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.
  5. Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah

Penegasan Ulang:

Sudah jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai makanan alami yang menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi 

Ilustrasi krisis ekonomi

Photo :

Judul:

Bias Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis:

Di saat kondisi perekonomian global yang tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil yang positif. Jika dibandingkan, pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama tahun lalu, ekonomi Indonesia meningkat kurang lebih 6,4 persen. Pertumbuhan ini tetap masih terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila diakumulasikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3%.

Argumentasi:

Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai mengalami bias atau anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat, pertumbuhan ekonomi ini tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya itu, Daeng juga memaparkan, sekurang-kurangnya ada empat faktor yang membuat ekonomi Indonesia mengalami bias.

Pertama, perekonomian Indonesia lebih banyak ditengarai oleh utang asing yang nilainya terus meningkat. “Utang Indonesia mencapai Rp. 2.865 triliun. Utang asing pemerintah meningkat setiap tahunnya. Utang ini menjadi sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia,” ujar Daeng.

Kedua, peningkatan konsumsi masyarakat dinilai ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Konsumsi masyarakat yang meningkat bersumber dari harga sandang pangan yang mengalami kenaikan, serta disokong oleh pertumbuhan kredit terutama kredit konsumsi.

Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, contohnya hasil perkebunan, hutan, migas dan bahan tambang, sehingga kurang menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan.

Faktor terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh penanaman asing yang menjadikan sumber daya alam Indonesia makin dikuasai asing. Di lain pihak, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor domestik.

Menurutnya, dampak krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan penurunan ekspor baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Ia menilai kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar.

Selaras dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara berpendapat bahwa sejumlah sektor ekonomi dalam negeri tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah. Hal ini tampak dari peningkatan kredit yang mencapai 26-28% sekaligus didukung oleh harga BBM yang rendah sebab masih disubsidi oleh pemerintah.

Lebih lanjut Mirza menyampaikan, sektor yang berorientasi dalam negeri mengalami pertumbuhan tinggi, misalnya otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, dan perdagangan. Dampaknya pertumbuhan sektor yang berorientasi dalam negeri memiliki kecenderungan defisit neraca perdagangan yang semakin besar.

Penegasan Ulang:

Menurut A Tony Prasetiantono, belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga sangat membantu pertumbuhan. Seiring dengan hal itu, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 % cukup membantu, walaupun hal tersebut ada dampaknya, yakni nilai subsidi energi yang terus membengkak yang sebetulnya tidak sehat.

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum 

Ilustrasi hukum

Photo :
  • http://sukatulis.wordpress.com

Judul:

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis:

Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

Akan tetapi, faktanya kerap kali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.

Argumentasi:

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.

Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok massa hingga tewas.

Penegasan Ulang:

Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas di hadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani.

Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor.

Itulah penjelasan secara lengkap tentang teks eksposisi beserta dengan pengertian, ciri struktur hingga contoh teks eksposisi. Diharapkan agar kamu para pembaca dapat memahami dan mendapatkan manfaat dari penjelasan contoh teks eksposisi tersebut.

ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Lomba penulisan tentang kedaulatan ini, bisa diikuti oleh masyarakat umum. Termasuk juga oleh akademisi hingga wartawan sesuai dengan kategori. Situasi LCS menjadi contoh

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024