Lawan Hoax, Milenial di Kupang Dilatih Dasar Jurnalistik dan Karya Ilmiah

Pelatihan dasar jurnalistik dan karya ilmiah untuk milenial di Kupang NTT
Sumber :
  • Istimewa

Kupang – Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center (GMC) bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara mengadakan pelatihan jurnalistik dan penulisan karya ilmiah di Cafe Boejang, Kayu Putih, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Pelatihan jurnalistik bertajuk "Mengembangkan Kemampuan Milenial dibidang Jurnalistik dan Karya Ilmiah" itu digelar untuk memberikan wawasan kepada para milenial mengenai cara penulisan berita.

Kordinator Wilayah (Korwil) GMC NTT Nasrin mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para mahasiswa aktif, karena mereka diajarkan cara menulis berita. Selain itu, para milenial juga diajarkan bagaimana cara penulisan karya ilmiah sesuai standar. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

"Pelatihan ini bisa meningkatkan minat milenial di bidang literasi khususnya baca tulis serta dapat membantu para mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir tersebut," kata Nasrin dalam siaran persnya, Minggu, 3 September 2023.

ilustrasi jurnalis

Photo :
Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Dia menambahkan, kegiatan yang diikutik dari mahasiswa Kota Kupang itu mendapatkan sambutan yang baik. Hal itu dilihat dari para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Sebab, kata dia, mereka membutuhkan bekal untuk memberantas informasi tidak benar.

"Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa membuat informasi yang akuran dan melawan hoaks yang selama ini sedang marak di media sosial," tuturnya.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi mahasiswa dalam bidang jurnalistik dan penulisan karya ilmiah.

"Sehingga pelatihan ini dapat menjadi modal ketika mahasiswa mencari berita di lapangan serta dapat membantu para mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir tersebut,” ungkap dia. 

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa tampak antusias mengikuti materi. Mereka diajarkan acara menulis yang baik sesuai dengan kaidah Jurnalistik.

Sementara itu, Korda Bemnus NTT Saulus Ngabi Nggaba mengaku sangat senang kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar oleh Ganjar Milenial Center.

"Kami melihat antusias para mahasiswa dan milenial mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dan penulisan karya ilmiah sangat luar biasa," ungkap Saulus.

Dia mengatakan ini menjadi bekal buat dirinya dan teman-teman lain untuk memberantas informasi tidak benar. 

“Terima Kasih GMC NTT yang telah memberikan kami ruang dan bekal untuk berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan ini. Semoga adanya acara pelatihan ini peran inilah yang akan kami tanamkan dalam pikiran demi milenial,” kata Saulus. 

Dia menambahkan pihaknya akan terus mendukung dan menyosialisasikan Ganjar Pranowo yang akan mencalonkan diri sebagai presiden di tahun 2024 mendatang. 

Menurut dia, Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang amanah dan merakyat. Gubernur Jawa Tengah itu selalu dekat dekat siapapun tanpa memandang usia. 

"Doa kami semoga ayah Ganjar Pranowo tetap sehat dan semoga cita-cita relawan GMC bisa tercapai," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya