KIM Pengusung Prabowo Dinilai Pro Keberlanjutan Program Jokowi

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal capres Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dinilai merupakan kubu yang pro akan keberlanjutan program dan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tangis Sujarwo Pecah saat Diberi Hadiah Becak Listrik oleh Sudaryono

“Ya jelas itu, kubu pro keberlanjutan, ini Jokowi banget,” kata Mochtar dikutip Sabtu, 2 September 2023.

Mochtar menambahkan, berubahnya nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menjadi KIM juga sama sekali tidak dipermasalahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Prabowo Subianto di acara Relawan Prabu bersama Budiman Sudjatmiko di Semarang

Photo :
  • FB Valerie Yudistira Pramudya

Menurutnya, hal itu bisa dikatakan sebagai simbol-simbol politik KIM menjadi representasi mantan Gubernur DKI Jakarta itu mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang. 

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

“Pak Jokowi juga sudah ber-statement tidak ada masalah nama kabinetnya dipakai sebagai nama koalisi, itu kan bahasa-bahasa simbolik dalam konteks politik elektoral,” ujar Mochtar. 

Mochtar menambahkan, “Yang bisa jadi itu juga ya publik sudah paham selama ini bahwa selain memberikan dukungan-dukungan simbolik kepada Ganjar, Pak Jokowi juga memberikan dukungan-dukungan simbolik kepada Pak Prabowo."

Berdasarkan survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 1 – 8 Agustus 2023, KIM berada di peringkat teratas. Dari survei tersebut, KIM berhasil memperoleh elektabilitas sebesar 39,0 persen, diikuti koalisi PDIP dengan 25,2 persen dan Koalisi Perubahan dengan 14,5 persen. 

Lantaran itu, Mochtar meyakini, KIM adalah koalisi yang pasti mendapatkan dukungan dari Presiden Jokowi. Hal itu bisa dilihat dari anggota yang berada di dalam KIM yang rata-rata merupakan anggota dari Kabinet Indonesia Maju. 

“Kita tahu semua anggota koalisi Pak Prabowo, Airlangga, Zulkifli Hasan, itu kan anggota Kabinet Indonesia Maju,” ujar Mochtar.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya