Kemenag RI Buka Kompetisi Sains Madrasah Besok, 374 Siswa Ikut Serta

Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah atau KSM, Madrasah Young Researcher SuperCamp dan Science Expo Madrasah pada tanggal 3 September 2023. Kegiatan ini akan dilaksanajan selama 3 hari di Kota Kendari, Sulawesi Selatan.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Pelaksanaan kompetisi kali ini mengambil tema 'Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Negeri'. Plt Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Sidik Sisdiyanto mengatakan KSM 2023 telah melahirkan talenta terbaik yang akan mewakili masing-masing provinsi di kancah nasional. 

Menurutnya, ada 446 peserta yang turut bertanding untuk membuktikan prestasi, terdiri atas 374 peserta KSM dan 72 peserta Madrasah Young Reseacher Supercamp (Myres). "Ini adalah kesempatan bagi siswa-siswi madrasah untuk membangun budaya kompetitif yang sehat antara peserta lainnya dari seluruh negeri," kata Sidik dalam keterangan yang diterima, Sabtu 2 September 2023.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Ilustrasi murid Madrasah Aliyah Negeri (MAN).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Sidik mengatakan, Kompetisi ini mencakup berbagai cabang sains yang akan diuji lombakan, termasuk 2 bidang lomba untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD) yakni Sederajat Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi; 3 bidang lomba untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP) sederajat yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Kemudian 6 bidang lomba untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA/SMA) sederajat yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

“Sedangkan seluruh siswa Peserta Madrasah Young Reseacher Supercamp (MYRES) akan terbagi dan mengikuti 3 bidang lomba, diantaranya yaitu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST), Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), dan Ilmu Keagamaan. Kegiatan ini akan diikuti oleh peserta mulai jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP) sederajat dan Madrasah Aliyah (MA/SMA) sederajat," ujar Sidik

Dijelaskan Sidik, siswa-siswi Madrasah membutuhkan kompetisi ini sebagai kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong minat dan bakat di bidang sains dan teknologi agar mereka bisa terus berkolaborasi dan memperkuat kerja tim yang baik di tengah kondisi zaman yang semakin kompetitif.

“Tidak hanya itu, mereka bisa memperdalam pengetahuan sains, membangun keterampilan penelitian, dan menghubungkan diri dengan sesama talenta-talenta berbakat lainnya yang berbagi minat yang sama dalam sains,” kata Sidik.

Sidik menegaskan, Kompetisi Sains Madrasah bukan tentang kalah atau menang dalam berkompetisi. Namun bagaimana para siswa-siswi belajar tentang kerja keras, ketahanan, dan kemampuan untuk mengatasi setiap tantangan yang memerlukan solusi kreatif dan inovatif.

Kompetisi ini, lanjutnya, dihadirkan guna membangun komunikasi dan sinergi antar peserta KSM 2023 agar memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan sesama talenta-talenta berbakat dan para profesional di bidang sains. Hal ini menurut Sidik akan membantu para peserta membangun jaringan sosial yang dapat mendukung karier mereka di masa depan.

"Ayo bersiap-siap untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023 dan berikan yang terbaik dalam diri kalian. Bersama-sama, kita akan mendorong pertumbuhan ilmu pengetahuan dan menginspirasi generasi mendatang untuk mencapai prestasi yang luar biasa dalam sains dan teknologi dengan tetap mengedapan nilai-nilai akhlak mulia,” Imbaunya.

Madrasah Hebat Bermartabat (sumber gambar: jambi.kemenag.go.id)

Photo :
  • vstory

Dia juga menyerukan agar seluruh masyarakat mendukung talenta-talenta madrasah berbakat yang akan menjadi ilmuwan masa depan. "Mari kita sambut dengan antusiasme kompetisi yang akan datang. Bersama-sama, kita akan terus memajukan dunia sains dan teknologi Sukses untuk semua peserta, dan semoga kita bisa menyaksikan prestasi yang luar biasa dalam Kompetisi Sains Madrasah Tahun ini,” Tutupnya.

Sekadar informasi, KSM adalah sebuah kegiatan nasional dan tahunan yang dihadiri oleh talenta-talenta berbakat dan terbaik dari berbagai tingkatan pendidikan di seluruh Indonesia. Kompetisi ini hadir memberikan warna bagi generasi penerus bangsa untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan serta melahirkan budaya kritis, kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan dan masalah yang akan dihadapi. 

Kegiatan ini dinilai mampu memperluas wawasan, memotivasi generasi muda untuk menjadi ilmuwan masa depan yang penuh kepercayaan diri, dan mempromosikan pendidikan berkualitas di bidang sains yang dibangun dengan pondasi akhlak dan budi pekerti yang mulia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya