Kisah Nabi Harun AS Bersama Nabi Musa AS Saat Dakwah ke Firaun

Ilustrasi Padang Pasir
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Kisah Nabi Harun tak jauh berbeda dengan kisah nabi Musa. Nabi Musa AS dan Nabi Harun AS ini bersaudara. Dalam kisah Nabi Musa, Nabi Harun turut mendampingi saudaranya saat melakukan dakwah kepada penduduk Mesir, terutama Fir’aun. Berikut kisah nabi Harun AS bersama nabi Musa AS dikutip dari forevermuslim.in.

BPS Sebut Ketimpangan Gender Menurun pada 2023, Ini Buktinya

Kisah Nabi Harun AS Diangkat Menjadi Nabi

Nabi Harun AS (alayhi as-salam) adalah salah satu nabi dalam Al-Qur'an yang disebutkan sebagian besar waktu bersama saudaranya Musa AS (alayhi as-salam). Nabi Harun AS adalah saudara kandung Musa (alayhi as-salam) yang sebenarnya. Juga, banyak riwayat menyebutkan bahwa dia mungkin lebih tua dari Musa AS.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Ketika Allah subhanahu wa ta'ala berbicara kepada Musa AS, dan memberinya kenabian, Musa (alayhi as-salam) membuat doa yang kuat ini kepada Allah yang disebutkan dalam Al Qur'an.

Ilustrasi kisah Nabi Zulkifli.

Photo :
  • U-Report
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

(rabbi ishrah lee sadree, wayassir lee amree, wahlul AAuqdatan min lisanee, yafqahooqawlee).

Ini adalah doa yang sangat kuat dan indah. Tapi, dia melanjutkan dengan mengatakan, (WajAAal lee wazeeran min ahlee). Dia berkata, “Ya Allah, beri aku bantuan. Beri aku penolong dari keluargaku. Seseorang yang bisa saya percayai.” (Haroona akhee), saudaraku Harun akan menjadi hebat. (Oshdud bihi azree), kuatkan punggungku. Kuatkan aku melalui dia. 

Berikan dia kepada saya sebagai dukungan. Allah telah mempercayakan kepadaku. (Waashrik-hu biaya amree). Jadikan dia partner dalam misiku ini. (Kay nusabbihaka katheera), agar kami memuliakan-Mu dengan limpah. (Wanathkuraka katheera), dan kami akan selalu mengingatmu. (Innaka kunta bina baseera), dan Engkau mengawasi kami.

Maka Musa AS memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala untuk mengangkat Harun AS, saudaranya, juga sebagai nabi di sampingnya, dan menjadikannya mitra dalam misi yang dia utus ini. Sering kali kita berbicara tentang tanda kedewasaan dan menjadi pria tangguh adalah mengatakan hal-hal seperti, "Saya bekerja sendiri!" "Saya tidak bekerja dengan mitra mana pun." "Aku serigala tunggal." Nah, Musa AS adalah seorang nabi Allah, dan dia bahkan digambarkan sebagai seorang nabi yang sangat kuat. 

Ilustrasi Nabi Adam.

Photo :
  • U-Report

Pria tangguh, dan dia meminta bantuan. Dia meminta dukungan, dia meminta pasangan dalam misi ini. Jadi ini menunjukkan kepada Anda, mengidentifikasi tugas di depan, dan menyadari apa yang Anda perlukan dalam tugas Anda, adalah kecerdasan.

Sekarang tempat lain dalam Al Qur'an, dalam Surat al-Qasas, surat nomor dua puluh delapan. Allah subhanahu wa ta'ala memberitahu kita tentang Musa (alayhi as-salam) membuat permintaan ini kepada Allah.

Ayat nomor 34 & 35 dalam surah nomor 28. Dia berkata, (Waakhee haroonu), mengapa dia secara khusus meminta Harun AS? Jelas, dia saudara Musa AS, jadi dia bilang (wazeera min ahlee), aku butuh seseorang yang bisa kupercaya. (Waakhee haroonu), katanya, saudaraku Harun, (huwa afsahuminne lisanan), dia jauh lebih fasih berbicara daripada aku. 

Dia jauh lebih baik berbicara daripada saya. (faarsilhu maAAiya), jadi dia berkata, "Ya Allah, jadi kirimkan dia bersamaku." (yusaddiqunee), dia akan membantu saya berkomunikasi dan menyampaikan maksud saya. Dia akan mendukung saya. (innee akhafu an yukaththiboon), karena saya khawatir orang-orang ini mungkin tidak mendengarkan saya. Mereka mungkin mencoba menyebut saya pembohong, dan mencoba menolak saya.

Ilustrasi Nabi Zakaria

Photo :
  • Tangkapan Layar

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, (sanashuddu AAadudakabi-akheeka). “Kami akan menguatkan lenganmu melalui nabimu.” Artinya, Kami akan memberikan dukungan yang Anda butuhkan untuk melaksanakan tugas Anda melalui saudara Anda. Kami akan menjadikan saudaramu sebagai pendukungmu. (wanajAAalu lakuma sultanan), dan Kami akan memberikan kekuasaan kepada kalian berdua. Kami akan mengangkat kalian berdua sebagai nabi Allah. (falayasiloona ilaykuma), dan mereka tidak akan bisa menghubungi Anda. Jadi Harun AS sangat dewasa, sangat cerdas, sangat taat, dan juga sangat fasih dan pandai berbicara. Dia seperti seorang pengkhotbah.

Pelajaran yang kita ambil dari sini adalah bahwa, siapa pun yang bekerja untuk agama, siapa pun yang berjuang untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, ini bukan tentang mengakui apa yang tidak dapat Anda lakukan, tetapi sangat penting untuk memahami, mengidentifikasi, dan mengenali bakat yang dimiliki orang lain. 

Ilustrasi Nabi Khidir

Photo :
  • Bukukita.com

Anda tidak boleh terlalu sombong untuk mengakui bahwa orang lain pandai dalam sesuatu yang tidak Anda kuasai. Itu sangat penting. Kemudian ketika Anda menemukan orang yang memiliki bakat dan kemampuan, dan dapat menyumbangkan sesuatu yang berharga, kenali, akui, pujilah mereka karenanya, rekrut mereka berdasarkan itu. Kami harus memahami bahwa pada akhirnya, kami tidak bersaing satu sama lain. 

Kami semua berada di tim yang sama. Pasukan Islam. Pasukan Allah. Rombongan Rasulullah saw. Tim Al-Qur'an, jadi kami tidak memiliki konflik kecil dan kesombongan dan ketidakamanan ini. Kami merangkul bakat dan kemampuan satu sama lain. Kami memfasilitasi orang-orang untuk dapat berkontribusi dan benar-benar dapat membawa misi lebih jauh melalui bakat dan kemampuannya. Kita melihat seorang nabi besar Allah, Musa AS, mengidentifikasi bahwa di saudaranya Harun.

Harun AS, jika kita melihat riwayat yang mengatakan dia lebih tua dari Musa (alayhi as-salam), itu berarti ini adalah adiknya. Tapi dia tidak terancam oleh itu. Musa AS jelas yang bertanggung jawab. Orang yang memimpin, orang yang memegang tongkat, orang yang menciptakan semua keajaiban, orang yang pergi untuk berkomunikasi dengan Allah di gunung Tur. Namun Harun AS tidak terintimidasi dengan semua itu. Dia tidak ingin melemahkannya, tetapi dia mengerti bahwa dia memiliki kontribusi karena kita semua bekerja untuk tujuan yang sama pada akhirnya; untuk menyenangkan Allah, untuk melayani umat Nabi (salAllahu alayhi wa salam), dan untuk memajukan din ini.

Kisah Nabi Harun AS dan Nabi Musa AS Berdakwah

Ilustrasi Nabi Harun AS dan Nabi Musa AS

Photo :
  • YouTube/ FTD Speaks

Ketika Allah memerintahkan Nabi Musa (as) untuk menyampaikan pesan-Nya kepada Firaun, Musa AS meminta saudaranya Harun AS untuk menemaninya. Keinginan Musa AS dikabulkan oleh Allah. Allah menyatakan bahwa Harun AS telah diizinkan untuk menemani Musa AS untuk mendukung dia dalam misinya ke Firaun serta selama perjuangannya dengan rakyatnya. 

Setelah Allah menyelamatkan Nabi Musa AS dan para pengikutnya dari Firaun dan tentaranya, Musa AS meninggalkan kaumnya untuk beberapa waktu, meninggalkan mereka dalam perawatan Harun AS. Namun, orang-orang kafir di antara suku Nabi Musa AS memanfaatkan ketidakhadirannya; Di bawah pimpinan seorang munafik bernama Samiri, mereka membuat berhala berbentuk anak lembu dan mulai menyembahnya.

Nabi Harun AS, dalam upaya menyelamatkan umatnya dari korupsi, mengingatkan umatnya bahwa tuhan mereka yang sebenarnya adalah Allah. Harun sebelumnya berkata kepada mereka, “Umatku! Itu hanya cobaan untukmu. Tuhanmu Maha Penyayang, maka ikutilah aku dan taatilah perintahku!” (Surat Ta Ha, 90). Namun, mengatakan bahwa mereka akan menyembah anak sapi sampai Nabi Musa AS kembali, kaumnya bersikeras menyangkal.

Mereka berkata, “Kami tidak akan berhenti mengabdikan diri untuk itu sampai Musa kembali kepada kami.” (Surat Ta Ha, 91)
Selama tinggal di Gunung Tur, Nabi Musa AS diberitahu oleh Allah tentang situasi umatnya. Musa AS kemudian kembali ke kaumnya. Percakapan antara Nabi Musa AS dan Harun AS dikutip dalam Al Qur'an sebagai berikut:

Ketika Musa kembali kepada kaumnya dalam kemarahan dan kesedihan yang luar biasa, dia berkata, “Sungguh kejahatan yang kamu lakukan saat aku tidak ada! Apakah kamu ingin mempercepat pembalasan Tuhanmu?” Dia melemparkan Tablet dan memegang kepala saudaranya, menyeretnya ke arahnya. 

“Anak ibuku,” kata Harun, “orang-orang itu mengalahkanku dan hampir membunuhku. Jangan berikan musuhku alasan untuk menertawakanku. Jangan sertakan aku dengan orang-orang yang zalim.” Dia (Musa) berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkan kami ke dalam rahmat-Mu. Engkau adalah Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.” (Surat al-A'raf, 150-151)

Jadi ini adalah kisah Nabi Harun AS yang Allah subhanahu wa ta'ala disebutkan namanya, berkali-kali. Ketika para penyihir jatuh ke dalam sujud dan menyatakan iman mereka kepada Allah dalam Surah Taha, mereka mengatakan (rabi haroona wa musa). Mereka mengatakan kami percaya pada Tuhan, Guru, Raab Harun dan Musa. 

Itulah kisah Nabi Harun dan Nabi Musa yang diutus oleh ALLAH SWT sebagai nabi, serta kisah mereka berdakwah kepada Firaun. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala menjadikan kita lebih seperti para nabi dan rasul Allah yang agung.

Bakrie Amanah.

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

Bakrie Amanah berhasil menghimpun dana zakat, infaq, shodaqoh sebesar Rp 6,5 miliar selama bulan Ramadhan 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024