5 Misteri Suku Dayak yang Sangat Mengerikan Terutama untuk Pria

Tarian perang Suku Dayak
Sumber :
  • ANTARA/ Yusran Uccang

VIVA – Suku Dayak adalah salah satu suku asli yang berada di pedalaman Kalimantan. Suku tersebut dikenal masih mempertahankan budaya, adat istiadat, dan tradisi dari nenek moyangnya sampai sekarang. Menjadi salah satu pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan menawarkan berbagai hal, bukan hanya alamnya yang eksotis, tapi juga berbagai suku yang mendiaminya, salah satunya adalah Suku Dayak. 

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Tak heran bila banyak yang ingin diketahui dari suku khas bumi Borneo tersebut. Termasuk salah satunya adalah larangan-larangan yang berlaku di Suku Dayak. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran dengan salah satu suku yang terkenal di Kalimantan ini, berikut adalah ulasan selengkapnya yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Dilarang Menghina Patung Kayu

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Rumah bentang suku Dayak

Photo :
  • uniknyaindonesiaku.blogspot.com

Bila diperhatikan, Kalimantan mempunyai banyak rumah adat yang didepannya ada patung yang terbuat dari kayu. Konon katanya, patung tersebut bukan sembarang patung, tapi adalah simbol bagi leluhur suku Dayak yang telah meninggal dunia. Larangan yang berlaku mengenai patung kayu tersebut adalah jangan pernah menghina bentuknya, sekalipun di dalam hati. 

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Karena, sudah banyak kejadian orang-orang yang menghina patung tersebut dan kemudian diganggu oleh makhluk halus. Gangguan tersebut akan terus mengikuti orang tersebut sebelum orang yang menghina tersebut meminta maaf kepada pihak keluarga yang dihina. 

2. Bersikap Sopan Ketika Berkunjung ke Makam Suku Dayak

Mengenal Senjata Sumpit Milik Warga Suku Dayak

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Akan menjadi sebuah pengalaman yang unik bila kamu mampir ke salah satu tempat sakral Suku Dayak tersebut. Sebab, cara penguburan suku dayak tersebut cukup unik. Karena, mereka membuat sejenis makam di atas tanah yang memiliki bentuk seperti bangunan balok yang disanggah. Walaupun unik, makam tersebut menyedot daya magis yang cukup kuat. 

Ketika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke makam tersebut, wajib hukumnya untuk selalu bersikap sopan. Hal ini karena masyarakat suku tersebut sangat mengeramatkan kuburan para leluhur. Pengunjung dilarang berkata kasar atau menghina. Bila hal ini terjadi, maka akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

3. Jangan Memandang Rendah Orang Dayak

Suku Dayak Indramayu

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

Telah menjadi keharusan untuk para wisatawan untuk menghormati suku Dayak. Al ini karena suku tersebut mempunyai kekuatan magis di luar nalar. Apalagi bila orang Dayak tersinggung dengan hinaan atau ucapan, maka ia akan mengerahkan kekuatan sebagai bentuk rasa sakit hatinya. Perlu diketahui bahwa suku ini adalah satu suku terkuat di dunia. 

4. Jangan Permainkan Gadis Dayak

Wanita Suku Dayak (Foto U-report)

Photo :
  • U-Report

Suku Dayak adalah salah satu suku penghasil gadis-gadis cantik Siapa saja yang melihat kecantikannya, pasti akan terpikat. Akan tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan untuk para pria mengenai gadis-gadis tersebut. Hal ini berkaitan dengan larangan supaya tidak pernah mengganggu atau mempermainkan gadis Dayak. 

Berdasarkan mitos yang beredar, siapa saja yang mengganggu mereka, apalagi mempermainkannya, dipastikan alat vitalnya akan hilang. Hal ini mungkin terdengar sangat mustahil, tapi sudah banyak cerita mengenai hal tersebut. 

5. Dilarang Main-Main dengan Mandau

Suku Dayak.

Photo :
  • U-Report

Mandau adalah salah satu senjata milik suku Dayak yang paling dianggap keramat. Walaupun memiliki bentuk seperti parang, senjata tersebut tidak dapat digunakan semaunya dan perlu ada alasan khusus. Berdasarkan keyakinan, Mandau yang keluar dari sarungnya akan memakan korban. Maka dari itu, untuk para pendatang jangan main-main dengan senjata tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya