Kisah Nabi Ilyasa AS yang Meneruskan Dakwah Nabi Ilyas AS

Kisah Nabi Ilyasa
Kisah Nabi Ilyasa
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kisah Nabi Ilyasa AS menjadi salah satu dari 25 kisah nabi yang ada di dalam agama Islam. Tentunya setiap kisah nabi perlu kita ketahui dan kita pelajari perjuangan dan keteladannya dalam menyebarkan ajaran Allah kepada umatnya. Salah satunya termasuk kisah Nabi Ilyasa AS yang pada kali ini akan kita bahas. 

Nabi Ilyasa AS merupakan anak angkat dari Nabi Ilyas AS dan keduanya senantiasa melakukan dakwah kepada kaumnya untuk menyebarkan ajaran Allah SWT dan menyembah-Nya. Perjalanan dakwah dari Nabi Ilyasa AS diketahui sangat inspiratif dan menjadi seorang pemimpin yang patut diteladani saat memimpin kaum Bani Israil. Berikut ini akan kita bahas lebih dalam tentang kisah Nabi Ilyasa AS dalam perjalanan dakwahnya. 

Kisah Nabi Ilyasa AS dan Nabi Ilyas AS

Kisah Nabi Yusuf

Kisah Nabi Yusuf

Photo :
  • U-Reporthttps://www.wowmenariknya.com/2018/02/kisah-nabi-yusuf-berdoa-ingin-dipenjara-daripada-tergoda-wanita-cantik.html

Nabi Ilyasa AS sendiri adalah anak kandung dari Asbath, kemudian diangkat menjadi anak oleh Nabi Ilyas AS sehingga kisah keduanya sangat berkaitan erat. Dalam kisahnya, Nabi Ilyas AS diketahui pernah melarikan diri dan dari kejaran kaumnya yang durhaka. Para kaumnya tersebut tidak patuh kepada Nabi Ilyas AS sehingga mereka dibe azab berupa kemarau panjang. Karena hal itu mereka marah dan mengejar Nabi Ilyas AS. 

Rumah Nabi Ilyasa AS lah yang menjadi tempat persembunyian Nabi Ilyas AS dari kejaran para kaumnya yang durhaka. Dari situlah Nabi Ilyasa AS dan Nabi Ilyas AS dipertemukan. Saat itu Ilyasa AS masih sangat kecil tapi sudah mengalami sakit keras. Nabi Ilyas AS yang melihat kondisi dari Nabi Ilyasa AS tersebut pun akhirnya memohon kepada Allah SWT agar penyakitnya disembuhkan. Setelah itu hubungan keduanya menjadi sangat dekat dan bahkan Nabi Ilyasa AS selalu diajak oleh Nabi Ilyas AS untuk ikut berdakwah. 

Nabi Ilyasa AS  Meneruskan Dakwah Nabi Ilyas AS

Kisah Nabi Yakub

Kisah Nabi Yakub

Photo :
  • U-Report

Nabi Ilyasa AS kemudian meneruskan  Nabi ilyas AS yang wafat untuk melakukan dakwah kepada kaum Bani Israil. Diketahui setelah wafatnya Nabi ilyas AS, kaum Bani Israil yang tadinya sudah mulai berada di jalan Allah SWT malah kembali menyembah berhala dan durhaka serta menyekutukan Allah SWT. Maka dari itulah Nabi Ilyasa AS meneruskan perjuangan dakwah dari Nabi Ilyas AS, karena dirinya tersadar bahwa manusia begitu mudah lalai dan memilih kembali jalan yang sesat. 

Berdasarkan hal tersebut, Nabi Ilyasa AS pun terus berusaha untuk mengembalikan kaumnya yang kembali ke jalan sesat untuk kembali ke jalan yang benar yakni menyembah Allah SWT. Meskipun ada berbagai rintangan yang ia lalui, namun dirinya terus menyerukan kepada kaumnya untuk hanya menyembah Allah SWT. Tak lupa juga selalu diingatkan oleh Nabi Ilyasa AS kepada kaumnya tentang adanya hari akhir bagi manusia dan juga adanya surga dan neraka. 

Kisah Nabi Ilyasa AS Menjadi Pemimpin yang Bijaksana

Ilustrasi Nabi Muhammad hendak berperang.

Ilustrasi Nabi Muhammad hendak berperang.

Photo :
  • U-Report

Nabi Ilyasa AS juga merupakan raja dan pemimpin yang dikenal bijaksana. Tatanan masyarakat yang makmur dan sejahtera berhasil diciptakan oleh Nabi Ilyasa AS selama dirinya memerintah. Nabi ilyasa AS juga disebut sebagai raja yang dimana menyerahkan kerajaan kepada Nabi Dzulkifli. Hal itu terdapat di dalam beberapa riwayat. 

Dalam kisahnya Nabi Ilyasa AS disebutkan tidak memiliki satupun keturunan. Sehingga kerajaannya diwariskan kepada orang yang mampu memenuhi syarat. Nabi Ilyasa AS mengumumkan bahwa tahtanya akan  diberikan kepada orang-orang yang mampu menjalani syarat seperti berpuasa saat siang hari, beribadah pada malam hari dan tak pernah marah. 

Kisah Nabi Ilyasa As dan Teladannya

Dalam kisah Nabi Ilyasa AS ini mengandung nilai yang patut diteladani yakni hendaknya kita menjadi orang yang selalu bersikap untuk  pantang menyerah dan selalu berusaha. Selama Nabi Ilyasa AS melakukan dakwah, kaum Bani Israil yang menyakitinya selalu dimaafkan. Selama sisa hidupnya, dakwah untuk umat nabi Ilyas AS juga menjadi misinya untuk diteruskan dan selalu beriman serta berada di jalan Allah SWT. 

Hikmah yang Terkandung dalam Kisah Nabi Ilyasa AS 

Berdasarkan kisah Nabi Ilyasa AS yang sudah diceritakan di atas terdapat beberapa hikmah yang dapat diambil dan dijadikan sebagai teladan oleh umat Islam sebagai berikut: 

  • Nabi Ilyasa AS adalah sosok pemimpin yang baik dan biaksana karena mampu menciptakan tatanan masyarakat yang rukun, damai, makmur dan sejahtera dengan berada di bawah lindungan Allah SWT
  • Mengajarkan kita betapa pentingnya untuk mematuhi pemimpin. Hal itu bisa terlihat dari kaum Bani Israil yang selalu patuh dan taat pada segala perintah yang diserukan. Sehingga Allah SWT memberikan mereka hidup yang aman dan makmur.
  • Mengingatkan kita untuk selalu percaya bahwa Allah akan memberikan azab bagi setiap umat yang durhaka kepada Allah SWT. 

Itulah kisah Nabi Ilyasa AS yang perlu diketahui oleh umat Islam dan menjadi teladan. Dengan kisah ini semga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua dan senantiasa meneladani kisah-kisah nabi dan rasul. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang ingin mengetahui tentang kisah dari Nabi Ilyasa AS.