8 Tradisi Unik Hari Valentine dari Berbagai Negara di Dunia

Hari Valentine
Sumber :
  • Pixabay/ JillWllington

VIVA – Ada beberapa tradisi unik Hari Valentine dari berbagai negara yang mungkin jarang kamu ketahui. Hari Valentine sendiri bukan hanya sekadar memberikan bunga atau cokelat untuk mengungkapkan rasa kasih sayang kepada pasangan. Tidak juga hanya diisi dengan makan malam romantis bersama dengan pasangan. Namun di beberapa negara memiliki tradisi unik untuk merayakan Hari Valentine tersebut. Kebiasaan di masing-masing negara tentunya berbeda-beda. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Misalnya di Amerika Serikat, mereka akan memenuhi rak dengan boneka beruang dan sekotak cokelat khas Valentine. Namun, tidak setiap negara memakai kartu ucapan dan permen dengan bentuk hati untuk menyatakan kasih sayang. Beberapa orang menukarkan sendok kayu dengan bunga yang ditekan. Nah, untuk kamu yang penasaran mengenai tradisi unik Hari Valentine, simak ulasan berikut ini yang disadur dari Cnet.

1. Prancis

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Pemandangan di Paris, Prancis.

Photo :
  • Pexels

Menyandang sebagai salah satu negara paling romantis di dunia, tidak heran bila Prancis telah lama merayakan Hari Valentine sebagai hari kasih sayang. Menurut pemberitaan bahwa kartu Hari Valentine pertama berasal dari Prancis saat Charles, Duke of Orleans, mengirimkan surat cinta kepada sang istri yang tengah mendekam di penjara Menara London tahun 1415. 

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Hingga saat ini, kartu Hari Valentine tetap menjadi tradisi populer di Prancis dan seluruh dunia. Tradisi unik Hari Valentine yang lain adalah leterie d’amour yang menggambar cinta. Pria dan wanita akan mengisi rumah yang berhadapan satu sama lain lalu bergiliran untuk memanggil satu sama lain dan berpasangan. Pria yang tidak puas dengan jodoh mereka bisa meninggalkan untuk wanita yang lain. 

2. Inggris

Tower Bridge London.

Photo :
  • Pixabay

Tradisi unik Hari Valentine berikutnya datang dari Inggris yang mana perempuan di Inggris akan meletakkan lima lembar daun salam di bantal mereka, satu di setiap sudut dan satu di tengah. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan impian calon suami mereka. Cara yang lain adalah dengan membasahi daun salam dengan menggunakan air mawar dan meletakan di atas bantal mereka. 

Sementara di Norfolk, Jack Valentine akan bertindak menjadi Sinterklas. Anak-anak akan cemas menunggu untuk mendengar Jack Valentine mengetuk pintu rumah mereka. Walaupun tidak akan melihat Old Father Valentine, anak-anak akan menikmati permen serta hadiah yang akan ditinggalkan di beranda rumah mereka. 

3. Filipina

Salah satu tempat wisata di Manila

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

Walaupun perayaan Hari Valentine di Filipina sangat mirip dengan negara Barat, satu tradisi yang dilakukan di negara ini dan mengakibatkan ribuan pasangan berbagi hari pernikahan pada 14 Februari. 

Upacara pernikahan massal ini sudah memperoleh popularitas di negara ini dalam beberapa tahun belakangan. Sehingga mengakibatkan ratusan pasangan berkumpul di mal atau tempat umum lain di seluruh negeri untuk menikah atau memperbarui sumpah mereka secara bersama-sama. 

4. Ghana

Ilustrasi cokelat.

Photo :
  • U-Report

Tradisi unik Hari Valentine di Ghana adalah dengan menjadikan Hari Cokelat Nasional. Pemerintah Ghana menetapkan bahwa Hari Cokelat Nasional bertepatan dengan Hari Valentine tahun 2007 lalu sebagai salah satu cara untuk menguatkan tingkat penjualan cokelat dan pariwisata di negara tersebut. 

Tradisi unik Hari Valentine ini juga dimaksudkan sebagai salah satu cara untuk kaum muda yang ingin melakukan hubungan suami istri dengan menyalurkan energi romantis merek ke dalam sebuah cokelat. Ghana sendiri adalah salah satu negara dengan penghasil kakao terbesar di dunia saat ini. 

5. Korea Selatan

Kali Cheonggyecheon, salah satu tujuan wisata favorit di Kota Seoul, Korea Selatan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Hari Valentine merupakan hari libur populer untuk masyarakat muda di Korea Selatan dan dirayakan setiap bulan Februari sampai April. Pemberian hadiah tersebut diawali tanggal 14 Februari saat wanita merayu pria dengan sebuah cokelat, permen, atau bunga. Kemudian 14 Maret sebagai Hari Putih, karena pria bukan hanya memberikan cokelat atau bunga, tapi juga hadiah. 

Untuk mereka yang tidak mempunyai banyak hal untuk dirayakan baik di Hari Valentine atau Hari Putih, ada Hari Hitam. Tanggal 14 April adalah kebiasaan untuk para lajang dalam meratapi status kesendirian mereka dengan mengonsumsi semangkuk jajangmyeon hitam atau mie pasta kacang hitam. 

6. Denmark

Kota Thisted di Denmark

Photo :
  • esys

Walaupun Valentine adalah hari libur yang bisa dibilang baru, karena dirayakan sejak tahun 1990, negara ini sudah  merayakannya dengan sentuhan Denmark. Bukan hanya mawar, seorang teman dan kekasih akan bertukar bunga putih yang dikatakan sebagai tetesan salju. Pada awalnya, kartu kekasih merupakan kartu transparan yang memperlihatkan gambar pemberi kartu. 

Istila tersebut kemudian identik dengan kartu pertukaran di Hari Valentine. Di hari tersebut, para pria juga akan memberikan wanita gaekkebrev, sebuah lelucon yang terdiri dari puisi atau sajak lucu yang ditulis dalam sebuah kertas. Kertas tersebut dipotong rumit dan hanya ditandatangani dengan titik-titik anonim. 

7. Afrika Selatan

Tinyeleti Treehouse, Afrika Selatan.

Photo :
  • U-Report

Layaknya negara-negara di dunia, Afrika Selatan juga merayakan Hari Valentine dengan melaksanakan acara festival, bunga, dan tanda cinta yang lain. Hal ini juga menjadi kebiasaan untuk wanita di Afrika Selatan untuk memakai hati di lengan baju setiap tanggal 14 Februari. Para wanita akan menyematkan nama orang yang disukai di lengan baju mereka. 

8. Brasil

Pao de Acucar, Rio de Janeiro, Brasil.

Photo :
  • U-Report

Dengan Karnaval yang kerap diadakan di sekitar bulan Februari Maret, masyarakat Brasil melewatkan Hari Valentine dengan merayakan Dia Dos Namorados atau Hari Pecinta setiap tanggal 12 Juni. Selain bertukar cokelat, bunga dan kartu yang umum, festival musik dan pertunjukan dilaksanakan di seluruh negeri. 

Tradisi unik Hari Valentine di negara ini adalah orang-orang yang merayakan dengan bertukar hadiah dan berbagi makan malam bersama dengan teman dan kerabat. Hari berikutnya adalah Hari Santo Antonius yang menghormati santo pelindung pernikahan. Di hari ini, para wanita lajang akan melakukan ritual yang dinamakan simpatias atau harapan memiliki suami. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya