Kemampuan Ini yang Bisa Bantu Generasi Muda Taklukan Tantangan

Ilustrasi anak muda.
Sumber :
  • ist/bondclinic

VIVA – Generasi muda merupakan ujung tombak yang akan membawa Indonesia menjadi bangsa pemenang di masa depan. Hal tersebut bukanlah tugas mudah. Perubahan kompleks dan serba cepat menuntut para pemuda memiliki keterampilan beragam dalam menghadapi persaingan ketat dengan bangsa-bangsa lain.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Mereka diharapkan memiliki pola pikir berkembang atau growth mindset agar mampu bertahan di tengah kompleksnya permasalahan di masa mendatang. Bahasan mengenai pentingnya growth mindset jadi topik bahasan dalam materi Gritty Leadership. Sesuai namanya, gritty leadership adalah jiwa kepemimpinan yang pantang menyerah, tangguh dan konsisten demi mewujudkan visi yang dicita-citakan. Pola pikir ini bertumpu pada dua elemen utama yakni core value (nilai inti/prinsip utama seseorang) serta core purpose (tujuan utama seseorang).

Tema ini yang dibawakan Galuh Paskamagma pada pelatihan Leadership Development Beswan Djarum 2021/2022. Pada kesempatan itu Galuh menuturkan growth mindset.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Ilustrasi kesuksesan anak muda dalam berbisnis

Photo :
  • vstory

Hal itu merupakan pola pikir yang wajib dimiliki generasi muda bila ingin meraih kesuksesan di masa mendatang. Berbeda dengan fixed mindset yang hanya bertumpu pada kemampuan dasar dan bakat semata, growth mindset justru mampu membuat seseorang lebih berkembang karena senantiasa menambah  wawasan dan mau menerima saran serta kritikan dari orang lain. 

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

“Bila orang dengan fixed mindset akan cenderung merasa gagal ketika dikritik serta tidak mau menerima masukan dan perubahan, orang-orang dengan growth mindset justru akan lebih tanggap terhadap perubahan dan permasalahan di sekitarnya. Mereka akan lebih tangguh karena mereka mampu mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih kompleks,” kata Galuh.

Guna mengasah hal tersebut generasi muda khususnya diarahkan agar memiliki growth mindset atau pola pikir berkembang supaya tidak mudah menyerah saat menghadapi berbagai perubahan yang dinamis.

Ilustrasi Pelatihan Generasi Muda

Photo :
  • ist

“Generasi muda harus mampu mengembangkan growth mindset supaya tidak mudah menyerah dan terus berusaha meraih target sesuai dengan visinya. Salah satu cara menumbuhkan sikap ini ialah dengan menumbuhkan jiwa gritty leadership di dalam diri masing-masing,” kata Galuh.

Pelatihan yang diselenggarakan secara daring ini diikuti oleh 520 mahasiswa penerima program Djarum Beasiswa Plus angkatan 2021/2022 dari 90 universitas di Tanah Air.

Sejalan dengan pembekalan soft skills bagi Beswan Djarum, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2022/2023. Pendaftaran bisa dilakukan secara online mulai 21 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya