9 Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim Malaysia, Terbaru Reog Ponorogo

Reog Ponorogo Ikut Meriahkan Hari Buruh
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Ada beberapa warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia dalam beberapa waktu belakangan. Persoalan klaim mengklaim kebudayaan ini memang sering memanaskan hubungan antara Indonesia dengan negara tetangga. Warganet biasanya langsung bereaksi dengan keras bila ada unsur kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga. Dari tahun ke tahun, klaim budaya Tanah Air ini sepertinya tak pernah surut. 

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Kasus tersebut paling banyak dilakukan oleh negara tetangga, Malaysia. Hubungan masyarakat Indonesia dengan negeri Jiran tersebut sering naik turun. Beberapa negara tetangga memang memiliki kemiripan dengan budaya Indonesia karena kemiripan akar budaya. Tapi, tentu saja hal ini bukan alasan untuk mengklaim budaya yang sudah jelas milik Indonesia. Nah, menyadur dari berbagai sumber berikut adalah ulasan tentang warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia. 

1. Wayang Kulit

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Wayang Kulit

Photo :
  • Wayang kulit

Wayang kulit adalah seni tradisional yang telah lama berkembang di Indonesia. Wayang kulit awalnya berkembang di Istana, tapi seiring berkembangnya zaman, warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia ini menyebar menjadi pertunjukkan di kalangan rakyat. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Malaysia pernah mengklaim bahwa wayang kulit adalah bagian dari budaya mereka. Hal ini karena ada beberapa orang Indonesia yang menetap di Malaysia dan membuat pertunjukkan seni tersebut. Tapi beruntung karena secara resmi UNESCO menetapkan wayang kulit sebagai warisan budaya Indonesia pada 27 November 2003. 

2. Batik

Batik di film Disney, Raya and the Last Dragon.

Photo :
  • Walt Disney Pictures

Malaysia pernah mengatakan bahwa kesenian batik katanya telah menjadi bagian dari kebudayaan mereka sejak lama. Tidak terima dengan klaim ini, pemerintah Indonesia kemudian mengirimkan nota keberatan untuk Pemerintah Malaysia. 

Tidak mau kecolongan untuk kedua kalinya, Indonesia kemudian mendaftarkan batik ke UNESCO tanggal 3 September 2008. Setahun setelah itu, tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO mengakui bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia. 

3. Lagu Rasa Sayange

Lagu daerah.

Photo :
  • U-Report

Warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia berikutnya adalah lagu daerah Rasa Sayange. Akan tetapi, sebenarnya lagu tersebut adalah ciptaan dari Paulus Pea yang berasal dari Maluku dan tercatat pada tahun 1958 di Lokananta, Solo. Lagu tersebut pernah diklaim negeri Jiran sebagai iklan pariwisata Malaysia, kemudian muncul lagu Rasa Sayange. 

Sontak, hal tersebut membuat warganet bereaksi keras, tapi ketegangan antara dua negara tetangga ini berhasil diredam oleh Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia Rais Yatim. Secara resmi ia mengakui bahwa lagu Rasa Sayange adalah kebudayaan milik Indonesia. 

Kesenian Reog Ponorogo di Myanmar

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Reog Ponorogo juga menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia. Malaysia mengklaim bahwa kesenian ini sebagai warisan budaya milik mereka pada tahun 2007 lalu. Akan tetapi, baru-baru ini tersiar kabar bahwa Malaysia berencana untuk mengajukan bahwa Reog Ponorogo sebagai warisan dunia UNESCO milik Malaysia. 

Diketahui bahwa Ponorogo sendiri adalah salah satu nama daerah di Indonesia, tepatnya di Provinsi Jawa Timur, maka klaim Malaysia terhadap Reog Ponorogo lemah. Pada saat itu Duta Besar Malaysia untuk Indonesia langsung membantah bahwa Malaysia pernah mengklaim Reog Ponorogo menjadi warisan budaya mereka. 

Namun, menurut pemberitaan VIVA sebelumya, Menko PMK Muhadjir Effendy meminta supaya pemerintah Ponorogo segera mengusulkan Reog Ponorogo ke UNESCO dan mempersiapkan berbagai data yang diperlukan, karena Malaysia juga akan mengajukan hal tersebut. Di sisi lain, Bupati Ponorogo juga akan berusaha dan bekerja keras agar dunia mengakui Reog Ponorogo. 

5. Rendang

daging rendang

Photo :
  • U-Report

Siapa yang tidak mengetahui makanan lezat yang satu ini, kita semua sudah mengetahui bahwa Rendang adalah makanan khas dari Padang, Sumatera Barat. Menurut informasi makanan terenak di dunia, Rendang juga dikatakan sebagai salah satunya. 

Akan tetapi, makanan rendang ini juga menjadi warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia. Padahal hanya karena warga Padang, Sumatera Barat yang menetap di Malaysia dan kerap memasak Rendang tersebut. 

6. Tari Pedet dan Tari Piring

Tari Piring dari Sumatra Barat.

Photo :
  • U-Report

Kita semua sudah mengetahui bahwa Tari Pedet ini merupakan salah satu kesenian dari adat Bali, sementara Tari Piring merupakan kesenian adat Sumatera Barat. Tapi, masyarakat Indonesia pernah dikejutkan dengan temuan bahwa kedua warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia. 

Bahkan, Malaysia juga pernah mengklaim bahwa kedua tarian tersebut adalah warisan budaya mereka. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia merasa kesal dengan hal tersebut dan langsung marah kepada Malaysia. 

7. Kuda Lumping

kuda lumping

Photo :
  • U-Report

Kesenian khas Jawa tersebut juga menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia. Pemerintah Malaysia berasalan bahwa klaim tersebut menjadi budaya mereka karena banyak orang-orang Jawa yang tinggal di Malaysia dan kemudian mewariskan budaya tersebut kepada anak-anak di Malaysia.

8. Keris

Dua Keris Nogo Siluman versi Fadli Zon.

Photo :
  • Fadli Zon

Kita juga sudah tidak asing dengan salah satu senjata tradisional Jawa, tapi beberapa suku di Tanah Air juga kerap memakai benda yang satu ini. Tapi siapa sangka bahwa warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia. Negeri Jiran meyakini bahwa Keris adalah warisan budaya dari nenek moyang mereka. 

Hal ini tentu saja kembali memancing perdebatan antara masyarakat Indonesia dengan Malaysia. Akan tetapi, pada 25 November 2005 akhirnya UNESCO menetapkan bahwa Keris sebagai lambang budaya warisan milik Indonesia. 

9. Angklung

Angklung.

Photo :
  • angklung-udjo

Masyarakat Indonesia tentu saja sudah mengetahui bahwa Angklung adalah alat musik khas Sunda. Tapi, oleh Malaysia alat musik yang satu ini pernah diklaim sebagai warisan budaya milik mereka. Setelah perdebatan yang alot antara Indonesia dan Malaysia, pada akhirnya Angklung terdaftar sebagai Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia di UNESCO pada November 2010. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya