17 Logo Terkenal di Dunia dengan Pesan Rahasia, No 6 Mengejutkan

Rolex
Sumber :
  • famouslogos.net

VIVA –  Siapa sangka jika logo terkenal di dunia memiliki pesan rahasia. Logo tersebut mempunyai makna yang sesuai dengan visi misi perusahaannya. Namun dari bentuk logo terkenal tersebut juga ada pesan tersirat yang dapat dilihat secara jeli dan cermat. Dalam dunia periklanan, desain logo dan branding adalah salah satu pilar utama identitas perusahaan. Dibalik logo yang sepertinya tampak sederhana terdapat banyak pemikiran yang lebih. Desain logo menunjukkan identitas, ciri khas dan filosofi sebuah perusahaan.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Berikut beberapa logo terkenal di dunia yang memiliki makna rahasia:

1. Apple

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Logo Apple.

Photo :
  • Yahoo Finance

Apple adalah salah satu perusahaan raksasa gawai terkenal di dunia. Sesuai namanya, Apple memiliki lambang buah apel yang sudah digigit. Semua itu diawali oleh Rob Yanov, pencetus logo Apple ketika ia membeli sekantung apel.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Saat itu, ia menggigit apel tersebut dari samping. Ia mengatakan bahwa ini suatu kebetulan dan menyadari bahwa ‘menggigit’ yang dalam bahasa Inggris ‘bite’ terdengar sama dengan istilah komputer ‘byte’. Awalnya, logo tersebut dibuat berwarna-warni. Kemudian Steve Jobs mengubanya menjadi warna monokrom.

2. Toblerone

Toblerone

Photo :
  • Toblerone

Apakah Anda menyadari ada seekor beruang pada logo coklat terkenal yang satu ini? Jika Anda perhatikan lebih baik, Anda bisa melihat sebuah gunung dan beruang pada logo tersebut. Perusahaan yang berbasis di Bern, Swiss ini memasukkan gambar beruang karena memang Bern disebut kota beruang. Coklat yang berasal dari Switzerland tersebut memiliki logo yang cukup unik dan mudah diingat.

3. Unilever

Logo Unilever.

Photo :
  • Unilever.co.uk

Unilever adalah perusahaan konsumen yang memiliki begitu banyak merek di dunia. Unilever memiliki logo bentuk 'U' yang di dalamnya terdapat 25 ikon mini, seperti sendok, es krim, dan hati yang memiliki makna cinta. Logo tersebut mewakili beberapa aspek dari upaya Unilever membuat kehidupan yang berkelanjutan di masa depan.

4. Baskin Robbins

Baskin Robbins

Photo :
  • Baskin Robbins

Kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan perusahaan es krim raksasa ini. Logo “B” dan “R” merupakan logo yang sudah diubah pada 2006 silam. Jika diperhatikan, terdapat angka 31 berwarna merah muda yang mewakili bahwa Baskin-Robbins memiliki 31 rasa es krim yang berbeda-beda

5. Wendy’s

Wendys

Photo :
  • Wendys

Jika Anda memperhatikan logo ini dengan seksama, Anda dapat menemukan kata ‘ibu’ pada kerah baju yang dipakai oleh wanita pada logo tersebut. Logo ini mengingatkan Anda bahwa kalau Anda mengingat masakan ibu, Anda bisa pergi ke Wendy’s.

6. McDonalds

Gerai waralaba McDonald.

Photo :

Siapa yang tidak pernah melihat logo restoran cepat saji terkenal ini. Seperti yang kita ketahui, McDonald’s memiliki logo lengkungan huruf M berwarna emas. Logo tersebut awalnya diciptakan oleh Stanley Meston, yang merancang bangunan pertama McDonald.

Dua lengkungan yang ada pada huruf M tersebut dimaksudkan untuk melindungi pelanggan dari hujan ketika mereka berhenti di restoran. Adapula yang mengatakan bahwa lengkungan tersebut merupakan simbolisasi dari sepasang payudara yang sehat. Sekitar tahun 1960-an, psikolog bernama Louis Cheskin membujuk manajemen untuk mempertahankan logo tersebut karena mudah dikenali.

7. Amazon

Logo Amazon.

Photo :
  • famouslogos.net

Amazon merupakan situs belanja online terbesar di dunia saat ini. Didirikan oleh Jeff Bezos, Amazon ternyata memiliki pesan di balik logo perusahaan yang kita kenal selama ini.

Tanda panah kuning tersebut bukanlah lambang senyum, melainkan menggambarkan moto utama Amazon untuk menjaga pelanggan tetap bahagia. Panah yang menunjukkan dari A ke Z juga memiliki arti bahwa mereka menjual produk secara lengkap dan sesuai harapan.

8. FedEx

FedEx

Photo :
  • Fortune

FedEx merupakan perusahaan jasa pengiriman logistik asal Amerika Serikat. FedEx memiliki logo sederhana yang terkenal dengan tulisan ‘Fed’ berwarna biru dan ‘Ex’ berwarna merah. Namun jika dilihat lebih teliti, logo tersebut menyimpan pesan tersembunyi.

Kamu akan melihat panah yang menujukkan ke arah kanan warna putih di antara huruf E dan X. Panah putih tersebut mewakili kecepatan dan presisi dari perusahaan tersebut. Perusahaan juga berkomitmen bahwa barang yang diantarkan akan cepat sampa

9. Marcedes-Benz

Logo Marcedes Benz

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Mercedes-Benz memiliki logo berbentuk bintang yang dikaitkan dengan simbol kemewahan. Laman The News Wheel mengatakan bahwa, logo Mercedes-Benz awalnya bukanlah sebuah logo, melainkan bintang yang digambar di kartu pos.

Pada 1870, Gottlieb Daimler mengirim kartu pos untuk istrinya menggunkan logo tersebut di atasnya. Logo bintang dianggap membawa kemakmuran atas cahayanya yang bersinar. Tiga titik bintag tersebut juga melambangkan elmen tanah, laut, dan udara.

10. Hermes

Logo Hermes

Photo :
  • famouslogos.net

Dilansir dari famouslogos, gambar yang ada di logo tersebut ditafsirkan, merupakan identitas sederhana perusahaan yang merupakan produsen pelana kuda. Warna oranye di logo itu juga memberikan kesan khas dan otentik produk yang dikeluarkan.  Sementara itu, untuk huruf yang digunakan, Hermes menggunakan jenis huruf Memphis. Namun, huruf yang awalnya dirancang oleh Rudolf Wolf pada 1929 itu sedikit dimodifikasi untuk memberi kesan khas.

11. Toyota

Toyota

Photo :
  • Toyota
.

Banyak orang yang salah mengartikan logo Toyota yang berasal dari Jepang ini sebagai seseorang yang memakai topi koboi, namun dalam kenyataannya, logo tersebut merupakan gambar sebuah jarum dengan benang yang melewatinya. Logo ini adalah petunjuk pada masa lalu perusahaan yang digunakan untuk memproduksi mesin tenun. Tapi jika Anda melihat lebih dekat, terdapat huruf dari nama perusahaan tersebut yang diuraikan dari bagian individu logo itu sendiri.

12. Sony Vaio

Sony VAIO VGN P15G

Photo :
  • sonystyle.com

Namanya memang Vaio, tapi ada makna matematis di logo ini. Di mana huruf V dan A adalah simbol dari sinyal analog lalu huruf I dan O adalah simbol sinyal digital. Di mana Sony ingin mengubah teknologi analog menjadi digital lewat Sony Vaio mereka.

13. Coca-Cola

Coca-cola

Photo :
  • Berbagai sumber

Kita memang tidak sadar bahwa di dalam logo Coca-Cola ini terdapat sebuah bendera negara yang dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia, yaitu Denmark. Jika jeli, Anda bisa menemukan bendera Denmark pada huruf O yang ada di kata Cola.

14. Carrefour

Carrefour

Photo :
  • Berbagai sumber

 Logo ini punya warna merah, putih, biru. Itu adalah warna bendera Prancis, negara asal Carrefour. Ada simbol panah kanan dan kiri yang melambangkan penyebaran Carrefour ke seluruh dunia. Sementara, warna putih di bagian tengah juga bisa dibaca sebagai C untuk Carrefour

15. LG

Logo LG

Photo :
  • LG

Perusahaan elektonik yang berasal dari Korea Selatan ini memiliki logo yang berbentuk seperti wajah seseorang. Menurut perusahaan, logo ini dibuat untuk  mewakili aspirasi yang menjaga hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

16. Rolex

Rolex

Photo :
  • famouslogos.net

Logo brand fashion lainnya yang sudah familiar di masyarakat yakni logo mahkota Rolex. Logo tersebut merupakan perwujudan visual dari slogan perusahan jam tangan mewah tersebut. Bagi sang pendiri Hans Wilsdorf dan Alfred Davis, gambar mahkota yang sudah digunakan sejak 1903 tersebut mencerminkan sebuah reputasi, kesuksesan dan juga kesempurnaan.

17.Pinterest

Pinterest

Photo :
  • Pinterest

Logo situs internet populer Pinterest, yang digunakan orang untuk mengumpulkan gambar yang mereka sukai dari internet. Bentuk 'pin' menjadi ciri pemberitahuan online mereka, memiliki gambar pin yang disembunyikan dalam huruf P.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya