Toyota dan Daihatsu Reformasi Besar-besaran

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA/Purna Karyanto

Jepang, 9 April 2024Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Company mengumumkan reformasi besar-besaran, dalam struktur bisnis mereka di wilayah Asia.

Puing Pesawat yang Jatuh di BSD Diangkut ke Dua Kendaraan Berat

Reformasi ini bertujuan untuk menjadikan Daihatsu sebagai perusahaan mobilitas yang berfokus pada kendaraan mini di masa depan, sekaligus meningkatkan kolaborasi dan kemandirian kedua perusahaan di Asia.

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Toyota, sebelumnya Toyota dan Daihatsu bekerja sama dalam Emerging-market Compact Car Company untuk menangani perencanaan produk mobil kompak di pasar berkembang.

Kemenhub Tegaskan Bus Tak Laik Jalan Bisa Kena Sanksi Pidana

Namun, perusahaan ini akan dibubarkan. Fungsi perencanaan produk akan dialihkan ke Toyota Compact Car Company, sedangkan Daihatsu akan fokus pada pengembangan dan produksi kendaraan mini.

Copen Local Base Kamakura, diler masa depan Daihatsu di Kanagawa, Jepang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto
Grab Indonesia Tegaskan Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif Angin Segar Bagi Industri

Sebagai bagian dari reformasi, Toyota akan mengambil alih tanggung jawab penuh atas pengembangan dan sertifikasi seluruh kendaraan Daihatsu di luar negeri.

Daihatsu akan bertindak sebagai kontraktor untuk proses pengembangan, memungkinkan Toyota untuk memanfaatkan keahlian Daihatsu dalam kendaraan mini dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan standar keselamatan global.

Fungsi manajemen bisnis dan produk Daihatsu di luar negeri akan dialihkan ke Business and Sales Unit Toyota. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi, serta memperkuat sinergi antara kedua perusahaan.

Toyota dan Daihatsu juga akan memperkuat kemitraan di berbagai bidang, termasuk subkontrak, manajemen sumber daya, dan optimasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing kedua perusahaan di pasar global.

Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Company (TDEM) dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (TMAP) akan digabungkan menjadi Toyota Motor Asia (TMA), sebagai bagian dari Asia Region Toyota.

TMA akan berfungsi sebagai kantor pusat regional untuk Toyota dan Daihatsu di Asia, dan diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan kemandirian kedua perusahaan di kawasan tersebut.

VIVA Otomotif: Pabrik Toyota

Photo :
  • Carscoops
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya