Sandiaga Uno Sambut Baik Seribu UMKM Dapat HKI Gratis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Satria Zulfikar (Mataram)

VIVA – HKI merupakan Hak Kekayaaan Intelektual. Jika suatu karya atau merek dagang sudah terdaftar maka akan memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan perundang-undangan di bidang HKI.

Genjot Pengembangan Ekonomi Syariah, Bank Jago Kasih Buktinya

Mengutip situs Kemenparekraf, keberadaan HKI bisa menjadi sumber peningkatan penghasilan bagi para pelaku ekonomi kreatif. Contohnya, jika suatu ide telah mendapatkan HKI, kemudian digunakan oleh orang lain, maka pemegang hak tersebut berhak mendapatkan royalti atas kepemilikan ide itu.

Selani itu, kepemilikan HKI juga memengaruhi kemudahan suatu produk untuk menembus pasar global. Tanpa adanya Hak Kekayaan Intelektual, suatu produk berpotensi dikembalikan karena dianggap melanggar merek dagang, dan tidak ada perlindungan rahasia dagangnya.

Subak Jatiluwih Bali Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik Dunia Versi UN Tourism

Sandiaga Uno

Photo :
  • ist

Maka hal ini penting untuk mereka yang sedang membangun usaha, tidak terkecuali UMKM. Pentingnya pengetahuan tentang HKI di tengah pesatnya digitalisasi juga harus direspons oleh para pelaku ekonomi kreatif. Hal itu karena dengan pesatnya penggunaan media sosial tidak menutup kemungkinan suatu ide kreatif menjadi viral, dan berpotensi besar mengalami pencurian ide.

Pemkot Gelar Nobar Laga Indonesia vs Irak di Depan Balai Kota Solo, Gibran Ikut?

Maka Menparekraf, Sandiaga Uno berterima kasih kepada pihak yang telah membantu mensosialisasikan tentang ini. Salah satunya yang diucapkan Sandiaga Uno kepada pihak yang memberikan 1000 HKI gratis kepada UMKM.

"Terimakasih kepada ISGroup Consulting atas pemberian 1000 HKI gratis, dan memang ke depan HKI akan dijadikan salah satu jaminan permodalan kepada perbankan untuk UMKM. Selamat juga atas soft launching ISGroup Consulting, aplikasi yang berbasis digital. Ini beriringan dengan di Kemenparekraf yang juga ada bagian digitalisasinya," kata Sandiaga Uno baru-baru ini.

Sandiaga Uno diberi hadiah khusus dari pelaku UMKM Kriya

Photo :
  • Istimewa

Melalui ISGroup Consulting, para penggunanya bisa berkonsultasi secara online perihal layanan perizinan usaha, ekspor dan impor hingga jasa pengiriman forwarder serta logistik. Bukan hanya itu saja ada berbagai macam fitur yang memudahkan customer, salah satunya adalah live tracking

Fitur live tracking menjadi salah satu layanan yang dapat memudahkan pengguna untuk mengecek dokumen yang telah diproses oleh ISGroup Consulting secara up to date tanpa harus mengunduh aplikasi lainnya.

Pembagian 1000 HKI untuk UMKM dibuat untuk membantu UMKM Indonesia guna memperlancar bisnisnya serta membantu mematenkan mereknya agar tidak ditiru oleh pihak manapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya