Keutamaan Surat Ar Rahman, Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat

Ilustrasi Alquran
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Keutamaan surat Ar Rahman menjadi motivasi umat Muslim membaca, bahkan menghafal ayat suci Alquran satu ini. Ar Rahman adalah salah satu surah Alquran yang indah dan paling banyak dibaca oleh umat Muslim di penjuru dunia.  

Ramalan Kiamat Dapat Sindiran Keras Gegara Timbulkan Hal Mengerikan Ini

Keutamaan surat Ar Rahman sendiri pun cukup luas yaitu mencari berkah, jalan keluar, dan pengampunan dari Allah SWT.  Selain itu, sangat bermanfaat dan penting bagi kehidupan dan akhirat kelak. Surat Ar Rahman merupakan surat yang terdiri dari 78 ayat dan termasuk surat ke-55 di dalam kitab suci Alquran. 

Kitab Suci Alquran.

Photo :
  • U-Report
Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Mengamalkan surat satu ini memang memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Dimana surat Ar Rahman merupakan surat indah yang dijadikan sebagai pengingat manusia untuk  selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

Uniknya lagi, surat Ar Rahman sering kali dijadikan sebagai mahar atau mas kawin untuk syarat dalam proses pernikahan.  Tak sedikit dijumpai para calon pengantin yang lebih memilih mahar berupa surat Ar Rahman dibandingkan emas atau berlian.

Gerhana Matahari yang Terjadi 8 April Ternyata Masuk dalam Ramalan Jayabaya

Berkaitan dengan hal tersebut, Rasulullah SAW bersabda: “Segala sesuatu memiliki pengantin, dan pengantinnya Alquran adalah Ar Rahman.” (HR Baihaqi) Surat Ar Rahman memenjabarkan begitu banyaknya nikmat yang diberikan Allah SWT. 

Hal tersebut sesuai dengan nama surat ini Ar Rahman, yang merupakan salah satu nama Allah SWT yang artina Maha Pemberi nikmat dunia dan akhirat. Surat Ar Rahman cukup populer bagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Ar Rahman masuk ke dalam surat makkiyah, dimana surat ini diturunkan di Mekah.

Dalam surat ini kita jadi tahu tentang berbagai aspek kehidupan. Sebut saja misalnya, Allah SWT begitu baik telah menciptakan segala sesuatunya secara berdampingan, menciptakan langit dan bumi, hingga menciptakan manusia yang nampak dan kasat mata.

Menariknya, surat ini tidak hanya dijadikan mahar pernikahan tapi Ar Rahman juga dikenal dengan pengantin Alquran. Hal tersebut lantaran, bahasa yang indah dalam surat ini. Adapun  beberapa pengulangan dari ayat ‘fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma iukadziban’ sampai 31 kali.

Begitu luar biasanya surat Ar Rahman ini, maka sayang bagi kita jika tidak sempat untuk membacanya atau kalau bisa hingga menghafalnya. 

Nah agar kamu semangat membaca surat Ar Rahman, berikut ini kami bagikan beberapa keutamaan surat Ar Rahman yang luar biasa. 

Keutamaan Surat Ar Rahman

Ilustrasi mengaji.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Umat Muslim harus tahu jika surat Ar Rahman memiliki keutamaan dan manfaat bagi mereka yang membaca bahkan menghafalnya. Oleh karena itu simak terus beberapa keutamaan dan manfaat dari membaca Surat Ar Rahman.

1. Menurunkan Intensitas Nyeri

Dalam penelitian Jurnal Kedokteran Brawijaya, terdapat penurunan signifikan intensitas nyeri setelah pemberian terapi murotal Alquran surat Ar Rahman selama 25 menit. Ini juga dapat menurunkan intensitas nyeri dan meningkatkan kadar Endorphin.

2. Meraih Rida Allah SWT

Keutamaan surat Ar Rahman berikutnya yaitu berharap rida Allah SWT. Memperoleh rida Allah SWT tentu tujuan dari umat muslim  ketika mengamalkan amalan-amalan sunnah. Rasulullah bersabda dalam tafsir Ats Tsaqolayn;

“ Barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

3. Memperoleh Syafaat di Hari Kiamat

Ilustrasi: spekulasi planet saling bertabrakan saat kiamat.

Photo :
  • dailymail.co.uk

Keutamaan surat Ar Rahman yang paling tidak ada duanya yaitu memperoleh syafaat di hari kiamat. Ada balasan bagi mereka yang membacanya, terutama pada waktu sepertiga malam. Bahkan pada hari kiamat kelak, Allah SWT akan memperlihatkan wujudnya yang paling indah dan sempurna. 

4. Perbanyak Memuji Nama Allah SWT

Ar Rahman berasalh dalam pujian pada Allah SWT. Oleh karena itu, bagi umat Muslim yang mengamalkannya dengan sungguh-sungguh dan pasrah pada Allah SWT, maka banyak keutamaan yang didapatkan.  Salah satunya Allah SWT tidak akan pernah lalai dalam memenuhi segala kebutuhan setiap makhluknya. 

5. Meninggal Seperti Mati Syahid

Ilustrasi meninggal.

Photo :
  • U-Report

Meninggal seperti orang mati syahid juga menjadi salah satu keutamaan surat Ar Rahman. Dalam Tsawabul A’mal, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan:

‘Tidak ada satupun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan’. Maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (HR Imam Ja’far).

6. Meningkatkan Rasa Syukur

Terkadang kita suka lupa untuk bersyukur bahkan untuk meningkatkannya. Oleh karena itu dengan membaca Surat Ar Rahman ternyata mampu untuk meningkatkan rasa syukur kita atas apa segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Pengulangan pada penggalan ayat Fa bi ayyi ala`i rabbikuma tukazziban, menjadi semacam notifikasi bahwa begitu banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada para makhlukNya. 

Jika kamu membacanya dengan sepenuh hati, niscaya kamu akan lebih bersyukur atas segala sesuatu.

7. Menyanyangi Sesama Makhluk Allah SWT

Allah selalu mengajarkan kita umatnya agar senantiasa bisa menyanyangi serta mencintai sesama saudara kaum muslim. Menjadi muslim yang taat juga bisa dilakukan dengan cara mencintai sesama makhluk ciptaan Allah SWT.

Agar rasa cinta yang dalam terhadap sesama makhluk tertanam dalam jiwamu, cobalah untuk senantiasa membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang atau saat terbangun di sepertiga malam.

8. Mahar Perkawinan

Syi’ab al-Iiman hadits riwayat dari sayyidina Ali ra, aku mendengar Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda “Setiap sesuatu memiliki pengantin, dan pengantin Alquran adalah surat ar-Rahman” (HR. Al-Baihaqi) Menurut UAS, surat Ar Rahman ini juga bisa dijadikan mahar bagi orang yang akan menikah.

9. Pengantinnya Alquran 

Surat Ar-Rahman adalah pengantinnya Alquran. Sebagaimana Surat Yasin yang disebut sebagai hati Al-Quran, maka Ar-Rahman adalah pengantinnya Alquran. Di mana artinya: Segala sesuatu punya pengantin. Dan pengantin Al-Quran adalah Surat Ar-Rahman. (HR. Baihaqi).

10. Diberikannya Kejernihan Hati dan Kegembiraan

Surat Ar Rahman disamakan dengan mahkota. Hal tersebut lantaran, sama-sama penuh dengan keindahan, kesenangan dan kegembiraan. Sehingga seorang yang arif ketika membaca surah ar Rahman dan mengingat kenikmatan di dalamnya maka sesuai derajatnya akan memperoleh kegembiraan serta kejernihan hati.”

Itulah tadi beberapa keutamaan dari Surat Ar Rahman. Jadi, bagi umat Muslim yang dengan sungguh-sungguh mengamalkannya bahkan jika bisa istikamah setiap hari. Maka Allah janjikan berbagai keutamaan serta kemuliaan yang tidak bisa dirasakan lainnya. 

Salah satu keutamaan yang paling luar biasa dari yang sudah disebutkan di atas yaitu, akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat. Dengan memahami surat Ar Rahman dan mengetahui keutamaannya diharapkan kita senantiasa bisa selalu mengingat Allah dengan membaca surat Ar Rahman yang merupakan salah satu surat yang ada di kitab suci Alquran.

Ilustrasi perubahan iklim.

Jadwal 'Kiamat' Tak Bisa Ditunda, Sosok Penting Ini Menyerah

Bill Gates sering menyoroti urgensi menjaga Bumi dari dampak perubahan iklim, sambil aktif terlibat dalam upaya kemanusiaan untuk merawat lingkungan atau kiamat iklim ini

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024