5 Produk yang Dilarang di Dunia Setelah Membuat Orang Meninggal

Ilustrasi dilarang
Ilustrasi dilarang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tentunya dalam kehidupan ini ada banyak produk-produk yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau sekadar hiburan seperti mainan anak-anak. Namun tahukah kamu bahwa ada sejumlah produk yang berbahaya untuk digunakan atau dimainkan? 

Produk-produk yang akan disebutkan ini tidak hanya buruk untuk bisnis, tetapi juga buruk untuk semua orang. Daftar produk ini merupakan produk yang ditarik kembali atau dilarang beredar karena menyebabkan kematian pada yang menggunakannya. Mengutip dari Watch Mojo, berikut ini sejumlah produk dilarang setelah membuat meninggal orang yang memakainya. 

1. Susu & Formula Bayi

Melamin umumnya digunakan dalam pembuatan berbagai produk di seluruh dunia, termasuk cat dan plastik tahan api. Namun ternyata melamin digunakan oleh sejumlah perusahaan di China untuk memalsukan nilai protein yang tinggi untuk lulus pemeriksaan kualitas. 

Alasan produk susu dan formula bayi ini dilarang adalah karena bisa menyebabkan masalah pada ginjal yang serius. Akibatnya, sebanyak 54.000 bayi diperkirakan dirawat di rumah sakit dan enam diantaranya dinyatakan meninggal. Ketika skandal itu terungkap pada tahun 2008 lalu, penarikan besar-besaran dilakukan serta hukuman penjara dan hukuman mati.

2. Boks Bayi

Selimut tebal, bantal, boneka binatang dan boks bayi mungkin tampak seperti tambahan yang lucu dan nyaman untuk tempat tidur bayi. Sayangnya, boks bayi tersebut dikaitkan dengan 77 kematian yang terjadi antara tahun 1985 dan 2012. Jumlah insiden yang sangat tinggi ini menyebabkan ILM memperingatkan orang tua baru tentang bahaya dari boks bayi tersebut.