10 Monster Mengerikan di Dalam Laut, Miliki Bentuk yang Aneh

Monster di kedalaman laut
Sumber :

VIVA – Monster mengerikan di dalam laut, rupanya bukan mitos belaka saja. Nyatanya memang benar adanya. Di mana kedalaman lautan merupakan salah satu tempat paling terpencil dan paling tidak dipahami di planet ini, jadi masuk akal jika makhluk yang menyebut laut dalam sebagai rumah yang mempesona, aneh, dan menyeramkan, mungkin benar adanya. 

Palung Mariana: Tempat Terdalam di Bumi yang Dihuni Makhluk Aneh

Adanya fakta bahwa mereka tidak pernah melihat cahaya siang berarti, bahwa mereka telah berevolusi agar terlihat sangat berbeda dari sejenis mereka di perairan dangkal.

Tercantum di bawah ini adalah sepuluh makhluk bak monster mengerikan di dalam laut Serius, beberapa di antaranya adalah mimpi buruk, jika kita harus bertemua dengan mereka semua!

Ditemukan Keluarga Baru Anglerfish yang Lebih Menakutkan

Monster di dalamlaut

Photo :

1. Gurita Merah (Stauroteuthis syrtensis)

Cara Ikan Laut Berkomunikasi

Monster di kedalaman laut

Photo :

Gurita merah ini sangat cantik. Ditemukan di perairan Atlantik yang dalam di lepas Pantai AS, delapan lengan Stauroteuthis syrtensis dihubungkan oleh anyaman yang digunakannya untuk berenang. 

Barisan pengisap bioluminescent yang bercahaya menelusuri delapan lengannya dan bersinar di laut dalam.  Para ilmuwan berpikir pengisap cahaya dalam gelap ini dapat digunakan untuk menarik mangsa planktonik seperti serangga yang tertarik pada cahaya. 

Spesies ini telah dikenal setidaknya selama 100 tahun, tetapi baru pada tahun 1999 para ilmuwan menyadarinya.

2. Sculpin gumpalan laut dalam (Psychrolutes phrictus)

Ingat film horor, The Blob ? Sculpin ini memiliki kemiripan dengan alien yang menyerang. Ikan ini biasanya ditemukan pada kedalaman hingga 2.800 meter di sepanjang pantai Barat AS dan dapat ditangkap dalam jaring yang tanpa pandang bulu menjaring dasar laut untuk spesies komersial penting seperti kepiting.

3. Babi Laut (genus Scotoplanes)

Anda mungkin akrab dengan kuda laut, tapi bagaimana dengan babi laut? Oinker ini memiliki beberapa kaki dan sebenarnya adalah sejenis teripang yang ditemukan di perairan yang sangat dalam di seluruh lautan dunia.  Para peneliti telah melihat babi laut dalam kelompok besar berjumlah ratusan, merangkak di sepanjang dasar laut.

4. Hiu Goblin (Mitsukurina owstoni)

Hiu goblin mengingatkan kita pada dinosaurus prasejarah dengan moncong panjang, mata kecil, dan gigi bergerigi. Moncong hiu yang memanjang membantunya mencari makanan di dasar laut dan rahangnya memanjang dan memendek.

5. Cacing Bekantan (Parborlasia corrugatus)

Cacing belalai tumbuh hingga panjangnya dua meter dan mencari mangsa di dasar laut. Cacing ini akan memakan cukup banyak apa saja yang mereka temui dan hanya memiliki sedikit—jika ada—pemangsa.

6. Cacing Zombie (Osedax roseus)

Cacing zombie hidup di tulang paus yang mati. Tanpa mulut, anus atau usus, cacing sepanjang empat sentimeter bertahan hidup dengan mengeluarkan asam yang memecah tulang ikan paus. Dengan bantuan partner-in-crime simbiosis (bakteri yang mencerna lemak ikan paus), cacing mampu menyerap nutrisi.

7. Ikan Batu (Synanceia verrucosa)

Disamarkan dengan sempurna agar terlihat seperti batu di dasar terumbu karang, ikan batu adalah ikan paling berbisa di dunia . Ia memiliki 13 duri di sepanjang punggungnya yang melepaskan racun, yang dapat membunuh manusia hanya dalam beberapa jam.

8. Viperfish Sloane (Chauliodus sloani)

Dengan panjang kurang dari satu kaki, viperfish Sloane mungkin tampak relatif tidak berbahaya, tetapi giginya adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. 

Para chompers seperti taring lebih dari setengah ukuran kepala ular berbisa, memungkinkan ikan untuk menusuk mangsanya dengan berenang di kepala korban terlebih dahulu, mulut ternganga.

9. Isopod raksasa (Bathynomus giganteus)

Monster laut

Photo :

Isopod raksasa sepertinya akan memakan Anda dalam tidur Anda jika diberi kesempatan, dan mereka mungkin saja jika mereka hanya bisa menangkap Anda. 

Isopoda raksasa hidup di laut dalam , di mana mereka menangkap mangsa apa pun yang mereka bisa, termasuk teripang, spons, dan nematoda yang bergerak lambat, tetapi kebanyakan mengais bangkai ikan, cumi-cumi, dan paus yang mati.

Ada 20 spesies berbeda dari isopoda raksasa. Makhluk menyeramkan ini adalah penghuni dasar, krustasea karnivora yang dapat tumbuh hingga 2,5 kaki panjangnya. Mereka juga agak luar biasa karena bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tanpa makan.

Satu isopoda raksasa di Jepang pergi selama lima tahun tanpa makan apapun sebelum akhirnya mati kelaparan dan mati. Tak perlu dikatakan, mereka cukup mengagumkan, tetapi saya masih tidak ingin melihat salah satu dari orang-orang ini secara langsung.

10. Hiu Berjumbai (Chlamydoselachus anguineus)

Ketika Anda mendengar nama "hiu berjumbai", renda dan serbet mungkin muncul di benak Anda. Tetapi spesies hiu ini mendapatkan namanya karena insangnya yang tampak berjumbai, ditangkap dalam rekaman langka ini pada tahun 2007 . Dengan 300 baris gigi seperti jarum, hiu menangkap cumi-cumi dan ikan bertubuh lunak di kedalaman. Bagaimana ia menyerang mangsanya tidak diketahui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya