10 Kucing Keturunan Terlucu di Dunia, No 7 Mungil Manja Bikin Gemas!

Kucing munchkin
Kucing munchkin
Sumber :
  • suddenlycat.com

VIVA – Kucing keturunan terlucu di dunia masih banyak yang belum diketahui. Ya, seperti diketahui kucing tidak diragukan lagi sebagai teman yang baik. Tetapi seperti hewan lainnya, mereka datang dari ras, kepribadian, dan penampilan yang berbeda. Jika Anda berencana untuk mengadopsi atau memiliki kucing, Anda harus mengetahui masing-masing kualitasnya untuk dapat membedakan jenis kucing yang cocok untuk Anda. Setiap ras kucing memiliki perilakunya sendiri, tetapi apa pun preferensi kucing Anda, satu hal yang pasti – mereka membutuhkan cinta, perhatian, dan rasa hormat. Jika Anda seorang pecinta kucing atau ingin membeli barang untuk teman berbulu Anda, berikan kado istimewa untuk si kecil berbulu tersebut.

Variasi kucing akan tergantung pada jenisnya dan Anda akan mengenali mereka dengan karakteristik dan penampilannya, mengenal beberapa yang terlihat lucu dan menarik. Seperti namanya, kucing kaki pendek memiliki ciri khas kakinya yang pendek dengan tubuh leher yang sama kecilnya.

Tak hanya itu, perangainya yang polos juga bisa membuat siapa saja merasa gemas dan ingin memeliharanya. Selain memiliki tampilan bentuk yang unik, kucing ini juga sangat suka berlarian tapi tetap memiliki sifat yang penurut dan lembut.

Perlu kamu ketahui pula, kucing kaki pendek itu termasuk hewan yang tergolong langka di dunia. Ternyata ada sebagian ras kucing yang terlihat lebih imut dibandingkan dengan yang lain saat masih bayi. Dijamin mereka akan membuatmu gemas maksimal, deh!  Berikut adalah daftar ras kucing keturunan terlucu di dunia yang dilansir dari Suddenly Cat:

1. Bengal

Kucing bengal

Kucing bengal

Photo :
  • suddenlycat.com

Bengal adalah kucing macan tutul Asia dengan nama ilmiah Felis benggalen. Dia memiliki bulu berbintik-bintik yang khas (dengan berbagai warna coklat, tembaga, perak dan abu-abu) yang terlihat seperti kucing hutan. Bengal memiliki karakteristik yang mengagumkan, kucing yang ramah, suka bermain, mudah dilatih, dan pintar.

2. Maine Coon

Kucing maine coon

Kucing maine coon

Photo :
  • suddenlycat.com

Kucing berukuran besar ini memiliki begitu banyak julukan yang diberikan kepada mereka dalam kaitannya langsung dengan ciri-ciri kepribadiannya. Mereka dikenal sebagai ras yang penyayang, tenang dan lembut yang biasa mengikuti pemiliknya di sekitar rumah sepanjang hari. Maine Coon mudah dirawat, ramah dan penuh kasih sayang dengan anggota keluarga.

Maine Coon memiliki sejarah yang menarik. Dilansir dari Pet Finder, kucing tersebut ternyata sempat dinyatakan punah pada tahun 1950-an. Ini karena banyak bangsa yang lebih menyukai kucing Persia dan Angora. Sekitar 11 tahun kemudian, ras Maine Coon muncul kembali dan bahkan menjadi populer karena tubuhnya yang besar.

3. Siamese

Kucing siamese

Kucing siamese

Photo :
  • suddenlycat.com

 Siamese dianggap sebagai salah satu ras domestik yang paling dikenal. Mereka memiliki tubuh yang ramping, leher yang elegan, moncong yang dipahat halus, dan kucing yang anggun. Mereka penuh kasih sayang, setia, berani dan ramah hewan peliharaan yang sempurna untuk individu yang memuja teman yang lembut dan berbulu.

4. Siberian

Kucing siberian

Kucing siberian

Photo :
  • suddenlycat.com

Siberian adalah kucing glamor dari taiga Siberia yang diperkenalkan di Amerika Serikat sejak tahun 1990. Siberian memiliki tubuh sedang hingga besar, berat jantan biasanya sekitar 170 26 pon sedangkan betina berkisar 13-17 berat. Kucing jenis ini penyayang, setia, dan senang bermain game interaktif dengan manusia.

Kucing Siberian cat berasal dari Rusia dan telah hidup sejak seribu tahun yang lalu, menurut laman The Mysterious World. Karenanya, Siberian cat diberi julukan kucing nasional dari Rusia.

Siberian cat memiliki penampilan yang gagah. Berat tubuhnya bisa mencapai 4 hingga 7 kilogram. Sedangkan panjang tubuhnya pun berkisar antara 40 sampai 60 sentimeter.

5. Ragdoll

Kucing ragdoll

Kucing ragdoll

Photo :
  • suddenlycat.com

Ras ini biasanya memiliki kucing besar yang santai dan berbulu panjang. Mereka memiliki kepala berbentuk baji dengan tengkorak bagian atas datar, mata biru safir oval hingga miring, pipi tembem dan moncong bulat. Kucing Ragdolls dapat belajar dengan cepat dan sangat cocok untuk menjadi pendamping manusia.

Beratnya mencapai 5 hingga 9 kilogram, dengan tubuh panjang, berotot, serta kaki yang besar pula. Pada umumnya, ras kucing ini memiliki empat warna utama, yaitu cokelat, abu-abu kebiruan, abu-abu gelap, serta keunguan

6. Angora Turki

Kucing angora turki

Kucing angora turki

Photo :
  • Shutterstock

Angora Turki biasanya terlihat anggun, waspada, aktif, dan bangga pada dirinya sendiri. Mereka memiliki bulu yang halus seperti sutra, tubuh yang seimbang, dan mata yang sedikit sipit. Angora Turki kebanyakan manis tetapi terkadang bisa marah karena perubahan mendadak di lingkungannya.

7. Munchkin

Kucing munchkin

Kucing munchkin

Photo :
  • suddenlycat.com

Penampilan kerdil dari kucing cantik ini membuat mereka menarik dan lucu. Munchkin berukuran kecil hingga sedang dengan berat sekitar 5-9 pon, ia memiliki kaki yang pendek, tetapi masih mirip dengan kucing lainnya. Trah ini biasanya ekstrovert yang energik, suka bermain dengan tuannya terutama dengan anak-anak. Jenis kucing ini dicirikan oleh kepribadiannya yang manis (dan tentu saja kakinya yang pendek) dan kecerdasannya, mereka suka bermain dan berkelahi sepanjang hari tetapi akan meringkuk dengan pemiliknya setelah hari yang panjang. 

Genetta adalah jenis kucing munchkin yang memiliki penampilan eksotis dan imut. Kucing hasil persilangan antara kucing bengal dan munchkin ini, memiliki bulu dengan beragam warna, seperti perak, bintik salju, cokelat, dan hitam. Bentuknya yang unik dan lucu, jenis kucing munchkin satu ini sangat cocok jadi teman di rumah.

Sama seperti jenis kucing munchkin lainnya, harga kucing munchkin genetta betina umur 3 bulan sendiri juga relatif mahal, yaitu Rp6 juta. Meski cukup mahal, jenis kucing munchkin ini bisa jadi teman setia di rumah.

8. Russian Blue

Kucing russian blue

Kucing russian blue

Photo :
  • suddenlycat.com

Yang paling menarik perhatian orang-orang dari Russian Blue adalah mantel biru keperakannya yang berkilau dan mata hijaunya yang cemerlang. Ras ini biasanya pemalu di sekitar orang asing, mereka setia dan penuh kasih sayang dengan orang yang mereka cintai serta peka terhadap suasana hati pemiliknya - hewan peliharaan cerdas yang sempurna untuk setiap rumah tangga.

9. Pixie-Bob

Kucing pixie bob

Kucing pixie bob

Photo :
  • suddenlycat.com

 Pixie-Bob bisa menjadi cukup besar untuk ukuran seekor kucing. Memiliki lembut, tebal. mantel tahan cuaca yang bisa pendek atau panjang. Mereka yang biasanya berbobot antara 8-12 pon mungkin terlihat liar namun hidup dan ramah. Pixiebob suka berdandan – seperti menyikat gigi, membersihkan telinga, dan memotong kuku secara teratur.

10. American Curl

Kucing american curl

Kucing american curl

Photo :
  • suddenlycat.com

American Curl, kcing ini menonjol karena bentuknya yang khas atau telinganya yang ikal, yang besar dan melengkung di telinga yang melengkung (setidaknya 90 derajat). American Curl hidup dan rukun dengan majikannya, mereka memiliki tekstur bulu yang halus baik itu rambut pendek atau panjang.

 

Kucing, dalam bahasa latinnya Felis silvestris catus, adalah hewan karnivora. Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung penyimpan hasil panen.

Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.