6 Agama Misterius di Dunia, Tersebar di Berbagai Negara

Agama Yazidi
Sumber :
  • wikimedia

VIVA – Agama telah menjadi tulang punggung peradaban sejak dahulu kala. Namun, ternyata ada agama misterius di dunia. Mereka berfungsi sebagai pusat spiritual dan terus mempengaruhi kehidupan, politik dan masyarakat pada umumnya. Agama-agama yang disebutkan di bawah ini tidak dikenal di seluruh dunia tetapi memiliki banyak pengikut di mana pun mereka berada.

Jemaah Indonesia akan Dapat Smart Card dari Arab Saudi, Apa Fungsinya?

Di Indonesia sendiri, memeluk agama adalah hal yang paling mendasar. Seperti pada sila ke-1 Pancasila “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Enam bahasa di bawah ini merupakan agama misterius di dunia yang tersebar di berbagai negara. Agama misterius di dunia ini dilansir dari berbagai sumber. 

1. Yazidi

Cerita Brian Siawarta Jadi Pendeta, Malah Pilih Belajar Agama Islam

Agama Yazidi

Photo :
  • wikimedia

Agama misterius di dunia yang pertama adalah Yazidi yang berjumlah 700.000 di seluruh dunia, Yazidi sangat tertutup, banyak dari kepercayaannya bahkan tidak diketahui oleh umat beriman. Menurut List Verse, kitab suci mereka disembunyikan dari orang awam, dan para inisiasi harus bersumpah untuk tidak pernah mengungkapkan rahasia mereka. Setelah berabad-abad penganiayaan, Yazidi waspada terhadap orang luar.

Pendeta Brian Siawarta Bersyukur Jadi Minoritas di Indonesia, Kenapa?

Di bawah pemerintahan Ottoman, mereka menghadapi 72 genosida terpisah. Baik Al-Qaida maupun ISIS menyebut mereka kafir. Yazidi memiliki reputasi sebagai pemuja setan. Mereka memuliakan Melek Tawwus, Malaikat Merak, yang jatuh dari kasih karunia. Mereka mempraktikkan berbagai keyakinan: pembaptisan, melepas sepatu di gereja, dan memandang api sebagai manifestasi ilahi. Mereka juga berdoa tiga kali sehari, tetapi menghadap Matahari, bukan Mekah.

2. Raelisme

Raelisme

Photo :
  • pixgood.com

Raelisme merupaka agama misterius di dunia yang kedua. Claude Vorilhons, seorang pengemudi mobil balap Prancis, memulai Raelisme dan menurunkannya dari nama kehormatan yang diberikan kepada Vorilhons, oleh alien yang menculiknya sebelum mengungkapkan asal usul manusia yang sebenarnya.

Claude (atau Rael, begitu ia dipanggil) dibawa ke planet jauh bernama Elohim oleh alien yang disebutkan di atas, di mana ia cukup terhormat untuk bertemu dengan para filsuf dan pemikir agama besar sepanjang sejarah, termasuk Yesus, Konfusius, Buddha, dan Joseph Smith (pendiri Mormonisme).

Selain mengungkapkan bahwa kehidupan di bumi dimulai ketika manusia diciptakan dari DNA alien 25.000 tahun yang lalu, alien juga memberi tahu Rael bahwa Bumi seharusnya mengharapkan kedatangan mereka di Yerusalem pada tahun 2025.

3. Jediisme

Jediism

Photo :
  • wikimedia

Star Wars menciptakan beberapa penggemar, tetapi sebuah agama mengambil semuanya terlalu jauh. Ada sebuah paham Jediisme yang masuk dalam agama misterius di dunia. Kebanyakan orang menyadari prinsip dasar Jedi dari pandangan mereka sendiri tentang film tentang sisi terang/sisi gelap, kekuatan tak berwujud yang mengikat alam semesta bersama, dan lain-lain, tetapi ada beberapa yang benar-benar mengikuti keyakinan ini dalam kehidupan nyata.

Menurut India Times, Jediisme tidak memiliki organisasi pusat, meskipun 'Kuil Ordo Jedi' yang berbasis di Texas telah mengeluarkan kode untuk orang percaya yang disebut '16 Ajaran Jedi'. Ini mungkin yang paling aneh, mengingat mengikat nilai-nilai fiksi dari sebuah serial film serta kepercayaan dari agama-agama Asia seperti Buddhisme dan Taoisme.

4. Umbada

Umbanda

Photo :
  • wikimedia

Agama misterius di dunia yang keempat adalah Umbanda,  satu-satunya agama lokal Brasil. Dilansir dari List Verse, agama ini didirikan oleh media psikis Fernandino de Moraes, yang menggabungkan tradisi Afrika, Katolik, Spiritisme, dan kepercayaan Pribumi. Satu varietas yang dikenal sebagai "Quimbanda" atau "ilmu hitam" sekarang dianggap sebagai agama yang terpisah.

Diperkirakan ada 400.000 pengikut Umbanda, yang sebagian besar berlatih secara rahasia untuk menghindari ancaman dan vandalisme. Mayoritas penduduk Brasil menganggap pemujaan setan ini. Kebangkitan Pentakosta dan Evangelikal adalah ancaman besar. Beberapa pendeta telah ditangkap karena mendorong intoleransi agama terhadap Umbanda.

5. Druze

Druze

Photo :
  • wikimedia

Druze mempraktikkan keyakinan rahasia, yang berasal dari namun terpisah dari Islam. Ini menggabungkan unsur-unsur Kristen, Hindu, dan filsafat Yunani. Menurut List Verse, Druze tersebar di seluruh Timur Tengah. Menyusul runtuhnya Kekaisaran Ottoman, sebagian besar menetap di Suriah, Lebanon, Yordania, dan Israel. Druze telah menjadi tokoh kunci dalam sejarah Timur Tengah.

Mereka mempertahankan pantai Lebanon dari Tentara Salib dan memenangkan otonomi dari Utsmaniyah setelah sering memberontak. Mereka telah berpegang teguh pada wilayah pegunungan untuk penentuan nasib sendiri dan untuk menjaga rahasia iman bayangan mereka. Hanya inisiat elit, yang dikenal sebagai “uqqal,” berpartisipasi penuh dalam layanan keagamaan mereka dan memiliki akses ke kitab suci mereka.

6. Gerakan Pangeran Phillip (PPM)

Gerakan Pangeran Phillip (PPM)

Photo :
  • express.co.uk

Agama misterius di dunia yang terakhir adalah Gerakan Pangeran Philip atau Prince Phillip Movement (PPM). Dilansir dari List Verse, Pangeran-bupati dan pasangan Yang Mulia Ratu Elizabeth II dapat merasa seperti raja di antara orang-orang di wilayah Yaohnanen di negara bagian Tanna, Vanuatu.

Menurut legenda setempat, putra seorang roh bumi melakukan perjalanan jauh melintasi lautan untuk menikahi seorang wanita yang kuat, dan pria ini suatu hari nanti akan kembali ke pulau itu.

Setelah mengamati bagaimana para pejabat setempat menanggapi dan bereaksi terhadap kunjungan Ratu Elizabeth, para pengikut gerakan itu menduga bahwa suami wanita ini pastilah putra roh dari legenda-legenda tersebut. Pengikut PPM merayakan ulang tahun Pangeran pada 10 Juni setiap tahun sebagai festival keagamaan besar-besaran.

Agama merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Agama yang baik, pastinya agama yang mengajarkan kebaikan kepada pengikutnya. Terdapat enam agama resmi di Indonesia, yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Pada pasal 28E ayat (1) UUD 1945, Setiap warga negara bebas memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya