Survei: Gen Z Lebih Pilih Kosmetik Unik Harga Terjangkau

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • ist

VIVA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkap bahwa survei pada anak muda saat ini cenderung memilih produk unik dengan harga terjangkau. Tak heran, kini UKM pun kian bergeliat dengan menawarkan beragam produk lokal yang tak kalah berkualitas.

Menyongsong Revolusi Pendidikan, Workshop Daring tentang Etika dan Budaya Digital

Ditemui di Plaza Indonesia, Menteri Teten Masduki mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan survei terhadap anak muda yang menunjukkan hasil mengejutkan.

Menurutnya, generasi muda saat ini memiliki pola pikir yang lebih bijak dalam memilah produk yang dipakai, termasuk kecenderungan memakai buatan lokal.

Selalu Tampil Fresh, Aaliyah Massaid Gak Pernah Lupa Bawa Ini di Tas dan Mobil

"Kalau saya buka rahasia, saya survei pada anak muda. Saya menemukan bahwa anak-anak muda generasi sekarang ini, gen z, lebih cerdik daripada generasi sebelumnya. Kalau sebelumnya supaya keliatan naik kelas, mau minum kopi yang mahal, walau harus merogoh kantong. Survei terakhir, anak muda sekarang nggak mau lagi," tutur Menteri Teten dalam Grand Opening iCantix & Co., Kamis 16 Juni 2022.

Menurut survei itu kembali, Menteri Teten Masduki menilai anak muda sudah bisa bijak memilih produk yang disukai tanpa harus ikut gaya hidup masyarakat luar negeri.

Banyak yang Minat Jadi Beautypreneur, Industri Kecantikan Nasional Makin Berkembang

Produk yang unik dengan harga terjangkau akan membuat anak muda lebih menyukainya dibanding barang-barang dengan merek ternama yang mahal.

"Ingin tetap naik kelas tapi mereka nggak mau lagi merogoh kantong, tetap ingin lifestylenya tapi mereka kemudian mencari produk yang unik," beber Menteri Teten.

Kecenderungan lain di gen Z ini adalah kebiasaan menarasikan sebuah produk dalam akun media sosialnya. Menteri Teten Masduki juga menegaskan bahwa tiga jenis produk UKM Indonesia sudah mampu bersaing dan menarik perhatian gen Z ini 

"Jangan sampai market Indonesia diserbu produk dari luar karena kita tidak punya kemampuan untuk melakukan aplikasi ke lifestyle anak muda. Soal UKM kosmetik, fashion, kuliner, sudah kuat," imbuhnya.

Sejalan dengan meningkatnya potensi industri kecantikan di dalam negeri, membuat banyak brand kecantikan dalam negeri yang lahir.

Melihat geliat potensi tersebut, iCantix & Co., karya anak bangsa meluncurkan Offline Store perdananya sekaligus Online Store untuk melengkapi pengalaman berbelanja konsumen.

"Asal produknya bagus bisa jualan di sini. Itu solusi bagi UKM yang rata-rata kapasitas produksi masih terbatas, mereka harus lakukan RnD lagi untuk produknya. Jadi saya termaksih untuk iCantix untuk berikan konsep bisnis yang sangat cocok untuk UKM," bebernya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya