Renyahnya Bisnis Ayam Penyet, Laris Andalkan Layanan Pengiriman

Usaha UMKM ayam penyet jadi bisnis menarik dan menjanjikan
Sumber :
  • IG @ayampio2019

VIVA – Trend makanan beku mulai menjamur seiring dengan peminatnya yang semakin meningkat. Meski sempat terancam berisiko saat pandemi COVID-19 melanda Tanah Air, namun geliat pesatnya bisnis tersebut telah jadi solusi menjanjikan dalam pengembangan ekonomi di sektor mikro.

Digitalisasi dan Manajemen Logistik jadi Perhatian Lion Parcel untuk Dukung UMKM Jangkau Pasar

Peningkatan usaha yang didorong dengan kemasan frozen food itu pula yang kini dirasakan oleh usaha kuliner Ayampio sejak pandemi hingga saat ini.

Sejak 1 Agustus 2019 usaha rumahan mereka berdiri dan mendapatkan respons positif dari para pembelinya. Tri Hartati dan suami merupakan pegawai bank yang telah bekerja belasan tahun.

Lagi, Bank Mandiri Raih Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik Versi Forbes

Sang istri tanpa latar belakang bisnis memberanikan diri mencari penghasilan dari rumah dengan membuka Ayam Penyet Pio. Memilih usaha di lini sektor kuliner pun diyakini wanita yang akrab disapa ibu Tati ini pun masih menjanjikan untuk terus berkembang di masa depan.

Selain itu, menurutnya usaha makanan merakyat seperti ayam penyet tersebut merupakan peluang yang bakal dapat dirasakan manfaat besarnya untuk kalangan yang lebih besar lagi.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

“Kami berdua karyawan bank di Solo, suami saya juga menempati posisi pimpinan unit, tetapi saya ingin membuka usaha yang mana setiap orang dapat menikmati makanan walau dengan uang 2000 saja,” jelas Hartati.

Belum genap satu tahun, tak ada yang menyangka pandemi merosotkan omset hingga turun 50% dari pendapatan biasanya.

Namun, Hartati justru berhasil mengembalikan omset dengan kemasan beku. Inisiatifnya ini membuahkan keuntungan bagi usaha pertama mereka.

“Penjualan produk ayam frozen bisa mencapai 400 ekor dalam sehari,” kata Hartati.

Produk yang menjadi best seller ialah Ayam Ungkep Pio dan Ayam Pio Bacem Ayam Pio kemasan beku semakin digemari, di saat bersamaan Hartati harus menjaga kualitas makanan agar tetap higienis dan tidak menghilangkan cita rasa ketika sampai di konsumen.

Oleh sebab itu, pengiriman frozen food menggunakan layanan Paxel yang menurut Hartati dapat menjaga makanan #TetapDingin dengan hasil rata-rata pengiriman aman hingga 90%.

Sejak bergabung dengan Paxel pada Juni 2020, pengiriman Ayam Pio sudah mencapai ratusan pesanan pada setiap harinya.

Hal ini menandakan komitmen Paxel kepada para seller terkait #JaminanMakananAman dengan layanan #SehariSampai dan fasilitas cold chain mulai dari kendaraan seperti motor freezer maupun truck freezer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya