Fakta Bunyip, Makhluk Mitologi Paling Menakutkan di Australia

Bunyip
Sumber :

VIVA – Bunyip  dalam cerita rakyat Aborigin Australia dikenal sebagai monster legendaris yang konon menghuni rawa-rawa dan laguna di pedalaman Australia. Hewan amfibi itu digambarkan memiliki kepala bulat, leher memanjang, dan tubuh menyerupai lembu, kuda nil , atau manatee.

Bunyip: Facts about Australia's Scariest Mythological Creature

Bunyip konon membuat suara menggelegar atau mengaum dan diberikan untuk melahap mangsa manusia, terutama wanita dan anak-anak. Asal usul kepercayaan mungkin terletak pada penampakan langka anjing laut buronan jauh di hulu; dugaan tangisan monster itu mungkin tangisan burung rawa pahit.

Untuk lebih jauhnya, simak berikut ini beberapa fakta Bunyip, makhluk mitologi paling menakutkan di Australia berikut ini:

Kelewat Tajir, Sandra Dewi Gak Tahu Bunyi Tanda Token Listrik Habis
  1. Bunyip melahap anak-anak dan ternak jika mereka terlalu dekat dengan tepi air. Ini terutama memangsa wanita dan anak-anak di kegelapan malam.
  2. Bunyip adalah mamalia air. Ia memiliki kulit halus, mata 'aprikot', dan teriakan yang dikeluarkan sebelum menerkam korbannya dan melahapnya.
  3. Bunyip adalah makhluk mitos dari mitologi Aborigin Australia. Ia bersembunyi di rawa-rawa, billabong, anak sungai, dasar sungai, dan lubang air. Laporan penampakan Bunyip yang paling sering datang dari koloni tenggara Victoria, New South Wales, dan Australia Selatan pada tahun 1840-an dan 1850-an.
  4. Legenda mengatakan bahwa seorang pria bernama Bunyip pernah melanggar hukum terbesar Ular Pelangi dengan memakan hewan totemnya. Setelah itu, dia dibuang dan diubah menjadi roh jahat yang memikat suku dan hewan mereka ke dalam air untuk dimakan.
  5. Orang Aborigin memiliki pendapat yang berbeda tentang Bunyip. Beberapa percaya itu adalah pembunuh yang haus darah, tetapi yang lain menyebut Bunyip sebagai penghukum yang dikirim ke Bumi untuk membawa keadilan bagi siapa saja yang melakukan tindakan jahat dan untuk melindungi satwa liar.
  6. Bunyip dipercaya memiliki kekuatan gaib. Ia dapat mengubah ketinggian air, melumpuhkan korban dengan aumannya, dan menghipnotis manusia untuk bertindak sebagai budaknya.
  7. Pada tahun 1851, sebuah surat kabar bernama  The Australasian menerbitkan laporan tentang Bunyip yang ditombak setelah membunuh seorang pria Aborigin. Makhluk itu panjangnya sebelas langkah dan lebarnya empat langkah. Orang-orang Aborigin biasa mengunjungi pemandangan makhluk itu setiap tahun dan menguraikan bentuknya, tetapi garis-garis itu telah hilang seiring waktu.
  8. Bunyip memiliki cakar yang panjang, tetapi ia lebih suka membunuh dengan memeluk korbannya sampai mati.
  9. Saksi kesulitan menggambarkan penampilan Bunyip. Deskripsi yang paling populer adalah bahwa itu terlihat seperti bintang laut yang sangat besar. Namun, beberapa orang mengklaim itu terlihat seperti ular dengan janggut. Yang lain berpendapat ia memiliki wajah seperti anjing, kepala seperti buaya, bulu gelap, ekor seperti kuda, sirip, gading seperti walrus, dan paruh seperti bebek.
  10. Penampakan paling awal menggambarkan Bunyip memiliki mata yang tak terhitung jumlahnya, cakar yang tajam, kecepatan yang cepat, dan ledakan hallow yang digunakannya untuk berkomunikasi. Saksi lain mengklaim memiliki satu mata besar di kepala dan mulut di perutnya.
  11. Ada yang bilang Bunyip memiliki ciri-ciri burung dan buaya. Mereka percaya itu memiliki paruh panjang dengan tepi bergerigi seperti ikan pari. Tubuh dan kakinya tebal dan kuat seperti buaya, tetapi kaki depannya jauh lebih panjang daripada kaki belakangnya.
  12. Bunyip berenang seperti katak di air, tetapi berjalan dengan kaki depannya di darat dengan kepala tegak. Ketika berdiri, itu mencapai dua belas atau tiga belas kaki.
  13. Selama bertahun-tahun, fosil telah ditemukan yang mungkin terkait dengan Bunyip. Ada sisa-sisa hewan tak dikenal yang ditemukan pada tahun 1818 oleh Hamilton Hume dan James Meehan di Danau Bathurst di New South Wales yang menyerupai manatee atau kuda nil. Pada tahun 1830 ditemukan fosil tak dikenal di Gua Wellington yang ukurannya jauh lebih besar dari lembu atau kerbau. Pada bulan Juli 1845, fosil-fosil ditemukan di dekat Geelong dan sebuah artikel surat kabar ditulis berjudul Wonderful Discovery Of A New Animal yang mengklaim bahwa fosil-fosil itu adalah bukti Bunyip.
  14. Pada bulan Januari 1846 sebuah tengkorak ditemukan di Sungai Murrumbidgee dekat Balranald. Itu ditempatkan di Museum Australia di Sydney dan diberi label sebagai tengkorak Bunyip, tetapi kemudian terbukti sebagai tengkorak anak sapi yang cacat.
Ilustrasi AC mobil

7 Penyebab AC Mobil Berbunyi Mendesis

Beberapa pemilik mobil mungkin pernah mengalami AC kendaraan mengeluarkan suara berdesis. Bunyi tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba, dan sering membuat bingung. untuk

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2023