Sandiaga Uno Mau Bawa Seni Pertunjukan Khas Solo ke UNESCO

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno saat workshop KaTa Kreatif di Solo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Serabi, Timlo, dan batik identik dengan Solo. Itu pula yang menjadikan kota itu sebagai destinasi menarik untuk dikunjungi. Belum lama ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kota Surakarta atau yang populer dengan sebutan Solo tersebut.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah tersebut merupakan lokasi ke-16 Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022. Ini merupakan program Kementerian Parekraf untuk mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. 

Kota Surakarta memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor seni pertunjukan, kuliner, dan kriya. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekonomi kreatif (ekraf). Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Bicara seni pertunjukan, Kota Surakarta memiliki Tari Langendriyan, Tari Gambyong, Tari Pareanom, dan Tari Bedhaya Ketawang. Selain itu, kulinernya juga enak-enak, sebut saja serabi dan timlo, dua menu makanan yang selalu diburu para wisatawan. Selain itu, dari potensi subsektor kriya, Kota Surakarta memiliki ragam produk kreatif di antaranya Batik Solo, wayang kulit, dan Blangkon Serengan.

Seni khas Solo.

Photo :
  • Istimewa
Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf akan membantu Pemerintah Kota Surakarta untuk membawa seni pertunjukan khas Solo ke UNESCO. ”Tahun ini kita siapkan workshop ini dulu nih, supaya tercipta diskursus. Diskusi antara para pelaku juga dengan stakeholders, dan pemerintah kota. Setelah mantap semuanya siap, kita ajukan lagi. Kali ini 2023, siap semua untuk UNESCO?” kata Sandi, disambut semangat para peserta workshop yang diselenggarakan di The Purwohamijayan, Kota Surakarta belum lama ini.

Untuk mempersiapkan rencana tersebut, Sandi menugaskan jajarannya untuk mengawal dan mematangkan langkah menuju UNESCO tahun depan. ”Saya tugaskan langsung Pak Vincen Deputi Bidang Destinasi dan Infrastruktur, Pak Haryanto Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif langsung mendukung. Supaya nanti, bukan hanya dari penyiapan sisi anggaran dan lain sebagainya. Tapi juga kesiapan informasi tadi, yang diperlukan kan informasi. Kalau informasi nggak lengkap yang nggak di-assess dengan baik. Kami komit,” kata Sandi.

Kemenparekraf/Baparekraf terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Surakarta. Itu dilakukan melalui kegiatan jejaring kabupaten/kota kreatif, sehingga dapat mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan potensi subsektor masing-masing.

Dalam workshop tersebut, Sandi tampak didampingi oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Aryo Widyandoko. Penggiat budaya lokal Heru Mataya pun dihadirkan dalam workshop tersebut. 

Sandi mengatakan, dari hasil diskusi-diskusi melalui workshop tersebut akan menciptakan beberapa inovasi dan informasi untuk melengkapi pengajuan seni pertunjukan Solo ke UNESCO tahun depan. ”Langkah-langkahnya konkret. Outcome dan ouput-nya adalah tahun depan, Solo bisa mendapatkan predikat creative cities network yang diisukan oleh UNESCO,” ungkap Sandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya