Jadi Ibu Rumah Tangga Sekaligus Sukses Berbisnis, Gimana Caranya?

Ilustrasi bisnis fesyen.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA – Melalui presidensi G20, Indonesia berperan dalam agendanya untuk mencapai ekonomi inklusif dengan mendorong wirausaha perempuan. Data dari KemenKopUKM (Kementerian Koperasi dan UKM) yang menelisik dari data BPS tahun 2021, total wirausaha yang dimiliki oleh perempuan adalah sebesar 64,5 persen. 

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Hal itu menunjukkan, peran perempuan dalam ekonomi mikro Indonesia sangatlah besar, yaitu para ibu telah mengendalikan separuh lebih dari seluruh total wirausaha di Indonesia. 

Namun, untuk menjadi perempuan yang menjalankan usaha tidaklah mudah. Ada banyak tantangan serta hambatan yang menyertainya, seperti pandangan sosial bahwa perempuan hanya berperan di lingkungan domestik saja, dengan begitu keluarga tidak memberikan dukungan penuh pada para perempuan untuk berwirausaha. 

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Usaha yang sudah dibangun oleh perempuan pun sering kali tidak maksimal karena mereka dituntut untuk lebih memprioritaskan waktu, tenaga, modal dan energinya untuk mengurus keluarga. 

Ilustrasi membersihkan rumah

Photo :
  • Pusapu
Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Dengan banyaknya keterbatasan yang dihadapi perempuan untuk menjalankan wirausaha, Evermos bersama dengan W20 bertekad untuk mendukung para perempuan untuk menjadi wirausaha perempuan yang berdaya melalui rangkaian acara ruang dialog eksklusif dengan tema Story of Us: TogetHER Stronger.

Para pengusaha perempuan yang telah sukses diundang untuk berbagi cerita, pengalaman dan inspirasi soal bagaimana perempuan bisa berhasil membangun usaha di tengah tanggung jawab sebagai istri dalam keluarga. 

Sesi pertama dari tiga rangkaian ini telah diadakan pada Rabu, 22 Juni 2022 di Hotel Malaka, Bandung. Peserta mendapatkan banyak pembelajaran dari perspektif perempuan seperti manajemen waktu, manajemen finansial, cara membangun sebuah tim dan cara marketing bisnis yang baik.

Tiga pembicara yang menjadi sorotan dalam acara ini yaitu Reni Triana SE.ME. yang merupakan pendiri brand fesyen muslim Sakinah, Rika Prasetia yang merupakan pendiri brand kecantikan Vienka Skincare, dan Fitrias Rahayu yang merupakan pendiri brand kecantikan Tufine.id. 

Ilustrasi bisnis kuliner.

Photo :
  • Pixabay

Co-Founder Evermos, Iqbal Muslimin mengatakan, membangun dan menjalankan bisnis di tengah peran sebagai perempuan selalu bisa menjadi sebuah kisah inspiratif untuk banyak orang. 

"Dengan saling berbagi kisah sukses dan kisah kegagalan yang pernah dilalui mereka, para pelaku wirausaha perempuan bisa menjadi lebih kuat dan saling mendukung satu sama lain," kata Iqbal dalam keterangannya, Selasa 12 Juli 2022. 

"Dengan mewadahi para perempuan Indonesia untuk berdaya, diharapkan akan semakin banyak wanita Indonesia yang kreatif dan aktif berperan pada perekonomian global," imbuh Iqbal Muslimin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya