Fakta Menyedihkan, Bayi Lahir Hanya dengan Satu Mata

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Kehadiran bayi di dunia ini merupakan sebuah anugerah maupun kebahagiaan yang tak tertakar bagi para calon orangtua. Tidak banyak yang diharapkan dari hadirnya seorang bayi di tengah-tengah keluarga, kecuali sehat dan sempurna tanpa kurang sedikit pun.

Miris! Tak Ada Susu, Bayi di Gaza Terpaksa Minum dari Seduhan Tepung

Tapi bagaimana halnya dengan seorang bayi yang lahir hanya dengan satu mata? Kasus seperti ini rupanya pernah terjadi pada beberapa tahun yang lalu, dan di Indonesia sendiri pun kondisi seperti ini pernah dialami oleh seorang bayi perempuan yang lahir di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Pada Oktober 1766, seorang bayi di Prancis pun lahir dengan kondisi yang sama. Laporan kasus dibuat di Mercure de France dan ilustrasi bayi dibuat oleh Marie Bihéron. Kasus ini juga disebutkan dalam Volume IV dari L'Histoire Naturelle Buffon.

Bunda Wajib Tahu, Ini Cara Menyimpan MPASI dengan Aman dan Terhindar dari Bakteri

Sayangnya, bayi-bayi tersebut tidak bisa diselamatkan setelah mencoba bertahan hidup selama beberapa jam. Lantas apa yang menjadi penyebab bayi tersebut lahir hanya dengan satu mata? Sebelum kami bagikan sederet potret seram bayi yang lahir hanya dengan satu mata, baiknya kita mengetahui dulu apa penyebab dan jenis penyakit apakah ini? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini akan kami jelaskan selengkapnya untuk Anda.

Mata satu

Photo :
Lama Tak Terdengar, Darius dan Donna Agnesia Dikaruniai Anak Lagi?

Kondisi Bayi Lahir dengan Satu Mata

Kondisi bayi yang lahir hanya dengan satu mata ini dikenal sebagai cyclopia. Kasus kesehatan bayi bermata satu atau cyclopia ini merupakan salah satu bentuk cacat yang paling langka di dunia.

Cyclopia dikenal juga sebagai alobar holoprosencephaly. Kondisi kesehatan ini biasanya terjadi pada 1 dari 100 ribu bayi baru lahir. Meskipun jarang terjadi, tapi ada saja yang mengalaminya.

Cyclopia, berasal dari kata Yunani 'cyclopes' yang berarti 'bermata cincin', adalah kondisi langka yang menyebabkan seorang anak dilahirkan dengan satu mata, tanpa hidung, dan belalai (pertumbuhan seperti hidung) di atas mata. Namun, bukan karena bayi memiliki satu mata, ini adalah kelainan parah pada otak bayi di awal kehamilan.

Cyclopia sering mengakibatkan keguguran atau lahir mati. Kelangsungan hidup setelah lahir sebagian besar hanya dalam beberapa jam. Dokter juga menyebutnya holoprosencephaly. Ini terjadi pada sekitar 1 dari 100.000 bayi baru lahir. Suatu bentuk kondisi juga ada pada hewan. Tidak ada cara untuk mencegah cyclopia dan saat ini tidak ada obatnya.

Sebagian besar kasus cyclopia biasanya terdeteksi dini jika Anda menerima perawatan prenatal yang tepat . Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kunjungan prenatal pertama harus dilakukan sedini mungkin pada kehamilan, sebaiknya pada trimester pertama. 

Sangat penting untuk memiliki identifikasi awal dari kondisi yang mendasarinya misalnya, pencegahan sifilis kongenital, pengendalian anemia, dan pencegahan komplikasi malaria.

Cyclopia juga bisa dibilang sebuah kondisi kelahiran langka yang terjadi ketika bagian depan otak tidak terbelah dengan benar menjadi dua bagian, yang dikenal sebagai belahan kanan dan kiri.

Cyclopia dapat menyebabkan kelainan struktural kepala dan wajah. Hal ini juga terkait dengan tingkat kelangsungan hidup yang rendah. Sebagian besar bayi yang lahir dengan cyclopia lahir mati atau meninggal dalam beberapa jam setelah lahir.

Pada artikel ini, kita melihat cyclopia secara lebih rinci, termasuk penyebab dan diagnosisnya. Kami juga mempertimbangkan prospek orang dengan kondisi ini.

Penyebab Bayi Hanya Lahir dengan Satu Mata

Penyebab cyclopia atau lahir dengan satu mata ini masih tidak dipahami dengan baik. Alasan mengapa bayi dengan cyclopia muncul seperti itu adalah karena bagian depan otak gagal membelah menjadi belahan kanan dan kiri.

Sejumlah besar bayi yang lahir dengan cyclopia mungkin juga memiliki malformasi kromosom mereka.

Faktor risiko
Ada beberapa faktor risiko yang terkait dengan kelahiran anak dengan cyclopia termasuk:

Faktor janin seperti:

  • Jenis kelamin wanita
  • Kelainan kromosom
  • Kehamilan ganda, terutama kembar
  • Sindrom kegagalan otak untuk membelah menjadi belahan kanan dan kiri, biasa disebut alobar holoprosencephaly.

Faktor ibu antara lain :

  • Keguguran sebelumnya
  • Infeksi selama kehamilan
  • Obat-obatan selama kehamilan (misalnya alkohol, aspirin, litium, antikonvulsan, hormon, asam retinoat, agen antikanker, dan obat kesuburan)
  • Sinar ultraviolet
  • Perkawinan sedarah (menikah dari nenek moyang yang sama)
  • Pil KB
  • Paparan insulin selama kehamilan
  • diabetes gestasional
  • Paparan racun alkaloid yang disebut cyclopamine

Menurut Organisasi Nasional untuk Gangguan Langka (NORD) , sepertiga bayi yang lahir dengan holoprosencephaly memiliki kelainan kromosom. NORD mencatat bahwa yang paling umum adalah memiliki tiga salinan kromosom 13, yang dikenal sebagai trisomi 13.

Holoprosencephaly juga dapat terjadi pada sindrom Smith-Lemli-Opitz , suatu kondisi genetik langka yang mempengaruhi banyak organ dan sistem tubuh.

Cyclopia juga dikenal sebagai alobar holoprosencephaly. Holoprosencephaly mengacu pada sekelompok kelainan langka di mana bagian depan otak tidak terbagi menjadi belahan kanan dan kiri. Ada empat jenis holoprosencephaly :

  • Alobar holoprosencephaly terjadi ketika otak tidak membelah menjadi belahan kanan dan kiri.Holoprosencephaly semi-lobar terjadi ketika belahan kiri menyatu dengan belahan kanan di lobus frontal dan parietal (samping).
  • Lobar holoprosencephaly terjadi ketika ventrikel kanan dan kiri terbentuk, tetapi hemisfer tetap menyatu.
  • Varian interhemispheric tengah (MIHV) holoprosencephaly terjadi ketika belahan kanan dan kiri terbentuk tetapi tetap menyatu di tengah.

Cyclopia adalah bentuk holoprosencephaly yang paling parah.

Tanda-tanda Bayi Lahir Hanya dengan Satu Mata

Pada penderita cyclopia atau bayi lahir hanya dengan satu mata, tidak ada pemisahan antara belahan otak kanan dan kiri. Cyclopia juga dapat mempengaruhi struktur kepala dan wajah. Tanda cyclopia yang paling jelas adalah mata tunggal atau mata yang terbagi sebagian dalam satu rongga.

Tanda-tanda lainnya termasuk:

  • Tidak adanya hidung
  • Belalai, atau struktur seperti hidung, di atas mata
  • Microcephaly, yang merupakan kepala kecil yang tidak normal
  • Bibir sumbing atau langit-langit mulut
  • Kelainan gigi
  • Kelainan hormonal
  • Hipoglikemia, yaitu gula darah rendah
  • Rendahnya kadar natrium dalam darah
  • Kelainan alat kelamin

Cara Mendiagnosis Bayi Lahir dengan Satu Mata

Bayi dengan mata satu

Photo :

Diagnosis Cyclopia atau bayi lahir dengan satu mata dapat dilakukan melalui USG . Tes ini dilakukan saat bayi Anda berada di dalam kandungan . Ultrasonografi juga dapat menentukan tanda-tanda kelainan pada organ dalam dan otak.

Meskipun USG dapat menunjukkan tanda-tanda kelainan, gambar yang tidak jelas dapat menyebabkan dokter Anda meminta tes lebih lanjut. MRI janin akan membuat gambar janin dan organ dalam lainnya menggunakan gelombang radio dan medan magnet. Ini dapat membantu untuk mengkonfirmasi diagnosis. Penggunaan MRI dan ultrasound tidak memiliki risiko bagi Anda dan bayi Anda.

Diagnosis sonografi adalah tes yang paling membantu untuk mengkonfirmasi terjadinya cyclopia. Di negara-negara di mana wanita tidak menerima perawatan antenatal yang konsisten dan tidak menjalani diagnosis prenatal, kasus seperti itu tidak akan terdeteksi.

Harapan Hidup Bayi Lahir dengan Satu Mata

Siklopia terjadi pada sekitar1 dari setiap 250 embrio 1 dari setiap 100.000 kelahiran tentang50% di antaranya adalah lahir mati. Bayi yang lahir dengan cyclopia bertahan hanya beberapa jam.

Tidak ada pengobatan standar untuk cyclopia atau bentuk lain dari holoprosencephaly. Perlakuanbiasanya berfokus pada mengatasi gejala dan memberikan bantuan hidup.

Potret Bayi Lahir Hanya dengan Satu Mata di Dunia

Bayi mata satu

Photo :

  1. Pada Oktober 1766, seorang bayi di Prancis lahir dengan cyclopia, hidup hanya beberapa jam. Laporan kasus dibuat di Mercure de France dan ilustrasi bayi dibuat oleh Marie Bihéron . Kasus ini juga disebutkan dalam Volume IV L'Histoire Naturelle karya Buffon .
  2. Pada 1 Maret 1793, seorang wanita berusia 46 tahun di Boalts Torp, Glimåkra , Swedia melahirkan seorang anak dengan cyclopia yang meninggal setelah dua jam. Anak itu panjangnya 35 cm, wajahnya tanpa hidung dan lubang hidung, dan matanya yang tanpa kelopak tanpa alis terangkat di tengah dahinya seperti blueberry besar. Pergelangan tangan agak bengkok serta kaki kanan yang benar-benar bengkok dan bengkok ke dalam. Tidak jelas apakah itu laki-laki atau perempuan, tetapi diyakini yang pertama. [12]
  3. Pada tanggal 28 Desember 2005, seekor anak kucing dengan cyclopia, "Cy", lahir di Redmond , Oregon , Amerika Serikat dan meninggal sekitar satu hari setelah lahir. 
  4. Pada tahun 2006, seorang bayi perempuan di India dengan cyclopia lahir. Satu-satunya matanya ada di tengah dahinya. Dia tidak memiliki hidung dan otaknya tidak terpisah menjadi dua belahan yang terpisah ( holoprosencephaly ). [14] Anak itu meninggal satu hari setelah kelahirannya. 
  5. Pada tahun 2011, janin hiu cyclops albino ditemukan dalam tubuh hiu yang ditangkap di Meksiko, tanpa hidung dan satu mata raksasa. Janin yang belum lahir diserahkan untuk studi medis. 
  6. Pada 10 Oktober 2012, seekor anak kucing kecil lahir. Matanya berada di tengah dahi dan tidak ada hidung yang berkembang. Kucing kecil itu mati tak lama setelah lahir. Itu dijuluki Cleyed the Cyclops. 
  7. Pada 10 Mei 2017, di Assam, India , seekor kambing hitam lahir dengan satu mata dan kelainan wajah terkait cyclopia lainnya. Dilaporkan masih hidup lebih dari seminggu kemudian, yang tidak biasa untuk kondisi ini. 
  8. Pada 13 September 2018, di Mandailing Natal, Sumatera Utara , Indonesia , seorang bayi dengan cyclopia lahir tanpa hidung dan satu mata dengan berat 2,4 kg (5,3 lb) dan detak jantung di bawah 100 bpm. Anak itu meninggal tujuh jam setelah lahir. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya