Tips Memilih Warna Cat Tembok, untuk Rumah Nyaman

Ilustrasi warna cat rumah
Sumber :
  • thespruce

VIVA Lifestyle – Memilih warna cat rumah tidak hanya sulit; itu bisa menakutkan! Jika memilih warna yang membosankan, rumah Anda akan tampak datar dan tidak menarik, tetapi jika warna catnya terlalu berani, mungkin membuat tetangga marah. 

The Good Reasons to Neuter Your Cat

Namun melakukannya dengan tepat dengan memilih warna eksterior rumah yang sempurna dan kombinasi trim dapat mengubah hidup Anda. Saat Anda mempertimbangkan warna cat untuk eksterior rumah, ingatlah bahwa warna cat terbaik adalah yang menonjolkan fitur paling indah dari rumah Anda.

Itulah salah satu alasan untuk mengetahui sedikit tentang arsitektur hunian karena sejarah dapat memberi tahu Anda banyak tentang warna apa yang telah bekerja untuk berbagai gaya rumah selama bertahun-tahun. 

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Juga ingat bahwa penggunaan warna yang terampil terkadang dapat menyamarkan kekurangan desain, meningkatkan daya tarik tepi jalan dan nilai pasar rumah Anda. Dikutip dari thespruce, berikut ini tips memilih warna atau cat untuk rumah Anda. 

Ilustrasi ruangan/cat dinding

Photo :
  • Ist.
Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Perhatikan sejarah rumah 

Jika Anda berencana untuk mengecat rumah yang lebih tua, Anda mungkin ingin menggunakan skema warna yang akurat secara historis. Anda dapat merujuk ke bagan warna bersejarah dan memilih warna yang umum pada saat rumah Anda dibangun.

Semakin sederhana arsitektur rumah Anda, semakin sedikit warna yang Anda perlukan. Untuk gaya rumah Victoria yang rumit dengan hiasan hiasan, Anda mungkin berencana menggunakan empat hingga enam warna, sementara rumah peternakan sederhana mungkin hanya membutuhkan dua warna. 

Pertimbangkan tetangga

Rumah di sebelah dapat memberi Anda ide warna cat, tetapi meniru tetangga dengan tepat adalah ide yang buruk. Pilih warna yang membedakan rumah Anda tetapi tidak berbenturan dengan bangunan di dekatnya. 

Lihatlah di sekitar lingkungan Anda. Apakah arsitektur rumah Anda terlihat seperti rumah tetangga? Apakah Anda berada di kawasan pinggiran kota dengan rumah-rumah di sekelilingnya, atau apakah tetangga Anda pepohonan? Atau apakah rumah Anda berdiri terpisah di dalam lingkungan, seperti rumah pertanian besar asli yang sekarang dikelilingi oleh rumah-rumah abad pertengahan bergaya peternakan yang lebih baru?

Pinjam dari alam

Ilustrasi cat rumah.

Photo :
  • Pixabay

Lanskap di sekitar rumah Anda mekar dengan ide warna. Prevalensi pohon mungkin menyarankan palet hijau dan cokelat yang bersahaja. Pengaturan pantai mungkin menyarankan penggunaan warna biru cerah dan pirus atau bahkan nuansa merah muda. 

Taman halaman depan dapat menginspirasi kombinasi warna yang menarik untuk rumah Anda berdasarkan apa yang muncul di taman pada waktu tulip. 

Perhatikan detailnya

Untuk menekankan detail arsitektur, catlah dengan warna aksen yang memiliki hubungan yang disengaja dengan warna latar belakang rumah. Ini bisa berupa penggunaan warna komplementer, warna kontras, rona warna dalam keluarga warna yang sama, atau terkadang bahkan warna bentrok, tergantung pada efek yang ingin Anda capai.

Pastikan memilih cat yang sesuai 

PT Mowilex Indonesia (Mowilex), perusahaan yang memproduksi cat dan pelapis premium meraih penghargaan Perusahaan Terkelola Terbaik (Best Managed Companies) di Indonesia 2022 dari Deloitte, Mowilex menjadi satu-satunya perusahaan cat yang menerima penghargaan bergengsi tersebut. 

Program Indonesia’s Best Managed Companies memberikan penghargaan kepada perusahaan swasta terkemuka di Indonesia atas keberhasilan organisasi, kontribusi industri, dan dampak ekonomi.

Panel independen mengevaluasi para kandidat penerima penghargaan berdasarkan kerangka kerja yang diterapkan pada 1.200 perusahaan lain di 48 negara di seluruh dunia. Juri mengkaji strategi, kualitas manajemen, kapabilitas dan inovasi, budaya dan komitmen, serta tata kelola dan keuangan. 

“Penghargaan adalah sebuah potret waktu, bukan tujuan akhir. Mowilex menghadapi tantangan yang kompleks dan persaingan yang tangguh, tetapi kami berhasil ketika kami merangkul peluang kepemimpinan dan terus melakukan perbaikan,” ujar Niko Safavi, CEO PT Mowilex Indonesia, dalam siaran persnya. 

Niko Safavi menerima penghargaan Best Managed Companies pada acara yang diselenggarakan oleh Deloitte, bulan Juli di Hotel Pullman, Jakarta. Pada acara seremonial ini, Mowilex dan pemenang tahun 2022 lainnya diberikan penghargaan secara langsung. 

“Enam perusahaan yang keluar menjadi pemenang tahun ini telah membuktikan kontribusi mereka terhadap komunitas bisnis dan perekonomian Indonesia," ujar Claudia Lauw, Country Managing Partner, Deloitte Indonesia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya