6 Pakaian Adat Jokowi Saat Hadiri Upacara HUT RI dari Tahun ke Tahun

Presiden Jokowi memimpin upaca peringatan HUT TNI ke-77 di Istana Merdeka
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA Lifestyle – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat pada saat upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu, 17 Agustus 2022.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pada Upacara HUT RI tahun ini, terlihat Jokowi menggunakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara, Dolomani. Pakaian yang dikenakan presiden itu terdiri dari baju, celana, sarung, kopiah yang dilengkapi dengan badik serta katuko atau tongkat.

Mengutip dari tayangan TVOne, diketahui Pemerintah kota Bau-bau telah mengirim pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani yang sarat filosofi kepemimpinan.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Dolomani dari Buton

Photo :
  • Istimewa

Pakaian Dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan dimana motifnya memiliki filosofi kepemimpinan. Salah satu corak tumbuhan yang menempel di baju dan kopiah bertuliskan Maulana dalam bahasa Arab berarti pemimpin umat.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Selin itu diketahui Presiden Jokowi memulai mengenakan pakaian adat saat Upacara HUT RI yang ke-72, tepatnya di tahun 2017. Nah, berikut Viva berikan ulasan mengenai pakaian adat Jokowi di upacara HUT RI dari tahun 2017 hingga 2021.

Baju Adat Kalimantan Selatan (HUT RI Ke -72)

Presiden Joko Widodo saat menerima bendera merah putih di Upacara HUT RI 72

Photo :
  • Dokumen dari Twitter Sekretaris Kabinet

Baju adat yang digunakan oleh Presiden Jokowi tahun 2017 adalah baju adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan.

Baju adat Tanah Bumbu merupakan busana masyarakat Pagatan, sebuah kelurahan di Kabupaten Tanah Bumbu yang mayoritas penduduknya suku Bugis. Ciri khas baju adat ini adalah kain tenun Pagatan yang dipakai sebagai sarung dan laung atau penutup kepala.

Perlu diketahui, sarung tenun Pagatan ini dulunya hanya boleh dipakai oleh bangsawan suku Bugis. Sarung pada baju adat Tanah Bumbu ini memiliki makna manusia terampil dan pekerja keras. Sementara laung memiliki makna kewibawaan dan keperkasaan.

Baju Adat Aceh (HUT RI Ke -73)

Presiden Jokowi dan Iriana selfie dengan pakaian adat

Photo :
  • Biro Pers Kepresidenan

Tahun berikutnya di upacara HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat Aceh. Baju adat yang Presiden Jokowi gunakan adalah baju Meukeusah yang terlihat lengkap dengan penutup kepala yang digunakan.

Baju Meukeusah sendiri merupakan baju adat yang terbuat dari bahan tenun sutra yang biasanya memiliki warna dasar hitam yang disebut Linto Baro. Warna hitam dalam kepercayaan tradisional Aceh disebut juga sebagai simbol kebesaran.

Baju Adat Bali (HUT RI Ke -74)

Presiden Jokowi berfoto bersama Gibran Rakabuming, Jan Ethes, AHY, dan Anisa jelang Upacara HUT RI ke-74 di Istana Merdeka

Photo :
  • VIVA/Agus Rahmat

Baju adat yang digunakan Presiden Jokowi pada HUT RI ke 74 adalah baju adat Klungkung yang lengkap mulai dari kain batik sebagai bawahan dan penutup kepala. Baju adat Klungkung bermotif hitam berpadu dengan kain batik sebagai bawahan dan tutup kepala.

Baju Adat Nusa Tenggara Timur (HUT RI Ke -75)

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat NTT saat HUT RI ke-75

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Baju adat yang digunakan presiden adalah baju adat Timor Tengah Selatan yang memiliki motif kain berantai nunkolo. Motif itu telah memilih dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber udara.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga lengkap menggunakan ikat kepala berbentuk dua tanduk kecil. Ikat kepala itu memiliki makna sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja sebagai mahkota.

Baju Adat Lampung (HUT RI Ke -76)

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung saat peringatan HUT RI ke 76

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Baju adat lampung ini terdiri dari baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang yang juga berwarna putih.

Adapun bagian luar dibalut sarung khas Lampung yang bernama Sarung Tumpal, teman-teman. Baju adat yang dikenakan ini juga lengkap dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang sesuai dengan warna yakni warna merah.

Nah, demikian deretan baju adat yang di pakai oleh presiden Joko Widodo saat menghadiri acara upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia dari tahun ke tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya