5 Profesi Digital Ini Paling Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Ilustrasi Digitalisasi.
Sumber :
  • Olsera

VIVA Lifestyle – Seiring pergantian tahun permintaan karier di bidang teknologi semakin meningkat. Ini tentunya menjadi kabar baik bagi mahasiswa di bidang teknologi karena peluang kerja terbuka lebar.

Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Diketahui, tingginya potensi ekonomi digital Indonesia menuntut kebutuhan talenta digital yang juga besar.

Pemerintah telah menyatakan untuk menyambut era revolusi industri 4.0, dimana Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital hingga 2030 seiring dengan perkembangan pesat teknologi dan investasi yang terus bertumbuh di sektor ini.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Beberapa karier dan profesi yang diprediksi akan paling banyak dibutuhkan di bidang IT mengutip laman IT Career finder:

1. IT Security Speciality
IT Security akan tetap menjadi perhatian utama bagi para eksekutif TI dan manajer perekrutan karena frekuensi, ruang lingkup, dan kompleksitas serangan dunia maya terus meningkat.

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

Tahun demi tahun, eksekutif TI melaporkan secara aktif mencari profesional dengan keterampilan keamanan informasi, tetapi sulit menemukan bakat yang baik.

Ilustrasi cyber security

Photo :
  • www.pixabay.com/typographyimages

Ini menunjukkan peluang luar biasa bagi para profesional teknologi untuk meningkatkan keterampilan dan sertifikasi keamanan siber mereka.

Keterampilan keamanan komputer dalam permintaan terbesar termasuk keamanan operasi TI, pengembangan aplikasi web dan seluler yang aman, manajemen risiko, jaminan informasi, keamanan jaringan, dan keamanan cloud.

2. Mobile Application Developer
Mobile Application Developer adalah salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Karena ponsel pintar dan tablet terus mengubah cara kita berkomunikasi, berbisnis, dan mengakses berita & hiburan, permintaan akan aplikasi seluler baru dan inovatif tumbuh dengan kecepatan luar biasa.

Peningkatan permintaan ini diterjemahkan menjadi salah satu kesenjangan keterampilan TI terbesar yang pernah disadari – hanya ada lebih banyak lowongan pekerjaan pengembangan aplikasi seluler daripada pengembang terampil untuk mengisinya.

Android developer.

Photo :
  • U-Report

Platform Google Android dan Apple iOS (iPhone, iPad & Apple Watch) akan terus menawarkan peluang karier terbanyak bagi pengembang seluler.

3. Software Engineer
Permintaan tenaga kerja untuk Software Engineer akan meningkat seiring dengan kemajuan teknologi dan perangkat lunak yang tumbuh di mana-mana.

Misalnya, adopsi teknologi cloud yang cepat mendorong permintaan untuk insinyur perangkat lunak aplikasi yang dapat membangun program cloud yang aman dan skalabel.

Ilustrasi Senior Engineer.

Photo :
  • Businessinsider.com

Demikian juga, ketika proliferasi sistem komputer berlanjut dan perangkat lunak menyebar ke industri baru dan perangkat pintar, kebutuhan untuk mengembangkan sistem komputer yang menggerakkan inisiatif ini akan menciptakan pekerjaan bagi Permintaan tenaga kerja untuk Software Engineer.

4. Video Game Designer
Industri game senilai 140+ miliar dolar telah meningkat lebih dari tiga kali lipat selama dekade terakhir. Di luar pasar yang berkembang pesat untuk game PC dan konsol, peningkatan popularitas, kekuatan pemrosesan dan kemampuan grafis perangkat seluler telah membuka dunia baru peluang kerja bagi desainer, artis, dan pemrogram video game.

Desainer game dengan keahlian pengembangan seluler akan sangat dicari karena ponsel pintar dan tablet terus mengubah cara permainan video dimainkan.

Pekerjaan desainer game juga akan mendapat manfaat dari teknologi yang muncul dan meningkatnya permintaan untuk aplikasi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

5. Computer Systems Analyst
Ketika organisasi terus meningkatkan ketergantungan mereka pada teknologi, analis sistem komputer akan dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi teknologi yang ada dan merancang sistem baru.

Perawatan kesehatan adalah industri utama untuk pertumbuhan pekerjaan analis sistem, karena mandat pemerintah yang agresif dan inisiatif pendanaan terus mendorong peningkatan adopsi rekam medis elektronik (EMR), layanan resep elektronik, dan proyek perangkat lunak kesehatan-sentris lainnya.

Departemen Tenaga Kerja AS juga memperkirakan peningkatan 43% dalam perekrutan analis sistem di perusahaan konsultan TI, yang berarti sejumlah besar peluang kerja lepas dan kontrak dalam peran pekerjaan ini.

Ilustrasi Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Photo :
  • vstory

Guna mencapai keselarasan kualitas sumber daya manusia dengan kebutuhan dunia kerja, perusahaan berbasis teknologi terkemuka asal Indonesia, Traveloka, menghadirkan Traveloka Internship Program yang merupakan program pengalaman belajar berbasis karier.

Chief People Operations, Traveloka, Ellen Tuwaidan, mengatakan talenta digital yang cakap mampu memberikan dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi digital dengan lebih maksimal.

Melalui Traveloka Internship Program, pihaknya memberikan kesempatan untuk berlatih dan menyelesaikan proyek yang relevan dengan konteks bisnis terkini.

Program ini diketahui berlangsung selama 5 bulan dengan memenuhi sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang berada di tahun terakhir perkuliahan.

Pada batch ketiga yang berlangsung pada 16 Agustus hingga 31 Desember 2022, yang membuka kesempatan untuk program magang di beberapa bidang seperti android engineer, backend engineer, brand activation, business operation, cloud infra, content & social media marketing, data analyst, data engineer, DevOps engineer, employer branding platform, HR business process improvement, dan iOS engineer.

Sejauh ini terdapat 12,607 mahasiswa yang telah mendaftarkan diri.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya