Jade Princessa Balerina Muda Indonesia yang Berkarier di Amerika

Jade Princessa
Sumber :
  • IG @jade.princessa

VIVA Lifestyle – Profesi balerina masih dipandang sebelah mata di Indonesia. Setidaknya hal itu yang dirasakan oleh Jade Princessa. Ia merupakan pebalet Tanah Air yang menerima beasiswa level 3 academy di Orlando Ballet School, Florida, USA (2019-2021) dan pada Agustus 2022 menerima tawaran Apprentice di Junior Corps Company Member di Arts Ballet Theatre of Florida sebagai professional ballerina.

Dihadiri Sederet Bintang Dunia, Segini Harga Tiket Met Gala yang Fantastis

Ia telah berlatih sejak usia 7 tahun dengan dukungan orangtua dari keluarga yang sederhana, Jade membuktikan kerja kerasnya dengan prestasi di ajang Regional Jakarta Asian Grand Prix 2019 hingga meraih medali emas (solo & grup) Asia Pacific Arts Festival 2019 di Ho Chi Minh, Vietnam.

"Saya gak punya kimpi untuk keluar negeri segala macem. Palign saya berpikir hanya jadi dancer atau pengajar. Namun setelah ikut beberapa lomba, dapat scholarship ke luar negeri," ujarnya saat ditemui di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

Tidak mudah bagi Jade menggapai semua itu. banyak tantangan yang ditemui dari lingkungan sekitar bahkan keluarga dan kerabat. Mereka yang merendahkan tidak melihat balerina sebagai profesi yang menjanjikan.

Mau Jadi Konten Kreator? Intip Kisah Inspiratif Fajar Ibrahim

"Dari awal jade fokus di balet itu tantangan, balet tidak berkembang seperti yang kami harapkan. Banyak intimidasi bahkan dari keluarga, 'ngapain dukung balet, udah mahal, yang penting sekolah'," kata ibunda Jade. 

Seiring jalannya waktu, balet mulai berkembang. Hanya saja, jade masih merasa ada kesenjangan antara Indonesia dengan luar negeri. Kini, Jade ingin menjembatani dan mengembangkan balet di Tanah Air dengan diawali berkarier sekaligus menimba pengalaman di luar negeri.

Keluarga Jade Princessa

Photo :
  • ist

"Harapan saya ke depannya saya bisa membangun sebuah wadah atau foundation untuk penari-penari dari Indonesia yang ingin berkarir ke luar negeri. Belajar dari pengalaman saya betapa susahnya untuk bisa bersekolah dan masuk company diluar ngeri, saya ingin membantu penari-penari yang lain dan membuka pintu untuk mereka," kata Jade.

Sementara itu,  Layananpengadaan.id (LPI) sebagai partner resmi Manajemen Publik Jade Princessa turut meyakini keberangkatan Jade ke Arts Ballet of Theatre of Florida di Miami adalah momentum yang dapat mewakili mimpi setinggi langit yang menjadi hak setiap anak bangsa di Indonesia. Ia menyebut, pihaknya juga akan terus memantau perkembangan Jade selama berada di Amerika Serikat. 

"Jade di usianya yang sangat muda telah membuktikan bahwa talenta muda dari Indonesia juga bisa menjadikan ballet, sebagai seni tari yang mendunia, menjadi kemampuanyang memberi dampak positif dalam kehidupan, baik bagi diri pribadi, keluarga, dan masyarakat melalui ketekunan dan kerja keras," ungkap Zulfikar Dachlan selaku pendiri Manajemen Publik LPI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya