Cara untuk Kaum Muda Agar Usaha Bisa Lebih Maju dan Berkembang

Ilustrasi anak muda.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Di era digital saat ini, paradigma pekerjaan yang didambakan oleh kaum milenial dan generasi Z semakin berkembang ke arah entrepreneurship atau wirausaha bisnis. Terlebih era digital juga membuka banyak peluang serta fasilitas yang bisa mewadahi kaum muda untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih dikenal luas dan meraih sukses.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

Ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan generasi muda untuk meningkatkan bisnisnya. Salah satunya melalui ajang Super Adventure Dare To Be The Next Superpreneur. Usai penyelenggaraan pertama tahun lalu, program ini kembali bergulir dan membuka pendaftaran untuk para entrepreneur muda Indonesia yang mau berkompetisi secara sehat serta meraih sukses melalui wirausaha.

Ada sederet sosok pebisnis muda sukses yang didapuk sebagai juri sekaligus mentor yaitu Jeffry Jouw owner USS Networks & Kick Avenue, Brian Imawan CEO & Founder Jumpstart Indonesia, Dea Salsabila CEO & Founder Rentique, Bagus Satrio Founder Sagara Boot, dan Adit Yara Founder NIION. Mereka akan menjadi daya tarik bagi para kaum milenial dan generasi Z dalam meraih sukses serupa.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Jeffry Jouw selaku salah satu juri optimis, peluang anak-anak muda Indonesia untuk meraih sukses sebagai entrepreneur sangat besar. Dengan populasi penduduk yang besar dan didominasi oleh generasi muda, maka peluang bisnis masih sangat terbuka lebar sepanjang mau mengembangkan diri dan mengasah kemampuan.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

“Potensi generasi muda kita sebagai wirausaha sangat tinggi, karena masih banyak sekali kesempatan. Ekosistem kita pun sangat mendukung untuk berwirausaha. Maka perlu kita dorong supaya anak-anak muda bisa membaca peluang dan mengembangkan diri, yaitu dengan bekerjasama dan berkolaborasi,” kata Jeffry Jouw yang lebih dikenal sebagai Jejouw dalam keterangan tertulisnya. 

Menurutnya, program entrepreneurship seperti Super Adventure Dare To Be The Next Superpreneur, merupakan wadah yang harus dimanfaatkan para pebisnis muda agar bisa melebarkan sayap usahanya dan dikenal lebih luas.

“Lewat Dare To Be The Next Superpreneur, kami menantang kaum muda untuk berani berkompetisi dan mengembangkan bisnis. Di sini kita akan membantu mereka yang usahanya belum berkembang maksimal, namun punya potensi yang kuat,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Super Adventure, Aloysius Dwiwoko H, mengatakan ajang tersebut digelar untuk memotivasi anak-anak muda yang punya jiwa petualang dan memiliki nilai local pride yang tinggi, untuk meraih sukses lewat bisnis dan usaha yang mereka miliki. 

Selain hadiah senilai total Rp500 juta, para peserta Dare To Be The Next Superpreneur juga akan mendapat berbagai wawasan dan edukasi yang penting dari para expert seperti Jejouw dan Sammy Bramantyo ‘Lawless Jakarta’.

“Kami melihat generasi muda kita banyak yang punya potensi sebagai entrepreneur dan bisnisnya pun keren-keren. Ini yang mau kita dukung dan dorong lewat Super Adventure Dare To Be The Next Superpreneur, supaya mereka bisa semakin berkembang dan brand-nya semakin dikenal luas. Hingga saat ini fase pendaftaran masih terbuka dan kami berharap semakin banyak entrepreneur muda yang bergabung,” ujar pria yang akrab disapa Tiyok.

Ia menjelaskan, animo peserta sangat tinggi. Sejak pendaftaran dibuka pada 1 Juli 2022 hingga saat ini tercatat ada lebih dari seribu submission yang masuk. Berbeda dari ajang tahun lalu yang berlangsung online, Super Adventure Dare to Be The Next Superpreneur 2022 diselenggarakan dengan format hybrid atau menggabungkan online dan offline serta roadshow ke empat kota besar di Indonesia, yakni Surabaya, Semarang, Bandung dan Jakarta.

Babak grand final nantinya akan berlangsung di Jakarta bersama para juri dan praktisi bisnis terkemuka. Peserta bisa mengikuti ajang ini dengan cara membuat video presentasi singkat yang menggambarkan bisnis yang dijalankannya. Durasi video maksimal satu setengah menit  berisikan latar belakang bisnis, produk beserta unique selling point (USP), serta motivasi dan alasan agar bisa menjadi juara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya