Wow! Ini 7 Keistimewaan Menikah di Hari Jumat Menurut Islam

Ilustrasi prosesi akad nikah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah.

VIVA LifestyleKeistimewaan Menikah atau merupakan sebuah sarana atau salah satu jalan dalam menyempurnakan kesempurnaan dan keislaman. Dalam pernikahan menikah merupakan sebuah suci yang menghalalkan sepasang manusia, seorang laki-laki dan seorang laki-laki.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Kelak pernikahan inilah yang akan dilahirkan oleh keturunan yang sholeh dan sholehah. Tujuan dalam islam juga menjadi salah satu cara untuk menghindari perbuatan-perbuatan maksiat salah satunya adalah zina dalam islam .

Yuk scroll ke bawah!

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Nah, ternyata Islam memiliki sangat khusus dalam memilih hari terbaik sebagaimana juga nikah siri dalam islam . Di mana hari Jumat merupakan hari yang disarankan untuk mengadakan pernikahan atau menikah. Nah, apa saja keistimewaannya? Simak ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Hari Terbaik

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

5 Artis Cantik Bollywood Beragama Islam, Ada yang Menikah dengan Ulama

Photo :
  • antv

Keistimewaan yang pertama adalah, bahwa hari jum’at merupakan hari yang dianggap sebagai hari baik. Pasti sangat tepat jika pada hari yang baik ini, anda sempurna dengan mengadakan pernikahan.

Pernikahan di sini adalah acara ijab dan Qabul, sedangkan untuk resepsi dapat dilakukan kapan saja. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari ini, Adam diciptakan; di hari ini, beliau dimasukkan ke dalam surga, di hari ini pula, beliau dikeluarkan dari surga. Di hari Jumat terdapat satu waktu, apabila ada seorang hamba yang berdoa memohon kepada Allah pada waktu itu, maka Allah akan memberikannya.” (HR. Ahmad 10823, Turmudzi 493 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

2. Hari Paling Agung

Sepasang Anak di Bawah Umur menikah

Photo :
  • VIVA / Supriadi Maud (Sulsel)

Dalam hadis dari Abu Lubabah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya hari jumat adalah sayyidul ayyam dan hari paling agung di sisi Allah”. (HR. Ahmad 15947, Ibn Majah 1137, dan dihasankan al-Albani).

Berdasarkan hadist diatas, dijelaskan bahwa hari jum’at merupakan hari yang agung. Tentu saja hal ini menjadi sangat tepat digunakan sebagai hari menikah. Sebab pada hari ini semua keagungan Allah SWT akan dinampakan.

3. Hari Raya Islam

Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Koja, Jakarta Utara

Photo :
  • ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara

Secara tegas, beberapa pendapat para ulama menyatakan bahwa sangat disarankan untuk menikah atau melakukan akad nikah di hari jumat. Sebab hari jumat merupakan hari yang istimewa dalam islam, serta juga merupakan hari raya islam.

Di mana tepat pada hari Jum'at Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah SWT di surga. Sebagaimana Ibnu Qudamah mengatakan,

melakukan akad nikah pada hari jumat, karena beberapa ulama salaf menikmati hal itu, di antaranya, Samurah Ibnu Habib, Rasyid bin Said, dan Habib bin Utbah. Di sampin, ini merupakan hari yang istimewa dan hari raya islam. Di hari ini, Adam ‘alaihis salam diciptakan. (al-Mughni, 7/428).

4. Hari yang Dianjurkan

Akad nikah.

Photo :
  • U-Report

Keterangan lain disampaikan an-Nafrawi al-Maliki,

“Dianjurkan khitbah (lamaran) dan akad nikah dilakukan hari jumat setelah asar, karena mendekati waktu malam.” (al-Fawakih ad-Dawani, 2/11).

Tentu saja pernyataan diatas menegaskan bahwa hari jum'at menjadi keutamaan bagi umat islam untuk mengadakan lamaran atau juga akad nikah. Tentu saja ini adalah anjuran dasar bahwa memang hari Jum'at is the best for practice and menunaikan salah satu sunnah rasul ini.

5. Mendapatkan Keberkahan

Istri pembawa berkah.

Photo :
  • U-Report

Keutamaan dari melaksanakan akad nikah pada hari jum'at adalah diharapkan baik kedua mempelai atau keluarga akan mendapatkam keberkahan. Sebab sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa hari ini merupakan hari yang lebih baik untuk menjalankan pernikahan.

Tentu saja ini merupakan hal yang diharapkan dan nantinya akan menjadi bekal saat menjalankan bahtera rumah tangga.

6. Waktu Mustajab Dimana Doa Dikabulkan

berdoa

Photo :
  • U-Report

Hari Jum’at sendiri merupakam hari dimana do’a akan dilabulkam dan merupakam waktu yang mustajab. Tentu saja hal ini sangat baik, terutama ketika mendoakan atas kedua mempelai. Maka mudah-mudahan apa yang diharapkan dan segala kebaikan tercurah pada kedua mempelai dan calon keturunannya.

7. Hari Yang Diberkahi

Doa bangun tidur

Photo :
  • pixabay

Jum'at menjadi hari yang amat diberkahi, sebab pada hari ini segala kebaikan akan tercurah. Sehinhga sangat tepat tentunya jika bertepatan dengan diadakannya akad nikah. memastikan kebahagiaan ini juga akan hadir dalam acara, kedua mempelai dan juga keluarga serta sanak saudara yang hadir dalam doa restunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya