World Cleanup Day 2022, Yuk Pilah Sampah Mulai dari Rumah

Ilustrasi tempat sampah
Sumber :
  • Pixabay/Romi

VIVA Lifestyle – Hari aksi bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) merupakan sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga serta menciptakan kebersihan lingkungan

Benarkah Ada Plastik yang Bisa 'Bunuh Diri'

Kegiatan WCD yang diperingati setiap 17 September setiap tahunnya ini, mengarahkan masyarakat agar memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri dan rumah tinggal. Yuk, scroll.

"Acara ini kami dukung sepenuhnya karena sangat sesuai dengan program Pemprov DKI tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Warga," ujar Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dalam sambutannya saat memperingati World Cleanup Day (WCD), baru-baru ini. 

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Ali menambahkan, masalah sampah merupakan tanggung jawab setiap individu dan melalui kegiatan ini diharapkan membawa semangat bersama bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan.

Ilustrasi sampah.

Photo :
  • Pixabay
Pimpin Apel Pagi di Gedung Sate, Sekda Herman Ajak ASN Jabar Kerja Berorientasi Outcome

Tema besar WCD 2022 adalah 'Pilah Sampah dari Rumah' dengan melibatkan warga masyarakat, komunitas lingkungan, unit bank sampah dan 267 kelurahan yang tersebar di 6 lokasi wilayah DKI Jakarta. Keterlibatan bank sampah dalam program ini untuk menampung hasil pilah sampah yang terkumpul.

Direktur Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar turut mengapresiasi para relawan yang terlibat serta seluruh mitra dan jajaran pemerintah yang mendukung gelaran WCD.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sangat mendukung kegiatan World Cleanup Day. Hal ini mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah." ungkap Novrizal. 

Kampanye Pilah Sampah dari Rumah ini sejalan dengan kampanye yang digaungkan sebagai bagian Gerakan Sirkular Ekonomi Nasioanal Le Minerale. Oleh sebab itu, Le Minerale turut serta dalam kegiatan ini dan menerima penghargaan Original Rekor Indonesia dalam acara World Cleanup Day (WCD) 2022. Penghargaan tersebut diberikan menyusul kiprahnya yang dinilai konsisten mendukung gerakan World Cleanup Day sejak 2018. 

Ilustrasi sampah plastik.

Photo :
  • Freepik

Corporate Sustainability Director Le Minerale, Ronald Atmadja turut bangga pada penghargaan yang diberikan, sebagai salah satu perusahaan yang senantiasa berkontribusi terhadap lingkungan.

Ronald mengatakan, sebagai perusahaan air mineral yang berkomitmen untuk ikut melestarikan lingkungan di Indonesia, pihaknya akan terus bersinergi dengan banyak kalangan untuk menggencarkan gerakan ekonomi sirkular nasional.

"Sebagai produsen, kami menyatakan dukungan dan komitmennya dalam gerakan ini. Sejak awal kami dukung misi KLHK untuk mengurangi angka timbulan sampah. Karenanya, kami dengan terintegrasi terus menggerakan Ekonomi Sirkular sebagai bagian dari Extended Producers Responsibility (EPR) yang kini digaungkan pemerintah. Kami juga mulai mengarah pada upsizing dan melakukan berbagai edukasi pilah sampah dari rumah," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya