Ikuti 4 Tips Ini, Memulai Bisnis Dijamin Sukses

Ilustrasi mulai berbisnis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Menjadi pemilik usaha baik skala kecil maupun besar adalah impian bagi banyak orang tetapi juga bisa datang dengan tantangan. Namun jika sudah berhasil akan menjadi kepuasan tersendiri. 

BTN Ajak Nasabah Tempuh Jalur Hukum Tuntaskan Kasus Dugaan Penipuan

Menurut survei pemilik usaha kecil wanita yang dilakukan oleh OnePoll atas nama Office Depot, komponen penting untuk kesuksesan bisnis adalah memiliki akses ke pendanaan dan sumber daya, dikutip dari warwickonline. Scroll yuk untuk artikel lengkapnya.

Responden survei menyebutkan kekurangan dana (47%) sebagai salah satu rintangan terberat yang harus diatasi.  Untuk mempelajari lebih lanjut tentang memulai bisnis, berikut sejumlah tips. 

Lagi, Bank Mandiri Raih Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik Versi Forbes

1. Banggalah terhadap siapa dirimu

“Banyak ide bisnis yang bagus mati bahkan sebelum dimulai karena kami takut gagal, kami takut kesulitan yang menyertainya, tetapi kami benar-benar mampu menanggung apa pun yang kami hadapi,” kata Radhi Fernandez, The FAIYA Company. "Kita harus bangga dengan siapa kita, bangga dari mana kita berasal, dan kita harus menunjukkan kepada dunia apa yang kita mampu."

Komitmen Penuh Bank Mandiri Terapkan Prinsip ESG

2. Manfaatkan ekuitas keringat

“Awalnya tidak butuh uang, butuh waktu, yang disebut juga dengan sweat equity, untuk riset. Setiap hari, pelajari sesuatu yang baru tentang industri, sistem, apa yang dilakukan orang lain, pemasaran, akuntansi, kredit bisnis, dll. Kedua, pahami bahwa teman dan keluarga Anda bukan klien Anda, mereka dapat menjadi pendukung tetapi jangan biarkan hal itu terjadi Anda down jika dan/atau ketika mereka tidak mendukung,” kata Felipa Cespedes, FotoGenic Photo Booths.

3. Jadikan jaringan sebagai prioritas

"Selalu miliki kartu nama dan pergilah ke sebanyak mungkin acara networking — pagi dan sore. Selalu datang lebih awal dan tepat waktu, tidak pernah terlambat," kata Luis Arandia, Arandia Designs LLC. "Saya mulai dari bawah ke atas. Saya tidak memiliki pendukung keuangan ketika saya awalnya mendirikan bisnis saya sendiri."

4. Ikuti business coaching

Saat ini banyak pihak yang berupaya menggenjot pertumbuhan UMKM baik dari sisi pemerintah maupun swasta. Salah satu cara yang dipercaya bisa membantu akselerasi adalah dengan business coaching. 

“International Business Times mengatakan bahwa pendekatan trial & error adalah salah satu cara para pebisnis untuk mengidentifikasi strategi yang tidak berhasil dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis Tapi pendekatan trial & error ini membutuhkan uang, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit. Jika kita bisa mempercepat proses pembelajaran trial & error ini, maka pebisnis UMKM bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya,” tutur Coach Yohanes G. Pauly, Global Awards Winning Business Coach sekaligus Founder GRATYO? Practical Business Coaching.

Sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia, GRATYO? Practical Business Coaching yang merupakan business coaching company kelas dunia, menghadirkan kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF). Kompetisi ini bertujuan untuk mencari pemilik bisnis UMKM dan calon entrepreneur untuk di-coaching gratis selama satu tahun agar bisnisnya bisa naik kelas.

Merry Riana Geluti Investasi Trading Forex

Photo :

“Saya percaya bisnis UKM itu bukan Usaha Kecil Menengah, tapi Usaha Kecil Milyaran,” ujar Merry Riana, seorang entrepreneur, investor, dan content creator, yang juga adalah Managing Principal MD Co, yang ikut berkolaborasi di kompetisi Indonesia Mencari Founders ini.

David Tjokrorahardjo yang merupakan Managing Principal dari MD. Co dan Managing Principal dari Sovereign’s Capital menambahkan bahwa, “Bisnis itu butuh transaksi, namun bisnis bukan hanya tentang transaksi, kita mau bisnis UMKM Indonesia naik kelas. Makanya kita berkolaborasi membuat Indonesia Mencari Founders ini.” 

Pertama kali dihadirkan, IMF dirancang sebagai kompetisi para pendiri bisnis baik untuk wirausahawan baru maupun wirausahawan mapan untuk menjadi GRATYO® Indonesia Entrepreneur of The Year 2022 dengan hadiah senilai Rp1 miliar. Pendaftaran IMF dimulai pada bulan Agustus sampai September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya