Sudah Tahu? 5 Hukum Adat Unik di Indonesia

Tradisi Potong Jari.
Tradisi Potong Jari.
Sumber :
  • http://hanyatauaja.blogspot.com/

VIVA Lifestyle – Tahukah kamu kalau di beberapa negara masih menerapkan hukum adat, walaupun sudah memiliki hukum yang berlaku berdasarkan undang-undang yang berlaku. Tiongkok, Jepang, dan China merupakan negara yang sangat kental menggunakan hukum adat tersebut.

Nah, ternyata di Indonesia, ada loh beberapa daerah yang masih menggunakan hukum adat. Daerah mana saja dan bentuk hukumnya seperti apa? Simak ulasan Viva sebagai berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hukum Adat Potong Jari, Papua

Tradisi potong jari Suku Dani di Papua.

Tradisi potong jari Suku Dani di Papua.

Photo :
  • U-Report

Bersedih karena anggota keluarga meninggal biasanya dilampiaskan dengan menangis atau meratapi kepergian hingga rasa sedih reda. Tapi berbeda bagi masyarakat suku Dani di pegunungan Halmahera. Hukum adat yang berlaku seperti menambah derita keluarga yang malah ditinggalkan, karena mereka harus potong jari.

Setiap ada anggota keluarga yang meninggal, anggota suku tersebut harus sudah satu ruas jari sebagai pengingat anggota keluarga lagi. Mengapa ruas jari? Karena tangan menguasai kesempurnaan, ketika ada yang hilang, tentunya kehidupan tidak lagi sempurna.

Halaman Selanjutnya
img_title