Pandangan dan Solusi KDRT dalam Islam, Suami Istri Harus Paham Nusyuz

Ilustrasi KDRT
Ilustrasi KDRT
Sumber :
  • Pixabay/ ToNic-Pics

VIVA Lifestyle – Belakangan ini publik tengah dihebohkan dengan dugaan kasus KDRT yang dilakukan oleh Rizky Billar terhadap Lesti Kejora. Dikatakan bahwa Lesti Kejora meminta dirinya untuk dipulangkan kepada orang tuanya usai terlibat adu mulut dengan sang suami. Dugaan awal, Rizky Billar diyakini selingkuh dari sang istri. 

Sementara itu, dalam pandangan Islam, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dikatakan dengan istilah Nusyuz. Di kehidupan sehari-hari, Nusyuz biasanya dipahami sebagai bentuk sikap durhaka istri kepada suami. Padahal sebenarnya, nusyuz dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk istri atau suami. 

KDRT Menurut Islam

KDRT Pernikahan

KDRT Pernikahan

Photo :
  • abduzeedo.com

Merangkum dari NU Online, sesungguhnya kaum pria harus mempelajari kembali bentuk nusyuz, kekerasan, dan penanganannya menghindari kemurkaan Allah SWT karena hal tersebut bisa mengarah pada kriminal dan retaknya sebuah rumah tangga. 

Imam An-Nawawi di kitab Raudhatut Thalibin wa ‘Umdatul Muftiyin mengatakan bahwa ini adalah hal yang berhubungan dengan nusyuz para suami, termasuk tidak menunaikan kewajiban kepada istri seperti nafkah atau pembagian giliran untuk yang berpoligami. 

Berdasarkan keterangan di atas, maka disarankan untuk pasangan yang akan melanjutkan ke jenjang pernikahan supaya melihat hukum positif atau UU yang berlaku di Indonesia mengenai kehidupan rumah tangga. Hal ini untuk mencegah tindakan KDRT.