Selain Mawar, Bunga Penuh Makna Ini Cocok Buat Rayakan Hari Valentine

Ilustrasi Hari Kasih Sayang/Valentine's Day.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Menjelang Hari Valentine 14 Februari 2023 nampaknya identik dengan hari kasih sayang yang ditunjukkan dengan pemberian bunga mawar. Meski kesan romantis terasa, namun rupanya pemberian bunga tak melulu harus jenis mawar dan bisa diganti jenis lainnya dengan makna mendalam. Apa itu?

Cara BRI Sikapi Ketidakpastian Global dan Era Suku Bunga Tinggi

Tokopedia mencatat Fesyen, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Elektronik dan Perawatan Tubuh menjadi beberapa kategori terlaris jelang Hari Valentine ini. Tak hanya itu, ada barang tertentu yang bahkan melonjak penjualannya jelang momen spesial ini.

"Penjualan bunga, cokelat, kertas kado, parfum serta parsel masing-masing naik 3 kali lipat. Produk paling laris juga bunga tangkai, bunga plastik, dan buket bunga," ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam Workshop Sambut Hari Kasih Sayang: Rayakan Cinta bersamaTokopedia, di Jakarta, Senin 13 Februari 2023.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Ilustrasi bunga mawar.

Photo :
  • U-Report

Chrisfella Cokro Handoyo, salah satu pendiri Lunette Flower and Gift, menuturkam bahwa bunga kerap menjadi pilihan paling mudah dan sederhana untuk momen hari kasih sayang ini. Namun, menurutnya hal itu tak selalu harus memilih bunga mawar dan dapat diganti dengan bunga Edelweis.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

"Bunga mawar kesan lebih umum menyatakan kasih sayang. Tapi sebenernya bunga lain punya banyak arti. Di Lunette, bunga edelweis karena itu bunga abadi dan nggak layu, jadi edelweis ada arti cinta abadi. Itu makna romantis," ungkapnya di kesempatam yang sama.

Bunga lainnya, kata Chrisfella, bisa berupa baby breath yang memberi artin kesucian. Makna bunga tersebut menunjukkan bahwa cintanya suci dan tulus. Meski begitu, Psikolog Klinis, Irma Gustiana S.Psi., M.Psi., Psikolog., CPC mengatakan bahwa bunga tak dapat dipilih berdasarkan bahasa cinta atau karakter seseorang karena memiliki makna berbeda bagi tiap orang.

"Bunga tidak bisa preferensikan karakter seseorang. Bicara bunga, itu simbol yang biasa jadi tradisi budaya juga. Mungkin sekarang kita sudah jadi kebiasaan kirim bunga saat perayaan tertentu karena itu menunjukkan bunga, simbol bahwa saya menyayangimu. Itu lebih ke rasa empati dan kasih sayang," tambahnya.

Permintaan Bunga Mawar Jelang Hari Valentine

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Ada pun Irma memberi tips ungkap kasih sayang melalui lima macam love language, yaitu (1) menerima dan memberikan hadiah, (2) kata-kata penegasan, (3) waktu yang berkualitas, (4) sentuhan fisik dan (5) tindakan atau pelayanan. Salah satu contohnya dengan memberi kado Valentine untuk orang tersayang maupun diri sendiri tidak harus mahal, melainkan lebih ke arah makna dari pemberian kado tersebut. 

“Berilah bingkai berisi bunga kering dengan ucapan yang dipersonalisasi agar lebih berkesan bagi orang dengan love language ini,” saran Irma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya